Blog

Image

5 Jenis Dumbbell yang Harus Anda Tahu Sebelum Membelinya

December 29th, 2021

sfidnfits.com – Dumbbell adalah peralatan gym yang lebih pendek dari barbell dan memiliki ukuran panjang 25-38 cm dengan beban di setiap ujungnya. Dumbbell bisa dipegang satu tangan atau satu persatu di kedua tangan Anda. 

Dumbbell juga termasuk peralatan pokok yang wajib ada di tempat gym, atau gym rumah Anda. Melakukan latihan dengan set yang tepat dapat memaksimalkan hasilnya. Digunakan untuk latihan tubuh bagian atas dan bawah, dumbbell sangat bagus untuk mendorong otot menjadi lebih kuat dan menunjukkan definisi yang lebih baik.

Ketika berkeinginan untuk membeli dumbbell, Anda mungkin akan berpikir itu mudah dilakukan. Namun, saat Anda datang langsung dan membelinya, Anda akan melihat banyak pilihan dumbbell yang berbeda. 

Oleh karena itu, sebelum Anda memilikinya, artikel ini akan membahas tentang jenis dumbbell yang berbeda. Anda akan mempelajari semua yang perlu Anda ketahui tentang berbagai gaya dan jenis dumbbell. Jadi, simak artikelnya sampai tuntas!


5 Jenis Dumbbell yang Harus Anda Tahu Sebelum Membelinya


Dumbbell tidak hanya memiliki satu jenis saja. Ada berbagai jenis dumbbell yang ada di gym dan pasaran. Berikut ini kami akan menjelaskan jenis dumbbell satu persatu kepada Anda.

1. Fixed dumbbell


Fixed dumbbell atau dumbbell tetap memiliki berat tetap yang tidak dapat disesuaikan dengan dial atau pelat berat ekstra. Jenis ini memiliki kisaran berat dari 2-100 pon. Bentuk dumbbell dasar memiliki dua bobot berukuran sama dengan pegangan di tengah. Namun, bentuk berat bervariasi. Berat bobot yang melingkar umum digunakan karena bentuknya merata untuk mendistribusikan berat badan.

Namun, fixed dumbbell dengan bentuk melingkar atau bulat cenderung berguling saat diletakan di lantai. Fixed dumbbell dengan bentuk hexagonal adalah pilihan populer lainnya yang tidak akan berguling saat Anda letakan di lantai. Bentuk hexagonal juga masih mendistribusikan berat secara merata. Kelemahan dari fixed dumbbell adalah ketika Anda hanya membutuhkan satu atau dua bobot yang berbeda, misalnya set 20 dan 30 pon, jenis ini akan memakan banyak ruang.

 

2. Adjustable dumbbell


Adjustable dumbbell dapat menghemat ruang dan bisa membuat Anda mempercepat latihan. Jenis ini memiliki tombol di kedua ujung dumbbell yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan berat dalam kenaikan 2,5 hingga 5,5 pon. Dengan satu set dumbbell, Anda bisa mendapatkan banyak berat untuk diangkat saat latihan.

Jenis ini juga jauh lebih mudah disimpan dan dapat dengan cepat menyesuaikan diri. Rentang berat dari adjustable dumbbell bervariasi, mulai dari 5 pon hingga 75 pon dalam satu set dumbbell. Namun, set lain mungkin hanya memiliki antara 5 hingga 30 pon.

Adjustable dumbbell dapat menghemat ruang dan menyediakan akses ke berbagai berat dengan satu set dumbbell. Namun, jenis ini biasanya bisa lebih mahal dan kadang-kadang dalam mekanisme penyesuaiannya rumit dan sulit digunakan. Beberapa desain adjustable dumbbell membatasi rentang gerak Anda juga.

 

3. Studio dumbbell


Studio dumbbells adalah fixed dumbbell dalam bobot rendah, seperti dua, lima, delapan, dan sepuluh kilogram saja. Jenis ini lebih sering digunakan oleh pemula atau untuk menambahkan resistensi terhadap latihan aerobik.

Studio dumbbells mungkin tersedia dalam satu set, dua atau tiga set yang disimpan dalam rak pohon. Biasanya, pada bagian luar studio dumbbells dilapisi dengan bahan neoprene atau vinil untuk membuatnya lebih mudah dipegang di tangan saat berkeringat dan kecil kemungkinannya untuk merusak lantai. Penutup pelindung luarnya juga membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan setelah digunakan.

 



4. Dumbbell plates


Dumbbell plates menyamai garis antara dumbbell dan barbell. Jenis ini terdiri dari palang dengan klip untuk memegang pelat berat. Pelat ditambahkan dan dilepas berdasarkan berapa banyak berat yang ingin Anda angkat. Sebagian besar set tersedia dengan beberapa pelat berat dengan bobot yang berbeda.

Jenis dumbbell ini menawarkan pilihan berat serbaguna dan lebih mudah disimpan daripada fixed dumbbell. Dumbbell plates juga menawarkan rentang berat yang luas karena Anda dapat dengan mudah membeli pelat yang lebih berat. Namun, jenis ini tidak cocok untuk disimpan sebagai adjustable dumbbells dan proses mengubah pelat berat memakan waktu untuk latihan Anda.

 

5. Kettlebells


Desain unik dari kettlebell menantang tubuh dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh dumbbell biasa. Kettlebell memiliki bola berbobot sentral dengan bagian bawah datar dan pegangan di atas. 

Jenis ini tidak seimbang seperti dumbbell biasa yang memaksa pengguna untuk bekerja lebih keras untuk menyeimbangkan tubuh sepanjang setiap latihan. Kettlebell digunakan untuk gerakan yang lebih dinamis untuk menantang sendi, keseimbangan, dan otot.

Kettlebells tersedia dalam model tetap dan disesuaikan. Banyak gerakan kettlebell bergantung pada kemampuan untuk menyesuaikan posisi satu atau kedua tangan pada pegangan untuk menargetkan otot yang tepat. Akibatnya, sudut pegangan memainkan peran dalam seberapa nyaman kettlebell digunakan.

Itulah tadi jenis dumbbell yang ada di pasaran, ada yang jenis fixed, adjustable, studio, plates dan kettlebell. Ingatlah bahwa setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semua jenis tersebut tergantung pada tujuan dan tingkat kebugaran Anda. Satu jenis dumbbell mungkin lebih baik daripada yang lainnya.

Nah, jika Anda baru pemula dan ingin latihan kekuatan dengan dumbbell, kami merekomendasikan jenis studio dumbbell dan kami menjual jenis tersebut dengan merek SFIDN FITS. Studio dumbbell dari produk FITS memiliki berat 1 kg, 2 kg dan 4 kg dengan berbagai warna yang tersedia. Lapisan luarnya menggunakan bahan neoprene dan bagian dalamnya menggunakan bahan cast iron core. Tersedia dengan bentuk hexagon atau segi enam.

Selain jenis studio dumbbell, kami juga menjual jenis adjustable dumbbell dengan dua kategori, yakni premium adjustable dumbbell dengan berat 24 kg dan hexagonal adjustable dumbbell dengan berat 10 kg. Pastinya, jenis adjustable sangat cocok digunakan untuk Anda yang aktif berolahraga. Detail dan pembelian lebih lanjut bisa dilakukan di website ini, atau melalui marketplace favorite Anda.

 

Referensi:

Setforset, (2021). TYPES OF DUMBBELLS & WHICH IS BEST FOR YOU.

Bobvila, (2020). The Best Dumbbells for the Home Gym.

Sfidnfits, (2021). Barbell dan Dumbbell, Mana yang Lebih Baik untuk Latihan?