Blog

Image

Perbedaan Senam Zumba dan Aerobik

July 9th, 2020

sfidnfits.com - Dari sekian banyak pilihan olahraga yang ada untuk meningkatkan kebugaran, Zumba dan Aerobik adalah senam yang cukup populer dilakukan oleh masyarakat Indonesia khususnya dilakukan oleh para wanita dengan tujuannya masing-masing. Dimulai dari membakar lemak, melatih kelincahan, atau hanya sekedar untuk mempertahankan kebugaran tubuh.


Senam Zumba dan senam Aerobik memiliki persaman pada medianya yaitu keduanya membutuhkan iringan musik. Kedua senam ini juga mempunyai manfaat utama yang sama yaitu untuk membakar lemak tubuh. Tapi Tahukah Anda, jika kedua jenis senam ini memiliki beberapa perbedaan yang mendasar? Apa saja perbedaan dari senam Zumba dan senam Aerobik ini?


Perbedaan Senam Zumba dan Aerobik


1. Perbedaan pada jenis gerakan senam


Senam Zumba memiliki jenis gerakan yang berasal dari gaya tarian latin. Langkah-langkah gerakan pada zumba juga lumayan cukup sederhana, namun pada senam Zumba ini Anda akan lebih sering melakukan jenis gerakan yang menggunakan bagian pinggul sehingga seluruh bagian tubuh Anda akan bergerak hampir semuanya. Berbeda dengan Zumba, Senam Aerobik lebih banyak menggunakan gerakan atletik yang dilakukan secara berulang-ulang. Tujuan utamanya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk membakar kalori dalam jumlah yang besar sehingga lebih cepat lemak tubuh terbakar.


2. Otot tubuh yang terlatih


Senam zumba melatih otot inti tubuh, kaki, dan bokong. Sementara itu, Senam aerobik fokus melatih otot bagian lengan, pundak, kaki, sendi, dan otot perut.


3. Jenis kategori olahraga


Senam Zumba adalah senam yang masuk dalam kategori kardio yang mana tujuannya adalah untuk melatih jantung agar peredaran darah dalam tubuh lebih efektif serta membakar lemak, selain itu Zumba juga dikategorikan jenis olahraga resistance atau olahraga ketahanan karena bermanfaat juga untuk memperkuat otot tubuh. Senam Aerobik adalah jenis olahraga kategori kardio. Memiliki tujuan utama untuk membakar lemak tubuh dan menyehatkan jantung.




4. Banyak kalori yang dibakar


Dalam durasi yang sama, gerakan dalam senam zumba jika dilakukan dari awal sampai selesai bisa membakar kurang lebih sekitar 360 sampai 532 kalori. Anda bisa meningkatkan jumlah kalori yang dibakar dengan lebih sering melakukan senam zumba dan juga memperluas jangkauan tangan dan kaki Anda. Berbeda dengan senam aerobik yang bisa membakar kalori kurang lebih sampai 498 kalori. Anda bisa menambah banyaknya kalori yang dibakar dengan melakukan senam aerobik tergantung pada intensitas senam dan juga berat badan Anda.


5. Tempo dan musik yang digunakan


Jika senam zumba pada umumnya menggunakan musik Latin yang bisa memacu energi, tempo musik senam zumba biasanya berubah-ubah sehingga gerakan-gerakan senamnya pun lebih bervariasi. Berkebalikan dengan zumba, Senam aerobik pada umumnya diawali dengan pemanasan, kemudian berlanjut dengan gerakan-gerakan yang lebih intens untuk meningkatkan denyut jantung Anda. Jenis musik yang digunakan pada senam aerobik pada umumnya memiliki tempo yang lumayan cepat dan lebih konstan.


Bagi Anda yang masih sama sekali belum tahu gambaran tentang kedua jenis senam ini, silakan play video dibawah ini :


Senam Zumba (SKWAD Fitness Youtube Channel)


Senam Aerobik (SKWAD Fitness Youtube Channel)



Nah itu dia ke 5 Perbedaan Mendasar tentang Senam Zumba dan Senam Aerobik yang perlu Anda ketahui, kami harap dengan informasi ini bisa membantu Anda saat memilih jenis olahraga yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda. Walaupun begitu, Anda tetap bisa memilih dan melakukan kedua senam ini secara bergantian agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. Dengan catatan, jangan berlebihan ya.