Blog

Image

Mengenal Kain Mesh: Karakteristik, Jenis dan Penggunaannya

February 25th, 2022

sfidnfits.com – Sebagian besar dari kalian pasti baru mendengar dan tahu tentang kain mesh, bukan? Sejarahnya, kain mesh dirancang pada tahun 1888 oleh pemilik tekstil Inggris, kemudian diambil dan digunakan pada tahun 1980 oleh produsen pakaian olahraga dan sekarang penggunaan kain mesh menjadi item populer di dunia mode selama bertahun-tahun. Kain mesh sangat elastis, kuat, breathable dan sangat diperlukan untuk setiap desainer pakaian.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan secara mendalam apa itu kain mesh dari karakteristiknya hingga berbagai aplikasinya. Oleh karena itu, baca terus artikel ini untuk mengetahui semua yang perlu Anda ketahui tentang kain mesh.

 

Mengenal Kain Mesh: Karakteristik, Jenis dan Penggunaannya


Apa itu kain mesh?


Mesh adalah kain tenun ringan dengan tampilan seperti jala. Kain ini pernah dirancang oleh pemilik tekstil yang mencari produk yang memiliki sifat breathable dan tahan terhadap perubahan suhu yang ekstrim. Dia memproduksi kain dengan alat tenun sedemikian rupa sehingga ruang terbuka dibuat di antara benang. Hasilnya sebuah kain bisa dibuat dengan sifat yang benar-benar breathable.

Kain mesh awalnya menarik perhatian produsen pakaian olahraga, tetapi karena banyak perbaikan dalam beberapa tahun terakhir, sekarang kain mesh juga populer di industri fashion dan medis.

Dalam pembuatan biasanya kain mesh terbuat dari polyester, nylon atau spandek. Ketiganya adalah bahan sintetis yang bertahan sangat lama. Selain itu, mesh dapat dibuat dari logam untuk memberikan tampilan yang mengkilap pada kain.

Meskipun semua kain mesh memiliki struktur seperti jala yang sama, kain ini dapat berbeda dalam berat, ketebalan, warna dan hasil akhir. Selain itu, bahan juga tersedia dengan lubang halus atau kasar.

 

Karakteristik kain mesh


Kain mesh memiliki karakteristik yang khusus, yakni:

· Breathable

· Anti air

· Sangat elastis

· Kuat

· Bebas keriput

· Mudah dirawat

 

Jenis kain mesh


Ada beberapa jenis kain mesh yang berbeda dan ada juga beberapa istilah yang digunakan untuk merujuk pada varian kain mesh yang sama. Berikut jenis kain mesh:

1. Polyester mesh

Sebagian besar jenis mesh yang digunakan dalam bahan pakaian olahraga dan pakaian atletik terbuat dari polyester. Jenis kain ini sangat ringan dan memiliki kemampuan nyata untuk menyerap kelembaban. Tidak seperti jenis kain lainnya, polyester mesh tidak basah oleh keringat dan sangat menyerap keringat.

2. Nylon mesh

Salah satu aplikasi paling ikonik dari nylon mesh adalah tudung perlebahan. Jenis mesh ini kurang umum digunakan untuk membuat pakaian jadi dan lebih sering digunakan untuk membuat barang-barang, seperti kasa tenda dan tas cucian. Namun, jenis terkadang digunakan untuk membuat pakaian ringan seperti gaun malam.

3. Tulle

Jenis mesh ini paling sering digunakan dalam pakaian dansa berwarna cerah sebagai aksen. Dalam beberapa kasus, tulle dapat dibuat dari sutra, yang dapat mengurangi dampak lingkungan dari jenis kain mesh ini. Namun, jauh lebih umum untuk menemukan tulle yang terbuat dari polyester atau nylon, dan kain ini biasanya dirangkai untuk menghasilkan tampilan bertekstur.

4. Power mesh

Power mesh dikenal dengan kemampuan kompresinya dan umumnya digunakan dalam berbagai pakaian olahraga dan pakaian pembentuk tubuh. Jenis kain ini juga terkadang digunakan dalam dekorasi rumah karena penampilannya yang hampir seluruhnya tipis. Power mesh bukan merek dagang dari perusahaan mana pun. Sebaliknya, power mesh hanyalah nama yang diberikan untuk jenis mesh yang lebih elastis dan lebih cocok untuk shapewear daripada nylon biasa atau polyester mesh.

5. Powernet

Jenis kain mesh ini memiliki tenunan yang relatif padat. Powernet biasanya digunakan dalam membentuk pakaian, seperti celana ketat atas, bra, dan slip kontrol, dan dalam beberapa kasus, istilah ‘powernet’ dapat digunakan secara bergantian dengan ‘power mesh’.

