Blog

Image

Mengenal Bahan PVC: Jenis, Kegunaan dan Kelebihannya

September 10th, 2021

sfidnfits.com – Bagi Anda yang sering memperhatikan bahan dari produk yang digunakan, pasti sudah tidak asing lagi dengan bahan PVC. Yah, Polyvinyl Chloride atau yang dikenal dengan singkatan PVC merupakan bahan serba guna dan salah satu polimer yang paling banyak digunakan di dunia. 

Sifatnya yang serbaguna, membuat PVC banyak digunakan di berbagai aplikasi industri, teknis dan sehari-hari, termasuk penggunaan secara luas dalam aplikasi bangunan, transportasi, pengemasan, listrik, elektronik dan perawatan kesehatan. Selain itu, bahan PVC dinilai memiliki kualitas yang tahan lama sehingga banyak digunakan diberbagai aplikasi, baik dalam bentuk kaku maupun fleksibel.

Anda bisa mengetahui secara lengkap dan detail dari artikel ini. Yuk, langsung pahami dan ketahui bahan PVC secara luas lagi agar menambah pengetahuan Anda.


Mengenal Bahan PVC: Jenis, Kegunaan dan Kelebihannya


Pengertian PVC


Sumber gambar : chemceed.com

PVC adalah singkatan dari Polyvinyl Chloride dan salah satu plastik yang paling umum digunakan.  PVC memiliki sifat yang tidak berbau, padat, rapuh dan umumnya berwarna putih. Sekarang ini, bahan PVC menempati peringkat ketiga sebagai plastik yang paling banyak digunakan di dunia setelah polietilen dan polipropilen.

PVC telah ada lebih lama dari kebanyakan plastik. Pertama kali disintesis pada tahun 1872 dan diproduksi secara komersial oleh B.F. Goodrich Company pada tahun 1920-an. Sebagai perbandingan, banyak plastik umum lainnya pertama kali disintesis dan layak secara komersial, tapi hanya bertahan pada tahun 1940-an dan 1950-an saja.

PVC paling sering digunakan dalam industri konstruksi dan juga digunakan untuk tanda, aplikasi perawatan kesehatan dan serat untuk pakaian. PVC secara tidak sengaja ditemukan dua kali, sekali pada tahun 1832 oleh ahli kimia Prancis Henri Victor Regnault dan kemudian ditemukan kembali pada tahun 1872 oleh seorang pria Jerman bernama Eugene Baumann.


Karakteristik PVC


Sumber gambar : herculite.com

PVC memiliki sifat unik yang membuatnya cocok untuk banyak kegunaan. Ketahui karakteristik bahan PVC dari daftar berikut ini :

· Kepadatan tinggi : Kepadatan PVC adalah 1,38 g/cm3.

· Biaya rendah : Ekonomis ramah dan terjangkau.

· Daya tahan yang baik : PVC dapat bertahan hingga 40 tahun.

· Kekuatan tinggi : Kekuatan tarik tinggi (2,6 N/mm2) yang berarti dibutuhkan banyak tenaga untuk meregangkannya dan mematahkannya.

· Isolator listrik yang sangat baik : PVC tidak menghantarkan listrik, membuatnya bagus untuk isolasi listrik.

· Tahan api : Ketika PVC terbakar, perlahan-lahan memadamkan api karena mengandung klorin dan kandungan oksigen rendah yang digabungkan tidak baik untuk api.


Kegunaan PVC


Sumber gambar : http://dinghyconcepts.com/

PVC sangat serba guna, dalam artian bahan ini bisa kaku seperti pipa industri, lentur seperti bungkus plastik, setipis dan fleksibel seperti pelapis dinding. Bahan ini dapat dicocokkan dengan warna apa pun yang diinginkan. Ketahuilah PVC dapat digunakan sebagai bahan dari beberapa produk di bawah ini :

1. Bangunan dan konstruksi

Sekitar tiga perempat dari semua PVC yang diproduksi digunakan untuk aplikasi bangunan dan konstruksi yang tahan lama. Studi Life-cycle menunjukkan PVC/vinil efektif dalam melindungi lingkungan, dalam hal emisi gas rumah kaca yang rendah dan konservasi sumber daya dan energi.

