Blog

Image

3 Jenis Yoga Block, Ketahui Bedanya Sebelum Membeli!

November 11th, 2021

sfidnfits.com – Bagi Anda pecinta yoga, atau sedang melakukan olahraga jenis ini tentu sudah tidak asing dengan Yoga Block, bukan? Secara singkat yoga block adalah alat peraga yoga yang digunakan untuk menambah tantangan pada pose, membantu penyelarasan dan melepaskan ketegangan.

Yoga block sebenarnya bukanlah alat yang harus terus digunakan selama Anda yoga. Hanya saja, alat ini sangat membantu untuk pemula, dan bagi mereka yang mengalami cedera atau keterbatasan fisik. Yoga block juga digunakan oleh orang yang sudah mahir untuk mempelajari pose baru yang menantang dengan aman.


3 Jenis Yoga Block, Ketahui Bedanya Sebelum Membeli!


Yoga block mungkin terlihat sama, tapi alat ini memiliki tiga jenis yang berbeda. Ketiganya ini memiliki perbedaan dari segi bentuk, ukuran dan bahan, yang mana semua itu menentukan beberapa hal, seperti:

· Seberapa berat yoga block?

· Berapa lama yoga block bisa digunakan?

· Apakah mudah dibawa saat latihan?

· Apakah yoga block dapat menahan berat badan Anda dalam keseimbangan lengan?

Selain itu, karakteristik seperti kepadatan atau desain dapat menentukan fungsi utama yoga block. Yoga block yang lebih lembut lebih baik untuk meregangkan dan membangun fleksibilitas. Sebaliknya, yang kuat dan kokoh adalah yang terbaik untuk melatih pose inversi dan keseimbangan lengan.

Dari semua itu, maka Anda harus tahu jenisnya. Simak ulasannya di bawah ini agar paham!

1. Bentuk yoga block


Sumber gambar: amazon.com

Yoga block memiliki empat bentuk yang berbeda satu sama lain. Yoga block yang berbentuk kubus biasanya adalah bentuk tradisional yang banyak digunakan untuk aktivitas latihan yoga. Namun, semakin berkembangnya zaman, perkembangan yoga block juga memiliki bentuk semakin banyak. Yoga block berbentuk telur, setengah lingkaran dan irisan adalah perkembangannya.

Yoga block berbentuk telur sangat berguna untuk postur berbaring dan tikungan belakang karena desainnya yang melengkung.

Yoga block dengan bentuk setengah lingkaran sangat bagus untuk menyeimbangkan lengan Anda selama latihan berlangsung.

Yoga block irisan, atau yang dikenal dengan yoga block wedge dibuat secara eksplisit sebagai dukungan tambahan untuk pergelangan tangan yang sakit.

 

2. Ukuran yoga block


Sumber gambar: indonesian.alibaba.com

Blok yoga umumnya tersedia dalam tiga ukuran utama untuk mengakomodasi kebutuhan orang dengan berat dan tinggi badan yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui yang cocok untuk Anda gunakan.

· Ukuran 3 inci

Blok 3 inci tersedia dalam ukuran 3'' x 6'' x 9''. Ukuran ini dirancang untuk orang-orang dengan tubuh yang lebih kecil karena balok 4 inci mungkin terlalu lebar untuk mereka. Jika Anda ingin melakukan pose yang mengharuskan Anda untuk membuat ruang dalam pose Anda, seperti mountain pose dan pierce pose, maka Anda pasti membutuhkan yoga block yang lebih kecil.

Yoga block ini berguna selama yoga restoratif karena tinggi badan memainkan peran utama dalam bagaimana sesi latihan disesuaikan. Ukuran ini juga yang paling ekonomis karena ukuran yang lebih besar lebih mahal.

· Ukuran 4 inci

Yoga block dengan ukuran 4 inci adalah ukuran standar yang tersedia dalam berbagai bahan. Ukuran ini digunakan secara universal oleh praktisi berukuran rata-rata dan ditemukan di setiap studio.

· Ukuran 5 inci

Yoga block berukuran 5'' x 12'' x 6,75'' sangat cocok untuk praktisi yang tinggi dan lebih besar. Beberapa orang terlalu tinggi untuk ukuran standar. Yoga block 5 inci adalah yang terbaik untuk mereka.

