Blog

Image

Mengenal Polyurethane: Karakteristik, Jenis dan Kelebihannya

November 26th, 2021

sfidnfits.com – Bahan Polyurethane mungkin terdengar asing bagi Anda. Namun, tanpa disadari kemungkinan Anda telah menemukan ratusan produk polyurethane dalam keseharian Anda. Bahkan, Anda juga pasti memiliki beberapa item yang menggunakan bahan polyurethane ini.

Banyaknya penggunaan produk dengan polyurethane, sejatinya bahan ini adalah salah satu bentuk resin sintetis paling beragam yang tersedia di pasaran, dan digunakan di ribuan produk rumah tangga, olahraga dan komersial di seluruh dunia. Anda bisa mengetahui secara lengkap tentang bahan polyurethane dari artikel ini. Jadi, jangan di-skip ya!


Mengenal Polyurethane: Karakteristik, Jenis dan Kelebihannya


Pengertian polyurethane


Sumber gamber: typesoffabric.com

Polyurethane atau yang dikenal dan disebut dengan singkatan PU adalah bahan plastik dan salah satu kelas senyawa resin sintetis, berserat, atau elastomer yang termasuk dalam keluarga polimer organik yang dibuat melalui reaksi isosianat dengan senyawa bifungsional lainnya seperti glikol.

Secara ilmiah, polyurethane terbuat dari dua komponen kimia utama, yakni polimer dan urethane. Selama proses kimia, polimer dihubungkan bersama oleh kelompok urethane, menciptakan solusi serbaguna yang dapat mengambil banyak bentuk. Senyawa polimer ini menciptakan produk yang stabil, aman, dan tahan lama yang digunakan jutaan orang setiap hari.

Tidak seperti senyawa sintetis potensial lainnya, polyurethane tahan panas, dan tidak akan meleleh saat dipanaskan. Ketahanan panas ini menjadikannya solusi sempurna untuk elemen yang dapat memancarkan energi dalam jumlah besar tanpa khawatir meleleh karena terlalu panas. Sementara sebagian besar merek polyurethane tahan panas, ada beberapa senyawa terpilih yang tersedia, yang dapat meleleh di bawah panas yang diterapkan.


Karakteristik bahan polyurethane


Sumber gamber: mitchellfauxleathers.com

Bahan polyurethane memiliki sifat dan karakteristik sebagai berikut:

1. Polyurethane adalah bahan yang ideal untuk aplikasi kontrol getaran, meminimalkan kebisingan dan menahan berbagai macam beban.

2. Ketahanan benturan polyurethane sangat luar biasa, bahkan pada suhu rendah, dan menawarkan ketahanan terhadap retak, sobek, pecah atau bengkak.

3. Memiliki ketahanan abrasi yang luar biasa, polyurethane elastomer menunjukkan keunggulan keausan yang pasti dibandingkan banyak bahan.

4. Bagian-bagian urethane sering dicetak dalam cetakan bertekanan rendah yang lebih murah. Sebagai cairan, urethane dapat mengisi rongga cetakan yang rumit sekalipun tanpa cetakan dan pres bertekanan tinggi.

5. Polyurethane dapat menahan ketegangan dan kompresi. Meskipun dapat berubah bentuk di bawah beban berat, ia akan kembali ke bentuk aslinya setelah beban dihilangkan.

6. Memiliki biaya yang ekonomis, bahan polyurethane sering kali menjadi pilihan untuk suku cadang dan produksi berulang dengan volume tinggi.


Jenis polyurethane

Sebelum menyebutkan jenisnya, bahan polyurethane sendiri memiliki dua klasifikasi yang berbeda, yaitu thermoplastic dan thermoset. Secara lengkap ketahui penjelasan keduanya di bawah ini.

1. Thermoplastic polyurethane


Sumber gamber: 3.bp.blogspot.com

Thermoplastic polyurethane adalah klasifikasi serbaguna karena dapat dipanaskan kembali dan dicetak ulang berkali-kali. Ketika dipanaskan dapat berubah menjadi cair dan dapat dibentuk menjadi bentuk yang diinginkan tanpa mengubah sifat plastik. Thermoplastic polyurethane paling cocok untuk produk akhir yang memerlukan toleransi panas lebih dari 250° F.


