Blog

Image

9 Langkah Mempelajari Cara Bermain Sepak Bola yang Benar

March 8th, 2022

sfidnfits.com – Dari dulu sampai sekarang, sepak bola selalu menjadi topik yang terus dibicarakan banyak orang. Tahukah Anda kenapa alasannya? Alasan utama popularitas sepak bola adalah karena kesederhanaannya dan betapa mudahnya bermain bagi hampir semua orang.

Untuk bermain sepak bola, Anda perlu mengetahui aturan permainan dan bagaimana struktur permainannya. Anda juga perlu mempelajari keterampilan dan posisi yang diperlukan para pemain di lapangan. Saat mempelajari cara bermain sepak bola, Anda juga perlu menghabiskan waktu di lapangan untuk bermain sepak bola.

Artikel ini akan menjelaskan semua informasi dasar yang Anda butuhkan untuk bermain sepak bola. Dan, panduan ini juga dapat digunakan jika Anda yang ingin mahir dalam permainan atau olahraga sepak bola ini. Berikut langkah mempelajari cara bermain sepak bola.


9 Langkah Mempelajari Cara Bermain Sepak Bola yang Benar


1. Tahu dan paham aturan sepak bola


Mengetahui aturan sepak bola adalah dasar untuk dapat memainkan permainan. Aturan dasar sepak bola bisa Anda simak dari daftar berikut:

· Tim yang mencetak atau menang melawan yang lain dengan gol terbanyak adalah pemenangnya

· Bola harus melewati garis gawang untuk mencetak gol

· Tanpa masalah, periode permainan sepak bola adalah 90 menit

· Sebuah permainan dibagi menjadi dua bagian dari 45 menit

· Setiap regu hanya boleh memiliki 11 pemain

· Dalam permainan sepak bola, setiap tim harus memiliki minimal 7 pemain

· Hanya penjaga gawang yang berhak menyentuh bola dengan tangannya, jika ada pemain tim lain yang melakukannya, maka itu akan dianggap sebagai pelanggaran

· Jika bola dikeluarkan dari permainan, pihak lawan akan memasukkannya kembali

· Setiap permainan yang dianggap tidak bertanggung jawab, sembrono, atau terlalu keras dianggap sebagai pelanggaran

· Tendangan penalti akan diberikan kepada tim lawan jika pelanggaran dilakukan.

 

2.  Mempelajari posisi pemain


Hal kedua yang perlu diperhatikan dalam bermain sepak bola adalah posisi pemain di lapangan. Jumlah maksimum pemain yang dapat dimiliki sebuah tim di lapangan pada waktu tertentu adalah 11, sebagaimana dinyatakan dalam aturan.

Satu-satunya pengecualian untuk aturan ini adalah dalam pertandingan sepak bola remaja. Pertandingan sepak bola remaja sering dimainkan di lapangan yang lebih kecil dari lapangan ukuran penuh. Karena ruang yang terbatas, ada lebih sedikit pemain di lapangannya.

Ada empat posisi utama dalam sepak bola:

· Goalkeeper (Penjaga gawang)

Goalkeeper adalah pemain yang bertugas mencegah pihak lawan mencetak gol. Mereka diposisikan di depan gawang tim mereka dan sebagian besar berada di dalam kotak penalti.

Untuk menjadi seorang goalkeeper, seseorang harus siap untuk menempatkan dirinya di antara bola dan juga gawang yang dipertahankannya dalam keadaan apapun. Ia juga harus memiliki refleks yang cepat, serta kemampuan untuk mengirimkan bola secara efisien ke seluruh pasukannya.

 

· Defense (Pemain bertahan)

Tugas pemain bertahan adalah menjaga bola dan pemain tim lawan agar tidak mendapatkan akses ke gawang tim mereka. Mencoba mengatasi pertahanan membutuhkan pemain bertahan untuk menjadi kuat dan percaya diri.

Mereka harus terus-menerus menyadari posisi semua pemain lain di lapangan. Mereka juga harus bersedia untuk menggantikan anggota lain dari pasukan mereka jika perlu.

 

· Midfield (Pemain tengah/gelandang)

Midfield adalah pemain yang berfungsi sebagai penghubung antara pemain bertahan dan juga pemain penyerang. Dalam perjalanannya dari belakang menuju depan lapangan sepak bola, bola sering melewati pemain lini tengah.

Midfield sering bertugas melancarkan serangan. Seorang pemain harus sehat secara fisik untuk bermain di tengah.

