Blog

Image

Tips Memilih Adjustable Dumbbell Terbaik Sesuai Kebutuhan

July 8th, 2022

sfidnfits.comAdjustable dumbbell memberikan banyak keuntungan. Dengan hanya memiliki satu set adjustable dumbbell, kamu tidak perlu ikut keanggotaan gym karena kamu dapat dengan leluasa berolahraga di rumah.

Plus, bagian yang terbaiknya ini adalah alat olahraga portable yang tidak menghabiskan banyak ruang penyimpanan dan hemat di kantong.

Adjustable dumbbell dirancang dengan mempertimbangkan efisiensi, dengan hanya memutar dial atau mengklik tombol, kamu dapat dengan mudah menaikkan atau menurunkan ukuran berat hanya dari satu dumbbell. Cukup menarik untuk dimiliki, kan?


Tips Memilih Adjustable Dumbbell Terbaik Sesuai Kebutuhan


Nah, di pasaran sendiri adjustable dumbbell itu bervarian dari segi bahan, berat, dan fitur lainnya. Jika kamu ingin membeli dan memiliki alat ini dengan kualitas terbaik sesuai dengan kebutuhanmu, maka simak artikel ini sampai selesai!

Cara memilih adjustable dumbbell


Dalam memilih adjustable dumbbell terbaik, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Di bawah ini kami akan menjelaskan apa saja pertimbangan yang perlu kamu tahu:

1. Berat dumbbell

Faktor pertama saat berbelanja peralatan angkat berat adalah bobotnya. Oleh karenanya, pertimbangkan pengalamanmu sebagai pengangkat dan temukan satu set yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat keahlianmu.

Ingatlah bahwa set dapat berkisar dari yang ringan (2-11 pon per dumbbell), berat (11-70 pon per dumbbell) hingga luas (4-100 pon per dumbbell).

Jika kamu menggunakan berat beban untuk mendapatkan massa otot, kamu perlu mencari adjustable dumbbell dengan rentang yang lebih tinggi agar dapat melakukan lebih sedikit repetisi dengan beban yang lebih berat.

Sementara jika kamu lebih suka kardio, latihan pembakaran lemak dan menambahkan sedikit beban dapat meningkatkan intensitas. Kamu akan mendapat manfaat dari dumbbell dengan rentang berat yang lebih rendah untuk set repetisi tinggi.

 

2. Ukuran unit

Beberapa adjustable dumbbell dijual single, dan yang lainnya dijual berpasangan. Ini adalah kunci yang perlu diingat saat kamu membandingkan harga, mempertimbangkan bobot, dan akhirnya membeli satu set dumbbell.

Kamu juga harus memeriksa apakah berat dalam deskripsi produk menggambarkan satu dumbbell atau satu set lengkap. Jika kamu tidak teliti, kamu akan kecewa jika menerima satu dumbbell, yang kamu kira itu adalah satu set lengkap. Jadi, perhatikan spesifikasi dan deskripsi produknya, terutama saat kamu berbelanja online.

 

3. Kepraktisan

Selain beratnya, pertimbangkan juga kepraktisan dari adjustable dumbbell. Beberapa set memiliki fitur sistem plate yang dapat disesuaikan, yang memungkinkanmu untuk menyesuaikan bobot dengan dial yang dikatakan paling nyaman.

Sedangkan yang lain lebih tradisional dalam pengaturannya dan memerlukan fitur sekrup untuk dilepas. Yang terakhir ini bagus untuk merasa percaya diri tentang beban yang ditempatkan dengan aman, tetapi akan memakan lebih banyak waktu untuk mengaturnya selama latihanmu.

 

4. Material yang digunakan

Material yang digunakan pada satu set adjustable dumbbell juga menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. Ini akan berguna untuk mengetahui bahwa set adjustable dumbbell berbeda terbuat dari bahan yang berbeda.

Kebanyakan dumbbell akan menggunakan bahan baja atau semen sebagai bahan utama untuk beratnya dan dilapisi oleh chrome, rubber, plastic, atau vinyl. Untuk melindungi lantai dan menghindari kebisingan, maka gunakan pelapis dumbbell yang kenyal, seperti karet, plastik, dan vinyl.

 

5. Estetika, harga, dan fitur lainnya

Beberapa orang mungkin sangat memperhatikan estetika atau desain dari dumbbell untuk menata ruang gym di rumah. Untuk urusan ini, itu kembali lagi padamu, tapi yang perlu diingat adalah kualitasnya.

