Blog

Image

Mengenal Bahan Polypropylene: Karakteristik, Jenis dan Kelebihannya

October 22nd, 2021

sfidnfits.com – Sekarang ini plastik memiliki banyak kegunaan untuk hidup kita sehari-hari. Hampir semua tempat makanan, minuman, perabotan rumah tangga sampai peralatan olahraga juga terbuat dari dari bahan plastik, atau mengandung plastik di dalamnya. Namun, tidak semua plastik baik untuk digunakan karena beberapa ada yang mengandung BPA atau bahan kimia berbahaya lainnya yang dapat berdampak negatif pada tubuh kita atau dunia tempat kita tinggal.

Salah satu jenis plastik yang banyak digunakan ada yang disebut dengan polypropylene. Polypropylene dinilai aman digunakan. Nah, artikel ini akan membahas secara lengkap tentang jenis plastik dari bahan polypropylene. Jadi, simak lengkapnya di bawah ini!


Mengenal Bahan Polypropylene: Karakteristik, Jenis dan Kelebihannya


Apa itu polypropylene


Sumber gambar: amirkhizplast.ir

Polypropylene, atau yang dikenal dengan singkatan PP adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan setiap produk tekstil yang berasal dari thermoplastic polymer polypropylene. Jenis plastik ini adalah bagian dari kelompok polyolefin yang bersifat non-polar dan sebagian berbentuk kristal. Di samping polyolefin, polypropylene adalah plastik kedua yang paling umum diproduksi di dunia, dan lebih umum digunakan dalam kemasan, sedotan, dan jenis barang konsumen serta industri lainnya daripada dalam produksi tekstil.


Karakteristik polypropylene


Sumber gambar: indonesian.alibaba.com

Bahan polypropylene memiliki karakteristik sebagai berikut:

· Tahan terhadap bahan kimia

Basa dan asam encer tidak mudah bereaksi dengan polypropylene. Hal ini tentu saja menjadikan bahan ini sebagai pilihan yang baik untuk wadah cairan, seperti bahan pembersih, produk pertolongan pertama, kemasan makanan dan masih banyak lagi.

· Elastis dan tangguh

Polypropylene akan bekerja dengan elastisitas pada rentang defleksi tertentu, tetapi juga akan mengalami deformasi plastis di awal proses deformasi sehingga umumnya dianggap sebagai bahan yang tangguh. Ketangguhan adalah istilah teknik yang didefinisikan sebagai kemampuan material untuk berubah bentuk tanpa putus. Jadi, bahan ini benar-benar awet digunakan.

· Dapat mempertahankan bentuknya

Polypropylene mempertahankan bentuknya setelah banyak torsi, tekukan, dan pelenturan. Tentunya hal ini menjadikan polypropylene sebagai bahan berharga untuk setiap produksi yang menggunakan bahan dasar plastik, atau campuran plastik.

· Isolasi

Polypropylene memiliki ketahanan yang sangat tinggi terhadap listrik dan sangat berguna untuk komponen elektronik.

· Transmisivitas

Meskipun polypropylene dapat dibuat transparan, tapi biasanya diproduksi secara alami berwarna buram. Polypropylene dapat digunakan untuk aplikasi yang memiliki transfer cahaya penting atau yang memiliki nilai estetika. Jika transmisivitas tinggi diinginkan, maka plastik seperti akrilik atau polikarbonat adalah pilihan yang lebih baik.

Polypropylene diklasifikasikan sebagai bahan termoplastik, yang mana berlawanan dengan termoset dan hal ini berkaitan dengan cara plastik merespons panas. Bahan termoplastik menjadi cair pada titik lelehnya, seperti dalam suhu sekitar 130 derajat celcius dalam kasus polypropylene. Paling baik dari bahan ini bahwa termoplastik dapat dipanaskan sampai titik lelehnya, didinginkan, dan dipanaskan kembali tanpa degradasi yang signifikan. Alih-alih terbakar, termoplastik seperti polypropylene dapat dicairkan, yang memungkinkannya mudah dicetak dengan injeksi dan kemudian didaur ulang. Sebaliknya, plastik termoset hanya dapat dipanaskan satu kali.


Jenis polypropylene


Sumber gambar: polimaxx.irpc.co.th

Polypropylene memiliki dua jenis, yakni homopolymer dan copolymer. Anda dapat menyimak kedua jenisnya dari penjelasan di bawah ini:

1. Polypropylene homopolymer adalah jenis utama dari polypropylene yang paling banyak digunakan. Jenis ini hanya berisi propylene monomer dalam bentuk padat semi kristal. Aplikasi utamanya meliputi pengemasan, tekstil, perawatan kesehatan, pipa, aplikasi otomotif dan listrik.

