Blog

Image

Berapa Berat Dumbbell yang Harus Dibeli?

December 23rd, 2021

sfidnfits.com – Menggunakan dumbbell, atau beban bebas dalam program latihan Anda dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya memperkuat dan mengencangkan otot atau kelompok otot yang ditargetkan. Selain itu, menggunakan dumbbell juga dapat meningkatkan stamina, daya tahan otot dan kardiovaskular Anda.

Penggunaannya dalam latihan, terutama latihan kekuatan sangat penting sekali. Tidak heran bila banyak orang yang membeli dumbbell untuk nge-gym di dalam rumah sehingga latihan tidak harus dilakukan di gym. Namun, yang menjadi kendala adalah berapa berat dumbbell yang harus dibeli?

Guna menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut, artikel ini akan membahasnya lebih jauh. Jadi, simak artikelnya sampai tuntas!


Berapa Berat Dumbbell yang Harus Dibeli?


Tips memilih berat dumbbell yang tepat


Memilih berat dumbbell yang sesuai tidak bisa dilakukan begitu saja karena Anda perlu berat yang tepat. Menggunakan beban dumbbell yang salah dapat mengakibatkan cedera serius dan latihan menjadi tidak efektif. Oleh karena itu, penting untuk tahu cara memilihnya dengan tepat.

1. Melakukan pemanasan terlebih dahulu

Sebelum Anda mulai memilih dan mencoba dumbbell yang akan dibeli nanti, penting untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk menghangatkan otot. Cara terbaik untuk pemanasan adalah dengan meregangkan ligamen yang gunakan dan meningkatkan detak jantung Anda dengan berlari cepat.

Metode lain yang bisa Anda coba juga adalah menggunakan resistance band, yang bertujuan membuat otot Anda siap untuk mengangkat dumbbell. Dengan pemanasan, Anda bisa mendapatkan ide yang bagus tentang jenis beban dumbbell yang harus Anda gunakan untuk latihan apa pun karena otot Anda akan siap melakukannya.

 

2. Mempertahankan bentuk dan teknik yang baik

Mungkin Anda cukup mudah untuk fokus pada berapa banyak beban yang akan diangkat, tapi ketahuilah bahwa bentuk dan teknik adalah bagian pertama dari latihan yang harus Anda kuasai. Hal tersebut akan memberikan manfaat terbaik untuk menyempurnakan bentuk latihan Anda saat menggunakan bobot beban yang lebih kecil atau tidak sama sekali.

Cara yang mudah untuk melihat dan membiasakan diri dengan gerakan yang harus Anda lakukan adalah dengan melihat cermin. Setelah Anda merasa nyaman dengan bentuk dan teknik angkat yang tepat, inilah saatnya untuk mempertimbangkan bobot dumbbell yang paling efektif untuk latihan.

 

3. Merasakan dumbbell

Langkah yang bagus saat mulai menggunakan dumbbell adalah dengan merasakannya. Hal utama yang harus diambil adalah apakah Anda merasakan beban di tangan Anda atau tidak? Anda mungkin berpikir bahwa dumbbell dengan berat 50 pon bisa Anda angkat sehingga Anda bisa menempatkan diri Anda pada latihan yang tepat.

Selain itu, bagian lain dari merasakan dumbbell adalah menguji cengkeraman Anda. Jika Anda hampir tidak bisa memegang dumbbell saat Anda menggenggamnya, Anda pasti berpikir bahwa dumbbell tersebut bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Ini semua adalah langkah efektif dalam menentukan berat badan terbaik untuk Anda.

 



4. Pertimbangkan apakah dumbbell cukup menantang?

Meskipun bentuk adalah elemen kunci dari pengangkatan yang baik, pastinya Anda juga tidak ingin itu terlalu mudah untuk latihan. Sebenarnya tidak ada olahraga yang mudah, dan jika memang demikian, Anda pasti ingin menambah berat badan, bukan?

Biasanya, bobot dumbbell bervariasi dengan perbedaan 5 pon di antara berat badan Anda. Jadi, jika Anda meningkatkan berat badan Anda, lakukan dengan aman dengan naik sedikit demi sedikit beban dumbbellnya.