Sifatnya yang kuat dan tahan terhadap kelembaban dan abrasi, PVC sangat ideal untuk cladding, jendela, atap, pagar, penghiasan, pelapis dinding dan lantai. PVC tidak menimbulkan korosi seperti beberapa bahan bangunan, tidak perlu sering dicat dan dapat dibersihkan dengan produk pembersih ringan.

2. Pengkabelan

PVC mampu bertahan dalam kondisi sulit di balik dinding bangunan, seperti paparan terhadap perubahan suhu dan kelembaban selama masa pakai bangunan. Akibatnya, ini adalah salah satu bahan yang paling umum dan terpercaya yang digunakan dalam kabel dan kabel listrik.

3. Pipa air

PVC membantu menghemat energi dan air dengan menciptakan pipa yang hampir bebas kebocoran yang tidak rentan terhadap korosi dan tahan terhadap tekanan lingkungan. Tingkat kerusakan PVC 1% dari tingkat kerusakan sistem logam cor. Kurangnya penumpukan dalam pipa PVC meningkatkan fungsionalitas dan meningkatkan efisiensi energi.

4. Packaging

Karena tahan lama, dapat diandalkan dan ringan, PVC fleksibel membantu pengemasan untuk menjaga keutuhan produk di dalamnya, termasuk obat-obatan. PVC dalam bentuk bening digunakan dalam obat bebas dan bungkus untuk produk konsumen yang tahan terhadap kerusakan. PVC kaku digunakan dalam kemasan blister dan clamshell untuk melindungi obat-obatan, produk perawatan pribadi dan barang-barang rumah tangga lainnya.

5. Kesehatan

PVC memainkan peran keamanan penting dalam mengeluarkan obat yang menyelamatkan jiwa melalui kantong IV dan tabung medis. Munculnya kantong pengumpul darah PVC merupakan terobosan yang signifikan karena kantong darah fleksibel dan tidak mudah pecah, meningkatkan pengembangan obat rawat jalan dan berfungsi sebagai dasar untuk bank darah modern.

6. Peralatan olahraga

Memiliki keunggulan yang tahan lama, awet dan fleksibel membuat PVC juga banyak digunakan untuk peralatan olahraga, terutama untuk peralatan yoga dan gym.

7. Produk Rumah Tangga

Keterjangkauan, daya tahan, dan ketahanan air PVC membuatnya ideal untuk jas hujan, sepatu bot dan tirai shower karakteristik PVC.




Jenis PVC


Sumber gambar : ebay.co.uk

Polivinil Klorida tersedia secara luas dalam dua kategori besar, yaitu fleksibel dan kaku. Namun dari kedua itu, ternyata masih ada lagi jenisnya, seperti CPVC, PVC-O dan PVC-M.

· Plasticized atau Flexible PVC (Density: 1.1-1.35 g/cm3): Flexible PVC dibentuk dengan penambahan plasticizer yang kompatibel ke PVC yang menurunkan kristalinitas. Plasticizer ini bertindak seperti pelumas sehingga menghasilkan plastik yang jauh lebih jernih dan fleksibel. Jenis PVC ini kadang-kadang disebut sebagai PVC-P.

· Unplasticized atau PVC Kaku (Kepadatan: 1,3-1,45 g/cm3): Ini adalah plastik kaku dan hemat biaya dengan ketahanan tinggi terhadap benturan, air, cuaca, bahan kimia, dan lingkungan korosif. Jenis PVC ini juga dikenal sebagai UPVC, PVC-U atau uPVC.

· Diklorinasi Polivinil Klorida atau perklorovinil: Ini dibuat dengan klorinasi resin PVC. Kandungan klorin yang tinggi memberikan daya tahan tinggi, stabilitas kimia dan tahan api. CPVC dapat menahan rentang suhu yang lebih luas.

· PVC Berorientasi Molekuler atau PVC-O: Ini dibentuk dengan menata ulang struktur amorf PVC-U menjadi struktur berlapis. PVC berorientasi bi-aksial telah meningkatkan karakteristik fisik (kekakuan, ketahanan lelah, ringan, dll.).

· Modifikasi PVC atau PVC-M: Ini adalah paduan PVC yang dibentuk dengan penambahan zat pengubah, menghasilkan peningkatan ketangguhan dan sifat benturan.