Mereka sering bertahan lebih lama di skuad daripada hampir semua pemain lain. Kemampuan passing seorang pemain tengah juga penting karena mereka bertanggung jawab untuk menggerakkan bola di sekitar lapangan.

 

· Forwards (Pemain depan/penyerang)

Penyerang tim sepak bola sangat berkomitmen untuk mencetak dan menciptakan gol. Mereka dekat dengan gawang lawan dan mencoba untuk mencetak gol bila memungkinkan. Untuk bermain maju dalam sepak bola, seorang pemain harus bertujuan untuk menciptakan peluang untuk menembak ke gawang.

Untuk meningkatkan peluang mereka mendapatkan bola dan mendapatkan bidikan, mereka harus terus-menerus mencari dan maju ke ruang terbuka. Mereka harus memperhatikan di mana pemain lain, terutama penjaga gawang berada di lapangan.

 

3. Memahami struktur permainan


Struktur permainan sepak bola itu mirip, tetapi tidak persis sama dengan olahraga tim lainnya. Untuk memulainya, pertandingan sepak bola berlangsung selama total 90 menit.

Ini dibagi menjadi dua bagian masing-masing 45 menit. Beberapa olahraga menggunakan perempat, sepak bola membagi permainan menjadi dua bagian.

Selama pertandingan sepak bola tidak ada timeout,  hanya interval penyegaran sesekali jika wasit menganggapnya perlu. Tidak seperti dalam olahraga tim lainnya, jam dalam sepak bola tidak berhenti berjalan. 

Jika ada cedera atau penghentian lain dalam permainan, wasit akan melacak berapa lama permainan berhenti. Wasit kemudian akan menambahkan waktu ini ke akhir babak.

Inilah sebabnya mengapa Anda kadang-kadang akan melihat permainan berakhir setelah 92, 93, atau 94 menit daripada berhenti pada tanda 90 menit.

Selama pertandingan turnamen, ada juga kemungkinan tambahan waktu ditambahkan ke akhir pertandingan jika permainan berakhir seri. Hal ini dikarenakan perlunya penentuan pemenang dalam kompetisi knockout.

Jika hal ini terjadi, maka wasit akan menambah tambahan waktu bermain selama 30 menit hingga akhir pertandingan. Jika skor masih imbang pada akhir ini, maka kompetisi tendangan penalti, atau adu penalti akan berlangsung sampai pemenang ditetapkan.

 

4. Miliki peralatan yang tepat


Hal berikutnya yang Anda butuhkan untuk bermain sepak bola adalah peralatan yang benar. Anda tidak dapat bermain sepak bola tanpa peralatan yang tepat.

Dan satu-satunya peralatan yang lebih penting dari apapun adalah bola sepak. Tanpa bola sepak, Anda hanya akan memiliki sekelompok orang yang berlarian di sekitar lapangan.

Anda tidak perlu membeli bola desain jika Anda baru mulai bermain sepak bola. Setelah Anda memiliki bola, Anda harus mempertimbangkan apa yang akan Anda kenakan.

Namun, saat Anda terlibat dalam permainan terstruktur, kemungkinan besar Anda akan diminta untuk berpakaian dengan cara tertentu. Di sebagian besar pertandingan sepak bola, seorang pemain harus mengenakan barang-barang berikut:

· Jersey tim

· Celana pendek

· Kaos kaki panjang

· Pelindung tulang kering

· Sepatu atau alas kaki sepak bola yang sesuai

Barang atau perlengkapan tersebut digunakan untuk menunjang permainan dan keselamatan pemain.

 

5. Mempelajari keterampilan dasar


Kini saatnya memperoleh kemampuan dasar yang diperlukan untuk menjadi efisien di lapangan setelah Anda mengetahui posisi sepak bola, struktur, dan peralatan yang tepat.

Meskipun ada banyak keterampilan sepak bola yang berbeda untuk dipelajari, tapi kami telah membaginya menjadi tiga kategori untuk membantu Anda memulai.

· Mengoper bola

Salah satu kemampuan paling mendasar dalam sepak bola adalah mengoper bola secara efektif. Jika Anda dapat melakukannya dengan baik, Anda mungkin bisa menjadi salah satu pemain tim yang paling menonjol.

Untuk mengoper bola dengan benar, kaki Anda harus menciptakan permukaan yang agak datar, di mana Anda dapat mendorong bola ke arah pemain berikutnya tanpa bergerak ke arah yang salah.

