Blog

Image

FITS EVA Belt Sabuk Gym (Ulasan Lengkap)

August 30th, 2021

sfidnfits.com - FITS EVA Belt Sabuk Gym adalah jenis sabuk gym atau angkat beban yang terbuat dari bahan ethylene-vinyl acetate (EVA). Bahan ini sangat lembut dan fleksibel, sehingga sangat aman dan nyaman selama pemakaian. 

Sabuk gym ini mampu menopang otot perut Anda saat Anda menciptakan tekanan di rongga perut, termasuk tekanan yang berasal dari inhalasi, menahan napas, dan menegangkan otot perut.

Jika Anda mengangkat beban yang berat, penting untuk memiliki tekanan perut yang optimal. Semakin tinggi tekanannya, semakin banyak beban yang bisa Anda angkat. 

Namun, semakin banyak tekanan di perut, semakin banyak pula tekanan pada tulang belakang Anda, dan semakin keras otot perut Anda harus bekerja. Dengan menambahkan dukungan dari sabuk angkat besi berbahan EVA ini, dapat membantu mencegah cedera pada tulang belakang Anda.

Selain kualitas bahan dan manfaat yang ditawarkannya, FITS EVA Belt Sabuk Gym juga memiliki desain unik dan menarik yang membuat Anda lebih percaya diri selama latihan. Yuk, kenali lebih banyak tentang salah satu aksesoris fitness terbaik yang satu ini!

Ulasan lengkap tentang FITS EVA Belt Sabuk Gym 

Bahan


Terlihat jelas dari namanya, FITS EVA Belt Sabuk Gym terbuat dari bahan EVA 100%, yaitu ethylene-vinyl acetate atau dikenal juga sebagai polyethylene-vinyl-acetate (PEVA).  

EVA adalah kopolimer dari etilena dan vinil asetat yang menghasilkan bahan "seperti karet" yang sangat lembut dan fleksibel. Bahkan, bahan elastomer berpori ini diprediksi tiga kali lebih fleksibel daripada polietilen densitas rendah (LDPE) dengan perpanjangan tarik 750% dan suhu leleh tertingginya 250 °F (96 °C).

Oleh sebab itu, bahan EVA memiliki keunggulan yang mencakup:

  1. Memiliki kejernihan dan kilap yang baik. 
  2. Ketahanan yang tinggi dalam suhu rendah.
  3. Ketahanan yang tinggi dari radiasi UV. 
  4. Anti-retak terhadap tegangan.
  5. Bersifat tahan air, sehingga mudah menahan tumpahan maupun keringat.
  6. Tahan terhadap bahan kimia.
  7. Sangat lembut, fleksibel, dan tahan lama.
  8. Tidak mengandung racun.


Fungsi FITS EVA Belt Sabuk Gym


FITS EVA Belt Sabuk Gym berfungsi sebagai penyangga otot-otot Anda, khususnya punggung, pinggang, dan otot perut selama latihan angkat besi atau beban. 

Sabuk angkat besi pada dasarnya memiliki dua tujuan utama, yaitu meredakan stres pada otot punggung bawah dan mencegah kemungkinan hiperekstensi ketika Anda mengangkat beban di atas kepala. Artinya, sabuk gym ini dapat melindungi Anda dari cedera selama latihan.

Beberapa keuntungan lainnya yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan FITS EVA Belt Sabuk Gym adalah: 

  1. Meningkatkan tekanan intra-abdomen.
  2. Memberikan stabilitas pada tulang belakang. 
  3. Mencegah tulang belakang cedera akibat keruntuhan selama mengangkat besi.
  4. Memberikan dorongan ke perut, sehingga tekanan di perut meningkat.
  5. Membatasi rentang gerak pada area lumbar (tulang belakang).
  6. Memungkinkan untuk melakukan angkat jongkok dengan cara yang lebih baik.
  7. Mengurangi tekanan di punggung bawah.
  8. Membantu menjaga posisi punggung yang tepat.
  9. Menjaga otot-otot tetap hangat.
  10. Meningkatkan kinerja otot erektor tulang belakang.
  11. Mengurangi tingkat penyusutan tulang belakang.
  12. Memberikan rasa aman, nyaman, dan meningkatkan kinerja latihan.
  13. Menciptakan biomekanik tubuh yang lebih baik.
  14. Meningkatkan aktivitas otot, yang pada akhirnya meningkatkan pertumbuhan otot.


Spesifikasi

FITS EVA Belt Sabuk Gym memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  1. Warna: hitam, merah, dan biru.
  2. Masing-masing tersedia dalam 2 ukuran, yaitu:
    • M = 82 cm – 94 cm (32 inch - 37 inch)
    • L = 91 cm – 102 cm (36 inch - 40 inch).
  3. Lebar pad bagian belakang: 15 cm.