Indikator terbaik untuk mengetahui apakah beban dumbbell menantang adalah jika Anda kesulitan menaikkan beban pada dua repetisi terakhir yang Anda lakukan dalam satu set. Jika Anda perlu mendorong pada akhirnya, itulah cara terbaik untuk mengetahui bahwa latihan dumbbell Anda efektif.

 

5. Pilih berdasarkan latihan

Jumlah yang harus Anda angkat dengan dumbbell juga sangat tergantung pada latihan yang Anda lakukan. Misalnya, latihan dengan repetisi lebih banyak biasanya akan meminta Anda untuk menggunakan beban yang lebih rendah, sedangkan latihan dengan repetisi lebih sedikit akan meminta beban yang lebih berat.

Dalam istilah yang lebih spesifik, latihan dumbbell yang membutuhkan berat badan lebih rendah meliputi:

· Triceps extensions

· Pushup position curls

· Split squat shoulder raises

· Leg raises

· Jack knifes

· Shoulder presses

Sementara itu, ini adalah beberapa gerakan latihan yang Anda inginkan untuk menggunakan dumbbell yang lebih berat:

· Squats

· Bench presses

· Deadlifts

Ingatlah aspek yang menantang, dan sesuaikan berdasarkan latihan. Jika ada banyak repetisi, maka beban yang lebih rendah pada akhirnya akan sama menantangnya di akhir latihan.


6. Pertimbangkan kesehatan

Tips lain tentang cara memilih berat dumbbell yang tepat adalah dengan memikirkan kesehatan fisik Anda saat ini. Jika Anda baru saja pulih dari cedera, merasa sakit, atau sudah lama tidak berolahraga, lebih baik memilih beban yang lebih ringan karena mengangkat beban dengan berat normal dapat menyebabkan cedera lebih lanjut. Pilihan yang lebih baik lagi adalah mengistirahatkan otot Anda atau melatih kelompok otot lain sehingga dapat pulih dengan baik.

 

7.  Pertimbangkan tujuan yang ingin dicapai

Apa yang ingin Anda capai saat latihan juga berperan dalam berat dumbbell yang ingin Anda gunakan. Jika Anda mencoba untuk mengencangkan otot Anda, maka Anda mungkin ingin latihan dengan beban yang lebih ringan dan berusaha untuk lebih banyak repetisi. Jika Anda mencoba untuk menambah massa otot, maka Anda akan ingin menggunakan beban dumbbell yang lebih berat dan repetisi yang lebih sedikit.


Berat dumbbell yang dibutuhkan


Setelah mengetahui semua tipsnya dan Anda masih merasa bingung, maka kami akan menjelaskan intinya. Pertanyaan yang muncul pastinya, seberapa berat dumbbell Anda yang seharusnya Anda gunakan

Untuk wanita, direkomendasikan bobot 0,5-5 kg. Bobot 0,5 kg cocok untuk wanita yang tidak memiliki pengalaman dengan latihan kekuatan atau sudah lama tidak berolahraga. Bobot 5 kg cocok untuk wanita yang memiliki pengalaman dengan latihan kekuatan atau sudah berolahraga sesekali. Sedangkan, untuk pria berlaku 5 kg untuk pemula tanpa pengalaman berolahraga dan 10 kg untuk yang berpengalaman.

Nah, itulah sederet pembahasan yang bisa menjawab pertanyaan Anda tentang berapa berat dumbbell yang harus dibeli? Terlepas dari tujuan latihan yang ingin Anda capai, memasukkan dumbbell ke dalam rutinitas Anda adalah suatu keharusan. Namun, cara Anda menggunakan dumbbell akan memainkan peran besar dalam apa yang Anda dapatkan dari alat ini dan memilih berat badan yang tepat memiliki banyak hubungannya dengan itu.

 

Referensi:

Topfitness, (2020). HOW TO CHOOSE THE RIGHT DUMBBELL WEIGHT.

Coolblue, (2020). What dumbbell weight do I need?

Womenshealthmag, (2021). What Weight Dumbbells Should I Use & How Heavy Should I Lift? How to Pick the Right Weight for Your Workouts