Blog

Image

Spandek 101: Jenis, Karakteristik dan Kelebihan

July 9th, 2021

sfidnfits.com - Seberapa sering Anda mendengar dan melihat kata ‘Spandek’ dari bahan yang digunakan dalam pakaian? Pasti sudah sangat sering sekali, bukan? Pasalnya, semakin berkembangnya dunia fashion, kain spandek seringkali digunakan untuk pakaian, entah untuk style formal, semi formal, santai maupun untuk olahraga. Bahkan, spandek tidak hanya digunakan dalam pakaian saja, tetapi juga digunakan untuk pembuatan aksesoris olahraga seperti bola voli dan bola sepak.

Banyaknya barang yang menggunakan kain ini, tentunya membuat Anda penasaran, seperti apakah kain spandek? Nah, biar Anda tahu lebih dalam tentang kain spandek secara keseluruhan, maka simaklah pembahasan di artikel ini.

 

Spandek 101: Jenis, Karakteristik dan Kelebihan


Apa itu kain spandek?


Sumber gambar kain spandek : dykcorp.com

Spandek adalah serat sintetis ringan yang digunakan untuk membuat pakaian yang dapat diregangkan seperti pakaian olahraga. Kain spandek terdiri dari polimer rantai panjang yang disebut poliuretan, yang kemudian diproduksi dengan mereaksikan poliester dengan diisosianat. Polimer diubah menjadi serat menggunakan teknik pemintalan kering.

Spandek untuk pertama kali diproduksi pada awal tahun 1950-an. Spandek pada awalnya dikembangkan sebagai pengganti karet. Meskipun di pasar penjualan spandek relatif kecil dibandingkan dengan serat kain seperti katun dan nilon, tapi pengaplikasian baru untuk kain spandek terus ditemukan yang akhirnya kain spandek saat ini banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat pakaian dan aksesoris lainnya.

 

Karakteristik kain spandek


Sumber gambar spandex : chienvert.com

Serat dalam spandek memiliki kualitas yang lebih baik, ringan, lentur dan lebih mudah beradaptasi dibandingkan dengan karet. Seratnya terbuat dari untaian polimer yang tidak terhitung banyaknya. Tidak mengherankan kalau spandek memiliki sifat elastis yang unik. Selain itu, serat ini dapat meregang hingga 500% dari panjangnya. Serat tahan terhadap rasa panas yang disebabkan oleh keringat, deterjen, minyak tubuh, lotion, dll. Ketika kain spandek digunakan dalam pakaian, kain ini mencegah kendur.

Pakaian yang terbuat dari spandek memberikan kesesuaian dan kenyamanan yang sempurna. Selanjutnya, meskipun dilakukan peregangan berulang kali, kain ini akan mempertahankan panjang dan bentuk aslinya. Kain dengan spandek tahan abrasi dan memiliki kerusakan kecil akibat 'jarum terpotong' saat dijahit, sedangkan pada kain elastis lainnya, jarum terkadang menyebabkan kerusakan.

 

Jenis kain spandek

Kain spandek memiliki tiga jenis, Anda bisa menyimak ketiga jenis itu di bawah ini :

· Kain katun spandek


Sumber gambar katun spandek : mittaltraders.com

Kain katun spandek biasanya digunakan dalam pembuatan kemeja dan atasan yang bebas kerut. Kain ini merupakan campuran katun dan spandek yang merupakan pilihan terbaik untuk kemeja yang bebas kerut dan kokoh. Selain itu, menggunakan kain katun spandek dapat membuat pakaian mudah dicuci dan perawatannya juga tergolong sangat mudah.

· Kain nylon spandek


Sumber gambar nylon spandek : indiamart.com

Kain nylon spandek digunakan dalam pembuatan produk konsumen seperti taplak meja, penutup sofa, tas, tas tangan, dan banyak lagi produk lainnya. Produk yang dibuat dengan jenis kain ini tahan lama dan memiliki sedikit kilau. Kilauan ini membuat mereka yang  memakai jenis pakaian saat pesta akan bersinar saat terkena cahaya. Kain nylon spandek tergolong ringan dan mudah dirawat.

· Kain wool spandek


Sumber gambar wool spandek : bblackandsons.com

Kain wol spandek digunakan untuk membuat jas dan mantel. Kain ini memiliki kualitas peregangan. Jas dan mantel yang dibuat dengan serat ini tidak menyusut. Menggunakan kain ini sebagai bahan pakaian Anda akan sangat cocok dengan tubuh Anda dan membuat Anda tampil lebih baik.




