Blog

Image

7 Manfaat Bersepeda untuk Fisik dan Mental yang Lebih Sehat

August 5th, 2022

sfidnfits.com – Bersepeda (cycling) adalah salah satu jenis latihan aerobik berdampak rendah yang menawarkan banyak manfaat untuk tubuh. Aktivitas ini memiliki intensitas yang bervariasi, sehingga cocok untuk hampir semua orang. 

Selain itu, kegiatan bersepeda adalah olahraga yang bisa membuat kamu tetap aktif dan membantu kamu membentuk gaya hidup sehat, baik secara fisik maupun mental. 

Nah, apa saja sih manfaat bersepeda untuk tubuh? Langsung saja yuk, cek di sini!

7 Manfaat Bersepeda untuk Fisik dan Mental yang Lebih Sehat

Bersepeda adalah salah satu olahraga populer dan banyak penggemarnya. Terlebih lagi, mengayuh sepeda dapat menghilangkan stres dan rasa bosan kamu. 

Lebih lengkapnya, berikut 7 manfaat bersepeda untuk kesehatan fisik dan mental.

1. Menjaga berat badan ideal dan sehat


Siapa sih yang tidak mau berat badannya sehat dan ideal? Nah, bersepeda adalah salah satu pilihan olahraga yang tepat. 

Jika kamu melakukannya secara rutin, terutama dengan intensitas tinggi, bisa membantu menurunkan kadar lemak tubuh. Jadi, jangan heran, kalau dengan bersepeda dapat membantu manajemen berat badan yang sehat. 

Terlebih lagi, aktivitas ini mampu meningkatkan proses metabolisme dan membangun massa otot, sehingga memungkinkan kamu untuk membakar kalori lebih banyak, bahkan ketika kamu sedang beristirahat.

2. Meningkatkan kekuatan kaki


Karena aktivitasnya yang melibatkan gerakan kaki (mengayuh), salah satu manfaat bersepeda yang nyata adalah dapat meningkatkan kekuatan dan fungsi anggota gerak tubuh bagian bawah, terutama otot-otot kaki, tanpa membuatnya tertekan. 

Umumnya, otot yang menjadi target ketika kamu bersepeda adalah bokong, paha depan, paha belakang, dan betis.

Kamu juga bisa meningkatkan performa latihan kamu dengan membuat kaki lebih kuat, seperti latihan angkat beban (squat, leg press, dan lunges) beberapa kali dalam seminggu.

3. Cocok untuk pemula


Sadar atau tidak, bersepeda termasuk olahraga yang mudah dilakukan. Bahkan, kalau kamu belum bisa mengendarai sepeda standar, sepeda statis bisa menjadi alternatif yang bagus. 

Terlebih lagi, jika kamu baru mulai berolahraga atau pulih dari sakit, bersepedalah dengan intensitas yang rendah terlebih dahulu, kemudian tingkatkan dengan kecepatan sedang hingga tinggi.

4. Melatih otot inti


Manfaat bersepeda secara teratur juga dapat melatih otot inti kamu, termasuk punggung dan perut

Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh kamu tetap tegak, karena bersepeda membutuhkan sejumlah kekuatan otot inti. 

Otot perut dan punggung yang kuat akan menopang tulang belakang, meningkatkan stabilitas, serta kenyamanan kamu selama bersepeda.




5. Meningkatkan keseimbangan, postur, dan koordinasi


Ketika kamu mengendarai sepeda, tubuh kamu akan berusaha agar tetap stabil dan menjaga sepeda tetap tegak. 

Hal ini akan melatih dan meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan postur tubuh secara keseluruhan. 

Tentunya, manfaat bersepeda ini sangat terasa bagi orang-orang yang mengalami penurunan keseimbangan seiring bertambahnya usia. 

Menjaga keseimbangan tubuh dengan baik dapat mencegah kamu dari risiko jatuh dan patah tulang.

6. Pilihan tepat bagi orang yang memiliki masalah sendi


Banyak orang tidak mau olahraga karena memiliki masalah sendi atau mengalami kekakuan, terutama di tubuh bagian bawah. 

Sekarang, kamu tidak perlu khawatir lagi, karena ada pilihan yang baik dan mudah untuk kamu yang menginginkan latihan intensif tanpa membebani persendian.

Yups, pilihannya adalah bersepeda!

7. Meningkatkan kesehatan mental


Siapa yang suka bersepeda untuk sekadar menghilangkan stres? Ternyata, manfaat bersepeda memang bisa meningkatkan kesehatan mental, lho! 

Ketika kamu bersepeda, kamu akan berfokus pada jalan. Hal ini akan mengembangkan konsentrasi dan kesadaran, sehingga dapat membantu mengalihkan perhatian kamu dari pikiran yang stres. 

Selain itu, olahraga sendiri dapat membantu melepaskan endorfin, yang akhirnya membantu kamu merasa lebih baik sekaligus mengurangi tingkat stres. 

Kamu pun jadi lebih sehat, bugar, dan percaya diri.

Tips aman bersepeda setiap hari

Agar terhindar dari risiko cedera, berikut tips yang dapat membantu kamu tetap aman bersepeda setiap hari, yaitu:

(1) Menggunakan helm sepeda.
(2) Jika memungkinkan, kenakan juga pakaian bersepeda.
(3) Gunakan sepeda yang sesuai dan nyaman, seperti setang bertingkat tinggi, ban yang lebar, atau ban atas yang rendah.
(4) Memakai pelana, yaitu bantalan ekstra yang cukup lebar untuk menopang tulang duduk kamu, sehingga mengurangi tekanan pada area tersebut.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan, betapa besar manfaat bersepeda untuk kesehatan tubuh. Ini bisa menjadi awal yang bagus untuk membangun gaya hidup sehat.

Kamu juga bisa mencegah ataupun mengendalikan kondisi kesehatan, seperti diabetes tipe 2, serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke dengan menambahkan aktivitas ini ke dalam rutinitas harian. 

Jangan lupa, gunakan perlindungan ekstra untuk aktivitas bersepeda kamu yang aman dan nyaman setiap hari, ya!


Referensi:

(1) Harvard Health Publishing (2016). The Top 5 Benefits of Cycling.
(2) Healthline (2020). 11 Benefits of Cycling, Plus Safety Tips.
(3) WebMD (2018). Biking.