 



Penggunaan kain mesh


Kain mesh hadir dalam berbagai bentuk, ukuran, dan bahan karena banyak sekali kegunaannya. Di bagian ini, kita akan melihat penggunaan kain mesh yang terkenal.

1. Pakaian Olahraga

Dari activewear hingga kaos sepak bola, sport bra, dan pakaian renang, Anda akan menemukan kain mesh di hampir semua bentuk pakaian olahraga. Ringan dan sangat fleksibel, mesh memberikan kemudahan breathable dan kebebasan bergerak pada pakaian olahraga yang penting bagi atlet tingkat tinggi untuk menampilkan performa terbaiknya.

2. Shapewear

Ketika diubah menjadi kontrol dan shapewear, kain mesh membantu memegang bagian yang ingin Anda sembunyikan sambil menghaluskan dan menonjolkan lekukan yang Anda inginkan untuk ditampilkan. Penggunaan kain mesh pada shapewear terasa nyaman.

3. Jaring ikan

Sebagian besar jaring ikan cenderung memiliki desain berlian pada lubang di mata jaring karena ini memberikan kekuatan dan fleksibilitas yang lebih besar.

4. Gaun

Kain mesh seperti tulle akan dikenakan di bawah rok untuk gaun. Bahkan hingga saat ini, tulle masih digunakan untuk menambah volume pada gaun malam dan gaun prom. Itu tidak terbatas pada bagian bawah pakaian sekalipun. Tulle juga bisa memberi bunga pada permukaan luar gaun. Khususnya dalam gaun putri atau peri untuk gadis kecil.

5. Pakaian dan aksesoris pengantin

Jika ada satu area yang identik dengan mesh, itu adalah bridalwear. Dari gaun pengantin berenda dan menggairahkan hingga daya tarik seksi dari kerudung pernikahan, kain mesh banyak digunakan dalam pakaian gaun pengantin..

6. Layar pintu dan layar jendela

Tidak terbatas pada industri fashion, mesh juga memiliki kegunaan di sekitar rumah. Salah satu kegunaan tersebut adalah di pintu kasa Anda. Dirancang untuk mencegah binatang terbang umum keluar dari rumah Anda, panel jala di pintu luar Anda akan menghentikan binatang buas kecil di jalurnya.

7. Peralatan keselamatan peternakan lebah

Topi perlebahan yang dirancang khusus dengan penutup seluruh kain mesh telah digunakan selama bertahun-tahun. Mesh memungkinkan pengguna untuk melihat lebah dan mencegah sengatannya.

8. Medical mesh

Medical mesh digunakan dalam operasi hernia atau dalam kasus di mana telah terjadi prolaps. Mesh menahan hernia atau organ tubuh di tempatnya.


Cara merawat kain mesh

Meskipun mesh adalah kain yang kuat, tapi kain ini tetap harus dirawat dengan hati-hati. Jangan mencuci kain terlalu sering. Ketika mencucinya, sebaiknya air yang digunakan tidak lebih hangat dari 30 derajat. Kemudian, biarkan kering secara alami dan jangan menyetrika kain. Jika Anda ingin menyetrikanya, maka setrika kain dengan suhu rendah.

 

Kelebihan kain mesh


Kain mesh memiliki banyak fitur hebat. Kelebihan dari kain ini bisa Anda simak di bawah ini:

· Terlihat kasual

· Tahan kerut

· Biasanya memiliki harga yang murah

· Elastisitas yang baik

· Bahan sejuk dan breathable

· Mudah dicuci

· Nyaman


Kekurangan kain mesh


Selain kelebihan yang dimiliki oleh kain mesh, kain ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan yang paling utama darinya meliputi:

· Tidak memberikan perlindungan untuk kulit Anda

· Mempertahankan bau jika tidak segera dicuci

· Konstruksi kain tidak stabil yang menyebabkan penyusutan, peregangan, dan keausan cepat secara keseluruhan

· Dapat menyingkap dengan mudah jika lubangnya cukup besar.

Nah, itulah tadi pembahasan lengkap tentang kain mesh. Selalu ada kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Semoga artikel ini membantu pengetahuan Anda tentang berbagai jenis kain.

 

Referensi:

Sewport. What is Mesh Fabric: Properties, How its Made and Where.

Houseofu. What is mesh fabric? Everything you need to know about this fabric.

Silverbobbin. What Is Mesh Fabric?

Chefscloset, (2017). Pros and Cons of Mesh in Uniforms.