Blog

Image

Mengenal Eva Foam: Karakteristik, Penggunaan dan Kelebihan

December 24th, 2021

sfidnfits.com – EVA foam dari dulu sampa sekarang sangat banyak diminati dengan berbagai macam alasan yang bagus. Benda-benda yang Anda pakai sekarang pun mungkin saja ada yang terbuat dari EVA foam. EVA foam bisa digunakan untuk lantai, peralatan olahraga, kerajinan tangan dan desain set. Bahan ini sangat serbaguna, lembut, tangguh dan memiliki karakteristik pemulihan kompresi yang tidak ada duanya.

Bagi Anda yang penasaran, seperti apa sih detail EVA foam, artikel ini akan membahas lebih jauh tentang EVA foam dari segala sisi. Jadi, simak sampai selesai ya!

 

Mengenal Eva Foam: Karakteristik, Penggunaan dan Kelebihan


Pengertian EVA foam


Sumber gambar: foamtechchina.com

Ethylene vinyl acetate atau yang dikenal dengan nama EVA foam adalah struktur busa sel tertutup. Bahan ini memiliki banyak kinerja yang sangat baik, termasuk ketahanan terhadap air dan kelembaban, bantalan yang sangat baik dan penyerapan guncangan, insulasi panas yang kuat dan daya tahan jangka panjang. Bahan EVA foam cukup sering digunakan oleh berbagai industri sehingga Anda dapat menemukannya di banyak tempat dan produk, seperti sol sepatu, alas busa lembut, kemasan busa, yoga block, papan kickboard renang, alas lantai, komponen EVA foam khusus dan sebagainya.

EVA foam dibuat dari campuran kopolimer etilena dan vinil asetat. Dalam satu lembar EVA foam, persentase berat vinil asetat biasanya berkisar antara 10- 40%. Bahan polietilen adalah elemen penting lainnya untuk produksi EVA foam. Variasi jumlah bahan tambahan dan katalis pembusa dalam proses pencetakan EVA foam dapat mempengaruhi densitas, kekerasan, warna, ketahanan dan sebagainya.

 

Karakteristik bahan EVA foam


Sumber gambar: amazon.com

Menjadi bahan serbaguna dan banyak disukai oleh banyak orang, tentu saja membuat bahan ini memiliki banyak sisi karakteristiknya. Di bawah ini ada karakteristik teratas yang dimiliki EVA foam.

1. Fleksibilitas dan keserbagunaan yang luar biasa: Busa EVA dapat dibuat kaku atau floppy, yang membuatnya sangat mudah untuk disesuaikan.

2. Koefisien gesekan tinggi: Benda yang menggunakan bahan EVA foam tidak licin dan anti slip.

3. Ketangguhan terhadap suhu rendah: EVA foam benar-benar akan tetap fleksibel pada suhu serendah -94°F. Tidak heran jika bahan ini sering disertakan dalam kasus yang dirancang untuk hal-hal yang berkaitan dengan ekspedisi Antartika.

4. Resistensi anti retak: Hal ini terkait dengan fleksibilitasnya. Pada dasarnya bahan EVA foam sangat sulit pecah.

5. Ketahanan terhadap radiasi ozon dan UVA: EVA foam dapat menyerap apa pun yang terjadi di lingkungan sekitar.

6. Bebas belerang dan bau rendah: Ini adalah fitur hebat karena itu berarti Anda tidak akan terkena migrain setiap kali Anda menggunakan EVA foam terlalu dekat.

7. Ketahanan bahan kimia yang tinggi: Fitur ini membuat busa EVA luar biasa untuk semua jenis situasi beracun. Bahan ini sangat tahan terhadap asam cair, alkali cairr, minyak, hidrokarbon alifatik dan alkohol. Namun, EVA foam memiliki ketahanan yang buruk terhadap hidrokarbon aromatik dan terhalogenasi.

8. Penyerapan terhadap benturan dan getaran yang unggul: Fitur ini karena memberikan perlindungan luar biasa, bahkan untuk kargo yang paling rapuh sekalipun.

9. Daya apung dan daya serap air rendah: Tidak hanya mengapung, tetapi juga melindungi apa pun yang ada di dalamnya dari kerusakan air.

 



Penggunaan bahan EVA foam


Karena EVA foam sangat tahan lama dan kokoh, ia mampu menahan kekuatan yang kuat. Bahan ini juga tahan terhadap cuaca dan mampu menahan beberapa bahan berbahaya lainnya seperti bahan bakar minyak dan bahan kimia. Dan, karena susunan molekulnya, produksinya dibuat mudah dan mirip dengan termoplastik. Sebagai hasil dari keserbagunaannya, EVA foam digunakan secara luas di berbagai industri, termasuk industri kelautan, kesehatan, rekreasi, alas kaki, elektronik, dan otomotif.

1. Ketahanannya terhadap bahan kimia dan biokompatibilitasnya serta fakta bahwa ia bebas latex, EVA foam cocok untuk digunakan dalam industri medis.

2. EVA foam itu lembut, nyaman dan ringan, sangat ideal untuk membuat kursi yang ergonomis dan tahan lama. Berkat sifat-sifat ini, busa ini juga digunakan secara luas untuk pembuatan sepatu, sol, dan sandal untuk merek pakaian dan sepatu terkemuka di dunia.

3. EVA foam digunakan untuk membuat papan flutter, sabuk flotasi, dan mainan air yang memiliki sifat flotasi luar biasa dan ketahanan UV.

4. Potensi kegunaan busa ini banyak. Sementara penggunaannya sudah mapan di banyak industry, seperti mainan, karpet, peralatan olahraga, dan segudang aplikasi lain masih harus dieksplorasi dan dikembangkan di tahun-tahun mendatang.

EVA foam yang tidak diragukan lagi memantapkan dirinya sebagai pilihan yang sangat serbaguna dalam hal kemasan fleksibel. EVA foam juga dapat dipotong dari berbagai lembaran dan dirancang menjadi bentuk yang dapat digunakan untuk memproduksi beberapa barang lainnya.

 

Kelebihan bahan EVA foam


Sumber gambar: tntcosplaysupply.com

Ada banyak sekali kelebihan dari bahan EVA foam. Selengkapnya, Anda bisa simak di bawah ini:

1. Penyerap kebisingan

2. Anti-kelelahan

3. Anti-slip

4. Mudah dibersihkan

5. Tahan air

6. Bahan aman

7. Bantalan nyaman

8. Kemudahan pemasangan

9. Ringan

10. Kokoh dan tahan lama

Secara keseluruhan, manfaat EVA foam cenderung lebih besar daripada kerugiannya. Kekurangan yang dimilikinya sebagian besar telah menemukan solusi untuk dihindari.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang bahan EVA foam mulai dari pengertian, karakteristik, pengaplikasian dan kelebihan yang dimiliki. Beberapa produk dan peralatan olahraga yang brand kami miliki juga ada yang menggunakan bahan EVA foam, sebut saja yoga wheel, foam roller, yoga block, sandal dan sabuk gym. Semua produk yang menggunakan bahan EVA foam bisa lihat selengkapnya dari website ini, atau marketplace yang tersedia.

 

Referensi:

Foamtechchina. EVA Foam Material: The Best Definitive Guide.

Wesellmats, (2020). WHAT IS EVA FOAM?

Customcasegroup. EVA FOAM – 3 THINGS TO KNOW (CHEAT SHEET).

Manufacturing, (2019). The Benefits and Uses of EVA Foam