Blog

Image

Mengenal Penjelasan, Jenis dan Kelebihan Kain Katun

July 16th, 2021

sfidnfits.com - Kain katun adalah bahan yang paling sering digunakan dalam industri fashion. Hampir semua jenis pakaian menggunakan kain ini sebagai bahan utamanya. 

Kainnya yang lembut dan adem menjadi favorit bagi banyak orang. Kain ini secara kimiawi organik tidak mengandung senyawa sintetis apa pun sehingga sangat aman digunakan. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang kain katun ini, simak pembahasannya sampa habis. 


Mengenal Penjelasan, Jenis dan Kelebihan Kain Katun 


Pengertian kain katun


Sumber gambar kain katun : www.indiamart.com

Katun adalah serat stapel yang berarti terdiri dari berbagai panjang serat yang berbeda. Katun terbuat dari serat alami tanaman kapas yang berasal dari genus gossypium. Paling utama, kain katun terdiri dari selulosa, senyawa organik tidak larut yang penting untuk struktur tanaman, dan merupakan bahan yang lembut dan halus. 


Karakteristik kain katun


Sumber gambar kain katun : www.bearberry.in

Terbuat dari bahan alami, membuat kain katun ini dikenal karena keunggulannya. Tekstur kainnya lembut dan nyaman sehingga saat digunakan sebagai bahan pakaian tidak akan mengiritasi kulit. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, katun menjadi pilihan bahan pakaian yang sempurna karena sifatnya yang alami dan hipoalergenik. 

Kain katun memiliki keunggulan yang bisa menyerap udara sebagai ventilasi dan mendorong sirkulasi udara yang baik sehingga sulit bagi bakteri dan jamur untuk tumbuh, bahkan di lingkungan yang gelap dan lembab. Kain ini memiliki daya serap yang tinggi sehingga saat dipakai dalam cuaca lembab, kain ini dapat menyerap keringat dan segala bentuk kelembaban dengan sangat cepat.


Jenis-jenis kain katun

1. Katun lawn


Sumber gambar kain katun : www.bandjfabrics.com

Katun lawn sering disebut sebagai sutranya kain katun.  Katun lawn adalah kain katun tipis dengan jumlah benang yang banyak, kemudian dibuat dengan menggunakan tenunan yang ketat. Dalam pembuatannya, katun lawn ini dibuat dengan benang yang sangat halus dan berkualitas.  

Itulah yang akhirnya membuat tekstur permukan kain sangat halus. Kain katun lawn ini sangat cocok digunakan sebagai bahan pakaian pesta, blouse, rok dan potongan pakaian lainnya. 


2. Katun jersey


Sumber gambar kain katun : www.siebenblau.de

Katun jersey adalah kain utama yang digunakan untuk pembuatan kaos. Menggunakan kain ini sebagai bahan kaos akan membuatnya mudah dirawat, lembut dan elastis saat dipakai. 

Salah satu manfaat besar menggunakan kain katun jersey adalah keserbagunaannya karena dapat digunakan untuk sebagian besar proyek konveksi, mulai dari atasan  yang sejuk hingga lapisan dasar untuk dijadikan bahan pakaian musim dingin. Tidak heran bila kain katun ini cocok digunakan dalam segala musim. 


3. Katun poplin


Sumber gambar kain katun : www.alibaba.com

Katun poplin adalah kain katun polos yang ringan dan dapat digunakan untuk membuat berbagai macam pakaian secara umum. Katun poplin sering digunakan sebagai bahan pakaian kemeja pria karena teksturnya yang lembut dan tidak mudah kusut saat dipakai untuk beraktivitas. 

Bahkan, katun jenis poplin ini juga bisa digunakan sebagai bahan untuk pakaian olahraga dan jas hujan. Kain ini sangat populer karena dinilai serbaguna untuk dijadikan sebagai semua jenis pakaian dengan tampilan yang kasual dan formal. 


4. Katun chambray


Sumber gambar kain katun : www.exportersindia.com

Teksturnya yang lembut dan lebih tipis dari denim, serta ditenun dengan benang yang berwarna membuat kain katun chambray ini banyak digunakan untuk semua jenis pakaian. Katun chambray tersedia dalam berbagai macam warna, tapi lebih banyak tersedia dalam warna denim. Inilah mengapa katun chambray sangat mirip dengan denim. katun chambray adalah bahan yang sempurna untuk setiap proyek pembuatan pakaian saat musim panas.


5. Katun brushed


Sumber gambar kain katun : www.alibaba.com

Katun brushed adalah kombinasi dari berbagai struktur kain yang menciptakan hasil akhir yang lembut dan halus, yang sangat nyaman di kulit tanpa rasa gatal. Kemampuan bernafas kain ini membantu mengurangi keringat dan sangat cocok untuk berbagai proyek konveksi, pengerjaan tambal sulam, dan quilting. 