Fitur FITS EVA Belt Sabuk Gym


FITS EVA Belt Sabuk Gym memiliki berbagai fitur untuk mendukung latihan lifting Anda menjadi lebih baik, di antaranya:

1. Bahan 100% EVA berkualitas

Tidak tanggung-tanggung, FITS EVA Belt Sabuk Gym dibuat dari 100% EVA (ethylene-vinyl acetate) yang memiliki banyak keunggulan. 

Beberapa yang penting adalah sangat lembut dan fleksibel. Bahan ini dijamin tidak membuat kulit Anda mudah mengalami kemerahan atau rasa tidak nyaman selama latihan.

Karena bahannya yang sangat lembut, fleksibel, dan kuat, sabuk gym ini dapat mendukung dan meningkatkan performa latihan lifting Anda.

2. Sistem tali velcro dilengkapi dengan gesper logam

FITS EVA Belt Sabuk Gym dilengkapi dengan sistem tali velcro yang dapat disesuaikan dan merekat kuat di lingkar pinggang Anda. 

Selain itu, diperkuat dengan adanya gesper logam agar pas di tubuh Anda. Oleh karena itu, sabuk gym ini dapat memberikan dukungan yang kencang di area perut Anda. 

3. Pad belakang yang lebar

Bagaimana dengan ukuran pad sabuknya? Anda tidak perlu khawatir, karena FITS EVA Belt Sabuk Gym memiliki pad busa di bagian belakang dengan lebar 15 cm, sehingga bisa meningkatkan dukungan dan mempertahankan punggung Anda tetap lurus saat latihan. 

4. Desain keren dan lebih percaya diri

FITS EVA Belt Sabuk Gym juga memiliki desain yang unik dan keren. Anda tidak akan mati gaya selama memakai sabuk ini saat latihan di gym atau fitness center lainnya. Anda pun merasa jauh lebih aman dan bebas dari rasa khawatir akan cedera saat mengangkat beban yang sangat berat sekalipun. 

Cara memakainya


Jika Anda masih bingung cara menggunakan FITS EVA Belt Sabuk Gym, berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan FITS EVA Belt Sabuk Gym di pinggang. Upayakan tepat di atas tulang pinggul Anda agar kontak penuh dengan otot-otot bagian belakang, depan, dan samping tubuh Anda. 
  2. Mulai tarik napas sambil mengencangkan sabuk fitness Anda. Pastikan Anda tidak merasa sesak dan tersedia ruang yang cukup untuk perut bisa mengembang. Hal ini untuk menciptakan penyangga dan ketegangan otot yang baik. Setelah itu, cobalah bernapas seperti biasa.
  3. Kemudian, tarik napas dalam-dalam, lalu lenturkan perut dan punggung bagian bawah Anda. Tahan posisi ini selama lifting.


Informasi tambahan

Sabuk angkat besi harus dipakai dengan ketat untuk memaksimalkan fungsi dan kegunaannya. Namun ingat, Anda tidak boleh menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa angkat besi sendiri dapat meningkatkan tekanan darah tinggi dan memakai sabuk pinggang yang ketat selama latihan dapat semakin meningkatkannya. 

Karena alasan ini, sabuk angkat besi hanya boleh digunakan dalam dua kesempatan utama, yaitu: 

  1. Saat melakukan pengangkatan maksimal atau submaksimal dalam latihan seperti squat atau deadlift, di mana beban ditopang oleh punggung Anda.
  2. Saat melakukan latihan yang berisiko menyebabkan punggung hiperekstensi, seperti pers militer.


Terakhir yang tidak kalah penting adalah kendurkan sabuk pinggang Anda agar tekanan darah kembali stabil di antara set latihan.

Inilah sederet informasi penting yang perlu Anda ketahui tentang FITS EVA Belt Sabuk Gym. Jika Anda ingin memberikan dukungan esktra untuk otot perut dan punggung bawah, serta memaksimalkan latihan lifting Anda, FITS EVA Belt Sabuk Gym dapat menjadi pilihan yang terbaik. 

Unggul dalam kualitas dan manfaatnya, membuat sabuk berbahan EVA ini menjadi favorit banyak olahragawan. Segera dapatkan FITS EVA Belt Sabuk Gym di website resmi SFIDN FITS dan E-commerce favorit Anda sekarang juga!  


Referensi:

AQF Sports (2020). The Definitive Weightlifting Belts Guide (2020).
Bar Bend (2021). How To Wear A Weightlifting Belt To Lift More Weight Safely.
Curbell Plastics. EVA.
Plastics Insight. Ethylene-Vinyl Acetate (EVA): Production, Market, Price and its Properties.
Rafacz et al. 1996. Wearing an Abdominal Belt Increases Diastolic Blood Pressure. Journal of Occupational & Environmental Medicine. 38 (9): 925-927.
Very Well Fit (2020). Should You Use a Weight Belt for Lifting?
Wikipedia. Ethylene-vinyl acetate.