Kelebihan PVC


Sumber gambar : nrs.com

PVC memberikan serangkaian keunggulan penting bagi industri yang telah mengukuhkan posisinya sebagai salah satu plastik paling populer dan banyak digunakan di pasar. Keunggulan tersebut antara lain:

1. Relatif murah dan tersedia secara luas

Dengan rasio biaya terhadap kinerja yang solid, PVC adalah pilihan yang tepat secara ekonomis. Dalam perpipaan, PVC sering dipilih daripada bahan yang lebih mahal seperti tembaga karena melakukan pekerjaan yang sama baiknya dengan biaya yang lebih murah. PVC juga banyak ditemui karena sangat murah untuk diproduksi.

2. Tahan lama

PVC ringan, tapi tahan lama. Rata-rata bahan PVC bisa bertahan sekitar 35 tahun. Ini tahan terhadap guncangan, korosi, dan penuaan cuaca. Ini sangat ringan, membuat penggunaan yang sangat baik dalam konstruksi, pengemasan, dan pemasangan kabel.

3. Kekuatan tarik tinggi

Kekuatan tarik adalah kemampuan untuk tetap utuh ketika ditarik ke arah yang berlawanan. Karena ikatan kuat yang ditemukan dalam struktur kimia PVC, PVC tidak mudah putus. Tingkat kerusakan bahan PVC secara signifikan lebih rendah dibandingkan dengan bahan lainnya.

4. Isolasi

PVC berfungsi sebagai isolator yang sangat baik dan tidak menghantarkan listrik, sehingga baik untuk pemasangan kabel dan pembuatan bahan konstruksi.

5. Tahan api

Sebagai penghambat api, PVC dapat menghentikan intensitas dan penyebaran api. Mengapa? Karena memiliki kombinasi klorin tanpa banyak oksigen. Limited Oxygen Index (LOI) mengukur persentase minimum oksigen dalam atmosfer yang mendukung pembakaran suatu bahan. Jika material memiliki LOI di atas 21%, kemungkinan kecilnya akan terjadi kebakaran. LOI PVC di atas 27% kecil kemungkinannya untuk menyebabkan kebakaran.


Kekurangan PVC


Sumber gambar : weirdworm.com

Sementara PVC memiliki sejumlah keunggulan yang menjadikannya bahan yang dbanyak digunakan, ada beberapa alasan untuk berhati-hati. Kerugian yang harus Anda perhitungkan saat menggunakan PVC antara lain:

1. Tidak ramah lingkungan

PVC tidak dapat terurai secara hayati yang menjadikannya polutan lingkungan. Ini menyebabkan polusi bagi tanah karena plastik tidak hancur. Selain itu, PVC menyebabkan polusi udara karena ketika dibakar, ia mengeluarkan dioksin dan hidrogen klorida, bahan kimia yang sangat beracun ke lingkungan.

2. Penyebab masalah kesehatan dan keselamatan

Karena bahan kimia beracun yang dikeluarkan oleh PVC selama proses pembuatan, penggunaan dan pembuangannya, PVC dapat menjadi ancaman bagi kesehatan manusia. Racun seperti ftalat dan dioksin menyebabkan berbagai penyakit, seperti ketidakseimbangan hormon, efek kesehatan pernapasan dan dalam kasus yang ekstrim adalah kanker.

3. Sensitivitas panas

PVC memiliki stabilitas termal yang rendah sehingga sensitif terhadap panas. Ketika mengalami tingkat panas yang tinggi secara konsisten, bahan ini akan menyusut. 

Meskipun ada beberapa kekurangan, Polyvinyl Chloride adalah bahan yang sangat baik secara keseluruhan. Bahan ini memiliki perpaduan unik dari kualitas yang membuatnya sangat berguna untuk berbagai macam industri.

Nah, itulah tadi pembahasan lengkap tentang bahan PVC dari mulai pengertian, karakteristik, penggunaan, jenis dan kelebihan serta kekurangannya. Semoga artikel ini membantu pengetahuan Anda tentang berbagai macam bahan yang sering digunakan dalam dunia industri.


Referensi :

Bpf. Polyvinyl Chloride PVC.

Plasticsheetsshop. What is PVC?

Watsonwolfe, (2021). Everything You Need To Know About PVC.

Creativemechanisms, (2016). Everything You Need To Know About PVC Plastic.

Chemicalsafetyfacts. Polyvinyl Chloride.

Omnexus, Comprehensive Guide on Polyvinyl Chloride (PVC).

Rugpadusa, (2021). PVC: WHAT IS IT, HOW IS IT MADE, AND WHAT IS IT USED FOR?

Picture image original by nrs.com