Blog

Image

Mengenal Bahan Polyester dan 9 Karakteristik Utamanya

June 24th, 2020

sfidnfits.com – Kebanyakan dari kita mungkin sudah cukup familiar dengan bahan kain polyester. Tapi, apakah Anda sudah mengetahui jenis, karakteristik, hingga kelebihan dari bahan ini? Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba mengulas tentang bahan polyester secara lengkap. 

 

Mengenal Bahan Polyester?

 

Bahan polyester merupakan jenis bahan yang telah dibuat melalui berbagai tahapan kimia yang cukup rumit dan panjang hingga termasuk ke dalam salah satu jenis kain sintetis. Sederhananya, bahan ini tidak diproduksi secara alami dan tidak tersedia di alam bebas seperti halnya bahan wol, katun dan beberapa jenis bahan lainnya yang bisa di dapat dari alam. Bahan polyester ini hanya bisa di dapat melalui proses kimia pabrik. Bahan kain ini dibuat dari serat polyester yang berasal dari petroleum atau minyak bumi.

 

Berbagai tahapan produksi bahan ini sangat kompleks dan panjang, dimulai dari mencampur minyak bumi, udara, air, dan batubara, hingga akhirnya menunggu hasil reaksi aktif dari petroleum dengan beragam produk lainnya seperti alkohol dan asam karboksil atau biasa disebut sebagai senyawa  ‘a monomer’ atau ‘ester’. Proses tahapan ini dilakukan di dalam ruangan hampa bersuhu tinggi atau biasa disebut dengan proses polimerisasi.

 

Setelah proses yang panjang tersebut selesai, maka di dapatlah material polyester yang selanjutnya akan diolah lagi hingga mampu menghasilkan serat kain halus dan panjang atau biasa dikenal dengan sebutan filament. Agar polyester tersebut bisa menjadi benang, maka beberapa filament akan disatukan dan dipintal menjadi satuan benang. Perlu diketahui pula bahwa dalam proeses pemintalan tersebut, tidak menutup kemungkinan adanya campuran serat alam lain sepertu katun ataupun wol untuk menghasilkan jenis kain lain sesuai permintaan pasar.

 

Karakteristik Bahan Polyester

Agar kita bisa lebih mudah dalam membedakan bahan polyester dengan berbagai bahan lainnya, di bawah ini adalah beberapa karakteristik khusus dari bahan polyester.

1. Memiliki Serat yang Lentur

 

Bahan Polyester merupakan salah satu bahan yang sangat lentur. Walaupun demikian, bahan polyester sangat mudah melar sehingga akan sangat tepat jika Anda memilih untuk mulai menggunakan bahan sintetis ini menjadi bahan pembuatan pakaian. Pakaian yang terbuat dari bahan polyester juga cenderung mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama.

 

2. Awet dan Tidak Mudah Berkerut/Lecek


Bahan polyester juga digadang-gadang sangat awet daripada jenis bahan lain. Bahan polyester pun tidak gampang kusut sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Anda bisa mendapatkan jenis kain yang awet dan tidak mudah berkerut tanpa harus menurunkan kondisi serat atau kualitas dari bahan polyester secara keseluruhan.

 

3. Mampu Bertahan Pada Bahan Kimia


Bahan polyester juga terkenal dengan keunggulannya yang tahan terhadap berbagai bahan kimia. Jadi, selain bahan ini memang di buat melalui bahan kimia, bahan inipun menjadi sangat kuat jika dicuci melalui proses kimia, seperti dry cleaning atau menggunakan pelarut jenis organik. Anda tidak perlu khawatir baju Anda akan rusak, karena nyatanya bahan ini sangat kuat terhadap reaksi kimia.

 

4. Anti Jamur dan Bakteri


Bahan atau pakaian berbahan polyester juga diklaim anti bakteri dan jamur, sehingga penggunaannya sangat tepat untuk ditempatkan di kamar, seperti sebagai bed cover, sarung bantal dan guling atau bisa juga sebagai selimut.

 

5. Sangat Mudah Kering


Selain gampang dicuci, bahan polyester juga sudah terbukti mudah kering sehingga Anda tidak perlu waktu yang lama dalam menjemur bahan polyester. Oleh kareian itu, bahan polyester sangat cocok untuk dijadikan bahan pembuatan pakaian yang sering digunakan sehari-hari, seperti pakaian seragam.

 

6. Penggunaan Bahan Polyester


Perlu Anda ketahui juga bahwa bahan polyester adalah bahan yang sangat sering digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian, seperti kaors, kemeja, jas, pakaian olahraga, dan beberapa pakaian lain yang sering digunakan sehari-hari. Selain itu, bahan ini juga sering digunakan untuk keperluan rumah tangga, industri ototmotif, perkakas rumah tangga, dll. Hal tersebut dikarenakan bahan polyester sangat kuat, awet, dan tahan lama, sehingga bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

 

7. Buruk dalam Menyerap Keringat

Walaupun bahan polyster memiliki banyak keunggulan, namun bahan ini ternyata cukup buruk dalam hal  menyerap keringat. Dengan adanya fakta ini, banyak orang yang menghindari penggunaan baju atau pakaian berbahan polyester pada cuaca yang panas.

 

8. Bisa Menimbulkan Iritasi Kulit


Bahan polyesterpun terkenal dengan efeknya yang mampu menimbulkan iritasi kulit karena proses pembuatannya yang melalui beberapa langkah kimiawi. Untuk beberapa orang yang memiliki alergi kulit atau sensitivitas kulit yang tinggi, maka efek yang muncul bisa berupa gatal-gatal, kulit kemerahan, ruam, jerawat, dll. Saat gejala-gejala ini sudah mulai terlihat atau dirasakan, maka ada baiknya untuk segera melepas pakaian ini.



 

9. Cukup Mudah Terbakar


Perlu Anda ketahui bahwa bahan polyester adalah bahan yang sangat mudah terbakar, sehingga Anda disarankan untuk menjauhkan tempat penyimpanan bahan atau pakaian berbahan polyester dari sumber api ataupun berbagai peralatan listrik. Terjadinya proses penyebaran api dari bahan ini sangat mudah sekali, untuk itu Anda harus sangat berhati-hati, terlebih lagi saat Anda menyetrika pakaian berbahan polyester.

 

Demikianlah informasi penting tentang bahan polyester dan 9 karakteristiknya. Dengan artikel ini, semoga kita bisa lebih mengenali dan menyesuaikan bahan yang akan kita gunakan berdasarkan kebutuhannya. Terima kasih.

 

Referensi:

  1. https://www.essentialchemicalindustry.org/polymers/polyesters
  2. http://schwartz.eng.auburn.edu/polyester/structure.html
  3. https://www.craftechind.com/how-is-polyester-made/
  4. http://www.madehow.com/Volume-2/Polyester.html