Namun, perlu diingat bahwa ukuran ini tidak terbatas pada orang-orang tinggi saja karena para yogi yang berlatih pada tingkat kelenturan tinggi juga menganggap ukuran ini sangat bermanfaat. Menggunakan yoga block 5 inci dapat meningkatkan pernapasan dalam dalam pose seperti prasarita padottanasana dan mendorong tulang belakang yang netral. Ukuran ini juga cukup stabil dan cenderung tidak tergelincir saat Anda berlatih.

 



3. Bahan yoga block

Yoga block memiliki tiga jenis bahan yang berbeda, yakni kayu, gabus dan busa. Tiga bahan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

· Yoga block berbahan kayu


Sumber gambar: ayurvedayogaworld.com

Yoga block kayu adalah jenis klasik yang digunakan jauh sebelum yoga block gabus dan busa dibuat. Bahan kayu memiliki harga yang cukup mahal karena itulah Anda harus memilihnya dengan hati-hati. Yoga block dengan bahan kayu ini tebal dan berat, yang membuat Anda tidak akan tergelincir saat menggunakannya. Namun, karena berat membuat jenis ini merepotkan untuk dibawa.

Selain itu, keunggulan yang paling dimiliki dari bahan ini adalah paling tahan lama dari semua bahan yang ada. Yoga block kayu sangat bagus untuk latihan keseimbangan dan membangun kekuatan. Namun, perlu diingat bahwa yoga block ini mungkin keras pada tulang belakang, dan oleh karena itu tidak dianjurkan untuk backbends atau yoga restoratif.

 

· Yoga block berbahan gabus


Sumber gambar: indonesian.alibaba.com

Gabus adalah bahan alami dan ramah lingkungan yang lebih murah dan lebih ringan dari kayu. Yoga block gabus masih tahan lama dan kokoh, dan tidak akan jatuh saat ditekan.

Dibandingkan dengan yoga block kayu, yoga block gabus tidak semulus dan mungkin memiliki tekstur yang agak terkelupas. Berkat itu, jenis ini sangat nyaman untuk digenggam, tidak licin bahkan saat basah, dan mudah ditumpuk satu sama lain.

Kerugiannya, karena permukaannya yang keropos, gabus lebih sulit dibersihkan daripada busa dan kayu. Yoga block gabus menyerap kelembaban dan keringat, yang dapat membahayakan integritas blok. Jika Anda membeli yoga block gabus berkualitas rendah, besar kemungkinan mudah hancur di sudut-sudutnya. Yoga block bahan gabus masih berat untuk dibawa bepergian atau bahkan dibawa ke studio yoga. Yoga block ini juga mungkin merasa terlalu kuat bagi sebagian orang untuk berbaring.

 

· Yoga block berbahan busa


Sumber gambar: indonesian.alibaba.com

Yoga block busa banyak ditemukan di studio yoga mana pun. Jenis bahan ini sangat terjangkau, sangat ringan, dan bagus untuk yogi pemula. Yoga block busa cenderung lebih lembut dan licin jika dibandingkan dengan blok yoga gabus atau kayu, dan paling lembut untuk menopang tulang belakang dan panggul Anda dalam pose restoratif. Selain itu, Yoga block ini juga mudah dibersihkan dan dibawa kemana pun.

Salah satu kelemahan terbesar adalah bahwa beberapa blok busa yang lebih murah mungkin tipis, tidak dapat menopang berat badan Anda, dan bahkan mungkin mudah penyok atau runtuh. Itulah mengapa banyak para yogi yang menghindari yoga block dengan bahan ini. Blok yoga yang terbuat dari busa juga merupakan pilihan yang paling tidak ramah lingkungan kecuali jika dibuat dari bahan daur ulang.

Penggunaan yoga block benar-benar dapat membantu Anda mempertahankan postur yang baik saat Anda latihan. Yoga block sangat penting karena dapat membantu Anda bernapas dan tetap seimbang, bahkan saat Anda melakukan pose paling sulit. Oleh karena itu, miliki alat ini untuk menunjang latihan Anda. Dapatkan yoga block berukuran sempurna yang terbuat dari bahan berkualitas dari produk kami. Anda dapat melihat detail produknya dari website ini, atau melalui marketplace yang tersedia.

 

Referensi:

Yogabaron. 6 Different Types of Yoga Blocks (Plus How To Use Them).

Yogakali, (2020). Here's Everything You Need To Know About Yoga Blocks.

Yogabasics, (2020). HOW TO CHOOSE THE PERFECT YOGA BLOCK.