2. Thermoset polyurethane


Sumber gamber: japanchemicaldaily.com

Thermoset polyurethane adalah klasifikasi yang tidak dapat dibentuk lebih dari satu kali. Ketika thermoset polyurethane mengeras, ia mengalami reaksi kimia dan membuat perubahan itu permanen. Thermoset polyurethane adalah pilihan yang lebih tahan lama untuk produk yang menahan beban dan abrasi.

Untuk jenisnya, polyurethane dapat dikategorikan menjadi empat jenis utama, yaitu elastomers, pelapisan, busa fleksibel dan busa cross-linked. Untuk masing-masing jenis, kelas polyurethane yang paling cocok harus dipilih, entah termoplastik atau termoset. Tergantung pada desain dan aplikasi spesifik, persyaratan yang berbeda untuk panas, berat, dan abrasi harus dipertimbangkan.




Penggunaan bahan polyurethane


Polyurethane adalah bahan plastik yang ada dalam berbagai bentuk. Bahan ini dapat disesuaikan menjadi kaku atau fleksibel, dan merupakan bahan pilihan untuk berbagai aplikasi pengguna akhir seperti:

· Aplikasi utama polyurethane adalah dalam produksi busa. Busa ini digunakan dalam berbagai bahan seperti kain pelapis, perabot rumah tangga, dan lembaran lemari es.

· Polyurethane  juga digunakan dalam beberapa peralatan olahraga dan pakaian.

· Cetakan polyurethane juga digunakan dalam kolom dan kusen pintu. Faktanya, tidak jarang cetakan seperti itu digunakan di header dan langkan jendela.

· Busa polyurethane berdensitas rendah yang menunjukkan fleksibilitas banyak digunakan di kasur dan bentuk tempat tidur lainnya. Bahan ini juga digunakan di kursi mobil dan pelapis.

· Polyurethane fleksibel juga digunakan dalam pembuatan tali dan pita elastis sebagian.

· Elastomer polyurethane berdensitas rendah banyak digunakan dalam industri alas kaki.

· Aplikasi penting lainnya dari polyurethane adalah dalam pembuatan spons kamar mandi dan dapur. Selain itu, bahan ini juga digunakan di bantal kursi dan sofa.


Kelebihan bahan polyurethane


Sumber gamber: amazon.com

Bahan polyurethane memiliki banyak kelebihan sehingga banyak digunakan di berbagai bidang industri. Ketahui kelebihan bahan ini dari daftar berikut :

· Ketahanan abrasi dan pelarut yang tinggi

· Daya dukung beban tinggi dan elastisitas

· Isolasi tinggi

· Kualitas cetakan yang bagus

· Kemampuan suhu rendah yang baik

· Variabilitas struktural molekul yang luas

· Biaya yang lebih ekonomis


Kekurangan bahan polyurethane


Sumber gamber: lh3.com

Selain kelebihan yang ditonjolkan oleh bahan ini, bahan polyurethane juga memiliki kekurangannya. Ketahui kekurangan dari bahan ini melalui daftar berikut :

· Kemampuan termal rendah

· Ketahanan terhadap cuaca yang buruk

· Menggunakan isosianat beracun

· Mudah terbakar

Nah, itulah tadi pembahasan lengkap tentang bahan polyurethane dari mulai pengertian, karakteristik, jenis, penggunaan dan kelebihan serta kekurangannya. Semoga artikel ini membantu pengetahuan Anda tentang berbagai macam bahan yang sering digunakan dalam dunia industri.

 

Referensi:

Polyurethanes. What is polyurethane?

Dalchem. WHAT IS POLYURETHANE?

Byjus. Polyurethane.

Britannica. Polyurethane chemical compound.

Reliance-foundry. Polyurethane Plastic: from Adhesives to Yoga Pants.

Argonics. POLYURETHANE CHARACTERISTICS.

Upcinc. PU (Polyurethane).