6. Katun drill


Sumber gambar kain katun : www.williamgee.co.uk

Katun drill dikenal sebagai kain yang sangat padat, kuat, sedang hingga berat yang merupakan pilihan populer untuk seragam dan pakaian kerja. Ini sangat mirip dengan tekstur dan tenunan untuk membuat pakaian denim, tetapi memiliki tampilan yang lebih halus dan membuatnya sempurna untuk semua jenis pakaian, termasuk desain yang disesuaikan dan kasual. 


7. Kain katun seersucker


Sumber gambar kain katun : www.clothhouse.com

Jika Anda mencari kain katun ringan yang tidak perlu disetrika, katun seersucker adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Jenis katun ini berasal dari India dan biasanya digunakan untuk membuat kemeja, celana pendek, dan bahkan setelan yang paling cocok untuk cuaca hangat, karena ringan, tidak mudah gerah, dan tahan lama.




Kelebihan kain katun


Sumber gambar kain katun : shop.newtess.com

1. Lembut dan membuat nyaman

Kain katun sangat lembut dan nyaman. Bahkan, memiliki sifat hypoallergenic yang tidak akan mengiritasi kulit sensitif atau menyebabkan alergi. Seratnya yang dibuat dengan erat menjadikan benang yang tidak akan mengiritasi kulit. Itulah mengapa, pakaian seperti kaos dan pakaian dalam sangat nyaman digunakan karena terbuat dari katun yang membuat pakaian terasa lembut saat digunakan. 

2. Aman digunakan karena tidak mengandung bahan kimia

Katun terbuat dari bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia. Kain alami seperti kain katun bisa bernapas dan memungkinkan sirkulasi udara yang mencegah jamur tumbuh di lingkungan yang gelap dan lembab. Sedangkan kain sintetis tidak menawarkan ventilasi seperti itu, dan pakaian ketat serta dapat mendorong bakteri dan jamur untuk berkembang.

3. Cocok untuk dikenakan di segala musim

Katun adalah jenis kain yang bisa digunakan dalam berbagai macam cuaca. Anda akan tetap merasa sejuk dan nyaman menggunakan pakaian dengan bahan kain ini. Ketika musim panas, Anda akan tetap merasa nyaman dengan kainnya yang lembut dan mampu menyerap kelembaban akibat keringat. Sedangkan, untuk musim dingin, tubuh Anda akan dibuat hangat dengan kelembutan yang diberikan. Bahkan, kain ini tidak akan menimbulkan iritasi pada kulit Anda saat memakainya dengan pakaian lain. 

4. Kuat, murah, dan serbaguna

Karakteristik kain katun itu kuat, tahan lama dan tahan abrasi. Pakaian berbahan katun dapat dicuci dengan mesin dan bisa dicuci secara berulang-ulang, bahkan dengan menggunakan air panas. Kain katun yang berwarna pun memiliki warna yang bagus sehingga akan terlihat cerah saat dipakai. Selain itu, harga kain katun relatif murah sehingga Anda bisa memiliki berbagai jenis pakaian dengan bahan katun. 


Kekurangan kain katun


Sumber gambar kain katun : fabricland.co.uk

1. Mudah menyusut dan mengerut

Sebelum Anda membeli pakaian berbahan kain katun, pastikan Anda memperhatikan lebih detail. Pasalnya, di balik banyaknya kelebihan yang dimiliki kain ini, kain katun juga punya kekurangan. Kain katun memiliki elastisitas yang buruk. Pakain dengan bahan katun cenderung mudah menyusut setelah dicuci dan membuatnya tidak bisa berubah ke bentuk aslinya. Oleh karena itu, Anda harus hati-hati mencucinya dan hindari mencuci menggunakan mesin cuci serta pengering pakaian. 

Selain itu, Anda juga harus bisa menyimpannya dengan rapi. Pakaian kemeja dan blouse dengan bahan katun cenderung lebih mudah kusut, apa lagi jika Anda membawanya saat bepergian sebagai pakaian ganti. 

2. Sangat mudah rusak

Kain katun terbuat dari serat alami yang membuatnya sangat berisiko tinggi mengalami kerusakan. Selain itu, kain katun sangat mudah luntur. Warnanya dapat pudar saat dicuci menggunakan mesin cuci dan pengering. Apa lagi jika dijemur di bawah terik matahari. 

Itulah tadi sederet penjelasan mengenai pengertian, jenis, karakteristik dan kelebihan kain katun. Sekarang, wawasan Anda tentang kain sebagai bahan pakaian kian bertambah. Pilihlah jenis kain yang Anda butuhkan saat berniat untuk membuat suatu pakaian. 


Referensi : 

https://www.masterclass.com/articles/what-is-cotton#fabric-care-guide-how-do-you-care-for-cotton

https://sewport.com/fabrics-directory/cotton-fabric

https://customprint.com.sg/characteristics-cotton-fabrics/ 

https://www.fabricsgalore.co.uk/blogs/news/a-guide-to-the-different-types-of-cotton-fabric 

https://www.leaf.tv/9765576/advantages-disadvantages-of-cotton-clothes/

https://swiftdryclotheslines.co.nz/advantages-and-disadvantages-of-wearing-cotton/