Kelebihan kain spandek


Sumber gambar spandek : thesewinghq.co.uk

· Kain yang paling banyak digunakan sebagai bahan pakaian jadi

Kain spandek sangat banyak digunakan dalam industri pakaian jadi. Kain spandek sebagian besar digunakan dalam pakaian di mana kenyamanan dan kesesuaian keduanya diperlukan seperti kaos kaki, pakaian renang, pakaian olahraga, kaos kaki, selang bedah, pakaian dalam, sarung tangan, celana pendek bersepeda, pakaian gulat, pakaian dayung, pakaian khusus seperti pakaian zentai, pakaian penangkapan gerak, denim dan lain-lain. Menggunakan kain spandek sebagai bahan pakaian akan memudahkan untuk dicuci dan perawatannya pun tidak terlalu merepotkan. Sangat cocok untuk Anda yang ingin praktis dalam berpakaian.

· Kain Spandek digunakan sebagai bahan pengganti lateks

Spandek tidak hanya digunakan dalam pakaian olahraga tetapi bahkan digunakan untuk pembuatan aksesoris olahraga seperti bola voli dan bola sepak. Sama seperti spandek yang berguna untuk industri pakaian jadi, demikian juga untuk aplikasi industri. Barang-barang yang terbuat dari karet kini dibuat dengan spandek. Industri medis menggunakan spandek sebagai pengganti lateks dalam memproduksi banyak produk seperti tabung karet, selang dan kawat gigi lutut atau punggung.      

· Kain spandek sangat cocok digunakan untuk para atlet

Industri pakaian dan aksesoris olahraga secara khusus menggunakan spandek dalam pembuatan banyak barang. Pakaian spandek sangat cocok untuk atlet dan pengendara sepeda karena membantu mereka mengurangi hambatan terhadap angin. Ini menjadikannya pakaian yang ideal untuk pengendara sepeda dan pelari yang kompetitif. Kain spandek juga dikenal memberikan dukungan karena hampir semua bra olahraga diproduksi menggunakan kain ini. 

· Kain spandek tidak hanya digunakan sebagai bahan pakaian saja

Selain digunakan sebagai bahan pakaian, kain spandek digunakan dalam memproduksi produk rumah tangga seperti seprai dan bantal microbead. Salah satu penggunaan spandek yang kurang dikenal adalah untuk dekorasi interior dan perencanaan acara, seperti kain spandek digunakan untuk penutup meja dan penutup kursi lateks.

Alih-alih taplak meja konvensional, taplak meja spandek yang pas akan memberikan tampilan modern ke ruang makan. Saat ini penutup kursi dan pita kursi berbahan spandek lebih banyak digunakan sebagai kain menyusut setelah lama digunakan, sedangkan kain spandek sangat pas dan dapat digunakan dalam waktu yang lama.

 

Kekurangan kain spandek


Sumber gambar spandek : indiamart.com

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, ada banyak kelebihan dari kain spandek dengan fleksibilitas, daya tahan, kenyamanan, kecocokan dan sebagainya. Namun, tetap saja, kain spandek juga memiliki beberapa kekurangan, seperti kekurangan di bawah ini.

· Spandek bukanlah kain yang menyerap keringat

Kain spandek bukanlah kain yang menyerap keringat dan menjebak kelembaban, keringat, bau tidak sedap di dalam pakaian yang dapat menyebabkan infeksi kulit. Masalah ini dapat dihilangkan dengan menggabungkan kapas atau kain bernapas lainnya dengan spandek. 

· Kain spandek sangat sensitif terhadap panas

Spandek sangat sensitif terhadap panas karena pembentukan kimianya dan tidak menyerap cairan. Oleh karena itu, mencuci spandek dengan air panas, menggunakan setrika atau mesin pengering dapat merusak kain secara permanen.

Selain itu, permukaan spandek yang halus dan licin menciptakan kurangnya gesekan, yang terkadang dapat menimbulkan risiko bagi pemakainya. Memadukan spandek dengan serat lain akan mengatasi sebagian besar kelemahannya. Oleh karena itu, orang dapat menemukan berbagai pakaian yang dipadukan dengan spandek di toko-toko.

Nah, itulah tadi pembahasan lengkap tentang kain spandek. Semoga semua pembahasan di atas bisa membantu Anda dalam menambah wawasan tentang jenis kain.

 

Referensi :

http://www.madehow.com/Volume-4/Spandex.html

https://www.minaxitextiles.com/portfolio/suiting-lycra-fabric/

https://www.fibre2fashion.com/industry-article/7192/spandex-the-gen-next-fibre

Picture image original by rycfabrics.com