Juga, jika kamu berkeinginan untuk membeli adjustable dumbbell yang bisa diatur menjadi alat olahraga lain, seperti barbell, kettlebell, dan push up bar serta sit up bar, maka pilih yang sesuai kebutuhan.

Harga juga bervariasi untuk setiap set adjustable dumbbell yang tersedia. Jadi, pastikan kamu tahu budget dan kebutuhanmu.




Tips aman menggunakan adjustable dumbbell


Ada tindakan pencegahan keamanan tertentu yang perlu dipertimbangkan saat kamu mengangkat beban. Selalu awali dengan pemanasan dan akhiri dengan pendinginan.

Jika kamu baru mengenal angkat besi atau olahraga, mulailah dengan beban yang lebih ringan sambil mempelajari bentuk dan teknik yang tepat. Tingkatkan berat beban secara bertahap dan pastikan latihanmu sesuai dengan batas kemampuanmu.

Untuk melindungi permukaan lantai dari kerusakan, pastikan lantai dilapisi handuk atau keset saat kamu menurunkan beban. Hentikan jika kamu mengalami rasa sakit atau kesulitan bernapas.

Bicaralah dengan dokter atau pelatih pribadi jika kamu memiliki kondisi kesehatan atau ingin panduan dalam rutinitas angkat berat.


Pertanyaan umum seputar adjustable dumbbell


Mengenai adjustable dumbbell, ada banyak pertanyaan yang sering ditanyakan. Pertanyaan ini meliputi:

1. Apakah adjustable dumbbell menjadi alat olahraga yang layak diinvestasikan?

Jika kamu berencana untuk menggunakan dumbbell secara teratur, satu set adjustable dumbbell adalah investasi yang layak.

Meskipun beberapa opsi mahal, biasanya ini lebih murah daripada membeli set individual. Satu set adjustable dumbbell dapat menggantikan beberapa pasang dumbbell biasa.

2. Bagaimana cara menggunakan adjustable dumbbell?

Kebanyakan adjustable dumbbell dilengkapi dengan beberapa jenis kunci. Buka kunci dumbbell, dan kamu dapat menambah atau mengurangi beban sesuai keinginanmu, biasanya ini dilakukan dengan memutar tombol atau menggeser penggeser ke angka yang diinginkan.

Angka ini menunjukkan seberapa berat dumbbell yang akan kamu gunakan. Namun, beberapa adjustable dumbbell juga ada yang menggunakan cara manual, yakni lepas pasang.

Ketika menggunakannya, kamu harus menambah atau melepas plate dumbbell sampai beratnya sesuai yang kamu ingin dan kunci dengan sekrup agar tidak lepas.

3. Apakah adjustable dumbbell dapat bertahan lama?

Selama kamu memilih set dumbbell berkualitas tinggi dengan memperhatikan lima faktor di atas tadi, alat ini dapat bertahan bertahun-tahun. Juga, pastikan apakah toko atau tempat kamu membelinya memiliki garansi atau tidak?

4. Apakah adjustable dumbbell aman digunakan?

Adjustable dumbbell aman digunakan jika kamu mengikuti petunjuk penggunaannya. Perhatikan produknya, terutama jika kamu membeli adjustable dumbbell yang manual dengan pemasangan plate. Jika kamu tidak mengunci dumbbell dengan benar, beban dapat jatuh di tengah latihan dan dapat menyebabkan cedera serius.

5. Latihan apa yang bisa dilakukan dengan adjustable dumbbell?

Ada begitu banyak latihan yang dapat kamu gunakan dengan sepasang dumbbell. Gerakan push dan press menjadi gerakan latihan yang banyak dilakukan. Untuk tahu detail tentang latihannya, kamu dapat mencari tahu dari video tutorial yang banyak tersebar di internet.

6. Bagaimana cara menjaga kualitas adjustable dumbbell agar tetap bagus?

Saat kamu menggunakannya, pertimbangkan untuk meletakkan adjustable dumbbell di atas tikar gym atau karpet untuk menjaga permukaannya tetap bersih. Dan, saat kamu tidak menggunakannya, simpanlah di tempat yang kamu sediakan.

Sudah tahukan sekarang bagaimana cara memilih adjustable dumbbell terbaik dan berkualitas? Pastikan kamu memperhatikan setiap detailnya agar tidak menyesal. Kamu juga bisa melihat koleksi dari produk adjustable dumbbell kami di sini.

 

Referensi:

Healthline, (2022). The Best Adjustable Dumbbells of 2022.

Fitandwell, (2022). Best adjustable dumbbells for building muscle at home.

Verywellfit, (2022). After 16 Hours of Testing, These Are the Best Adjustable Dumbbells.