2. Polypropylene copolymer dibagi lagi menjadi copolymer acak dan copolymer block yang diproduksi dengan mempolimerisasi propena dan etana:

· Polypropylene copolymer acak diproduksi dengan mempolimerisasi bersama etana dan propena. Fitur dari etana biasanya mencapai hingga 6% dan digabungkan secara acak dalam rantai polypropylene. Polimer ini fleksibel dan jernih secara optik sehingga cocok untuk aplikasi yang membutuhkan transparansi dan untuk produk yang membutuhkan penampilan luar biasa.

· Sedangkan pada polypropylene copolymer block, kandungan etana lebih besar antara 5 - 15%. Jenis ini memiliki unit co-monomer yang diatur dalam pola reguler atau blok. Pola teratur membuat termoplastik lebih keras dan kurang rapuh daripada co-polymer acak. Polimer ini cocok untuk aplikasi yang membutuhkan kekuatan tinggi, seperti penggunaan industri.




Penggunaan polypropylene


Sumber gambar: indonesian.alibaba.com

Penggunaan bahan polypropylene secara umum dapat digunakan untuk:

· Bahan penanganan

Polypropylene sering digunakan untuk membuat palet plastik dan barang penanganan material lainnya tergantung pada aplikasi yang dibutuhkan.

· Industri mobil

Polypropylene sering digunakan dalam pembuatan baterai mobil, bumper, elemen interior, dan kelongsong.

· Bahan kemasan

Karena biaya dan fleksibilitasnya yang rendah, polypropylene digunakan dalam berbagai bentuk kemasan dan telah menggantikan bahan tradisional seperti kertas, plastik, dan kertas. Ini banyak digunakan untuk membuat palet, botol, toples, wadah yogurt, cangkir minuman panas, kemasan makanan, dan lain-lain.

· Aplikasi medis

Dengan kemampuannya menangani prosedur sterilisasi yang ketat, PP umumnya digunakan dalam industri medis. Ini sering digunakan dalam membangun perangkat medis, dan sistem pengemasan untuk obat-obatan cair dan padat.

· Peralatan olahraga

Bahan polypropylene juga digunakan dapat peralatan olahraga. Anda bisa menemuinya untuk peralatan yoga, fitnes, atau aksesoris olahraga lainnya.

· Mainan

Banyak mainan dibuat tahan lama karena dibuat menggunakan plastik polypropylene.

· Peralatan rumah tangga

Polypropylene juga digunakan di banyak barang rumah tangga seperti permadani, keset, karpet, piring, dan lain-lain.


Kelebihan polypropylene


Sumber gambar: indonesian.alibaba.com

Bahan polypropylene memiliki banyak kelebihan. Simak kelebihannya di bawah ini:

· Polypropylene mudah didapat dan relatif murah.

· Memiliki kekuatan lentur yang tinggi karena sifatnya yang semi kristal.

· Memiliki permukaan yang relatif licin.

· Tahan terhadap kelembaban.

· Memiliki ketahanan kimia yang baik pada berbagai basa dan asam.

· Memiliki ketahanan elastisitas yang baik.

· Memiliki kekuatan dampak yang baik.

· Polypropylene adalah isolator listrik yang baik.


Kekurangan polypropylene


Sumber gambar: s3.amazonaws.com

Selain kelebihan yang dimiliki, polypropylene juga memiliki kekurangan. Ketahui kekurangan dari polypropylene di bawah ini

· Polypropylene memiliki koefisien ekspansi termal tinggi yang membatasi aplikasi suhu tinggi.

· Rentan terhadap degradasi UV.

· Memiliki ketahanan yang buruk terhadap pelarut terklorinasi dan aromatik.

· Dikenal sulit untuk dicat karena memiliki sifat yang buruk.

· Mudah terbakar.

· Rentan terhadap oksidasi.

Itulah tadi pembahasan lengkap tentang bahan polypropylene (PP) dari mulai pengertian, karakteristik, jenis, kelebihan dan kekurangannya. Terlepas dari adanya kekurangan yang dimiliki, polypropylene adalah bahan yang bagus secara keseluruhan. Bahan ini memiliki perpaduan unik dari kualitas yang tidak ditemukan dalam bahan lain yang digunakan sebagai pilihan ideal untuk banyak proyek.


Referensi:

Omnexus. The Definitive Guide to Polypropylene (PP).

Healthline,(2020). Is Polypropylene a Safe Plastic to Use in Your Home?

Sewport, (2021). What is Polypropylene Fabric: Properties, How its Made and Where.

Revolutionfabrics, (2020). WHAT IS POLYPROPYLENE FABRIC?

Creativemechanisms, (2016). Everything You Need To Know About Polypropylene (PP) Plastic.

Tranpak. What is PP (Polypropylene Plastic)?

Picture image original by wellstationerymart.com