Cara efektif untuk latihan adalah dengan melibatkan orang lain sehingga bisa mengoper bola bolak-balik dengannya. Namun, jika Anda tidak dapat menemukan seseorang untuk berlatih, memantulkan bola ke dinding sudah cukup.

Semakin banyak Anda berlatih ini, semakin nyaman Anda dengan bola. Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana bola berjalan, berapa banyak usaha yang diperlukan untuk menendangnya, dan bagaimana rasanya menangkap bola.

 

· Mencetak gol

Keterampilan berikutnya yang harus dikuasai adalah mencetak gol. Gol adalah aspek terpenting dalam sepak bola. Pasalnya, sepak bola dimenangkan oleh regu yang mencetak gol terbanyak. Jadi, Anda perlu latihan untuk melakukannya dan menemukan sasaran yang tepat untuk menendang bola.

Di lasir dari yoursoccerhome.com, ada lima hal yang perlu diingat saat mengambil bidikan, yaitu:

- Sebelum membidik, putuskan apa yang ingin Anda capai

- Lemparkan bola ke tempat yang Anda inginkan dengan jari-jari kaki Anda yang berdiri

- Untuk kekuatan maksimum, pukul bola dengan kaki bagian atas Anda

- Untuk akurasi maksimum, pukul bola dengan kaki bagian dalam Anda

- Untuk stabilitas, jaga agar lengan Anda tetap tinggi


· Mencari ruang

Yang dimaksud dengan “Mencari ruang” adalah tentang menyadari di mana ruang berada di sekitar Anda dan menempati ruang itu.  Hal ini berlaku baik dengan dan tanpa bola.

Ketika Anda memiliki bola di kaki Anda, Anda pasti ingin memindahkan bola ke ruang di sekitar Anda atau mengoper bola ke ruang angkasa di lapangan, di mana pemain lain di tim Anda dapat menerima bola.

Dalam permainan, banyak pemain yang begitu fokus pada diri mereka sendiri, atau bola sehingga mereka tidak menyadari ruang di sekitar mereka dan akhirnya hanya menabrak pemain lawan di sekitar mereka.

Pemain yang lebih baik sudah akan menyadari di mana ruang di sekitar mereka sebelum mereka menerima bola. Mereka akan segera pindah ke ruang itu sebelum pemain lawan.

Juga, cobalah bergerak ke luar saat pemain lain di tim Anda menguasai bola. Ini memberi pemain itu pilihan tempat untuk mengoper bola yang tidak akan mereka miliki jika pemain lawan mengepung mereka.

 



6. Tingkatkan kebugaran Anda


Agar sepak bola dapat dinikmati dan dimainkan secara efektif, Anda harus memiliki tingkat kebugaran tertentu. Jika Anda kehabisan energi di tengah permainan, maka sisa permainan tidak hanya akan menjadi kerja keras, tetapi Anda juga tidak akan berguna sebagai pemain untuk tim Anda.

Apa pun tingkat kebugaran yang Anda miliki, selalu ada ruang untuk ditingkatkan. Ada beberapa cara agar Anda tetap bugar, atau meningkatkan kebugaran Anda untuk bermain sepak bola. Namun, cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan mengikuti apa yang dilakukan para profesional sepak bola.

 

7. Temukan grup untuk bermain sepak bola bersama


Setelah Anda memahami permainan, memiliki peralatan yang Anda butuhkan, dan telah mengerjakan keterampilan dasar, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah bermain.

Pada tahap ini, yang terbaik adalah menemukan beberapa teman atau keluarga yang akan meluangkan waktu untuk pergi ke lapangan bersama Anda dan bermain sepak bola. Tidak masalah jika mereka tidak tahu banyak tentang permainan atau bukan yang terbaik. 

Yang penting adalah Anda mendapatkan kesempatan untuk mempraktikkan apa yang Anda pelajari. Semakin Anda melatih keterampilan Anda dalam pengaturan permainan dan merasa nyaman bermain sepak bola, maka semakin cepat kemampuan Anda akan meningkat.

 

8. Bergabunglah dengan tim kompetitif


Jika Anda ingin meningkatkan permainan sepak bola Anda dan membawanya ke level berikutnya, bergabung dengan tim adalah pilihan yang baik. Bergabung dengan tim berarti mencari tahu tim apa yang terbuka untuk bisa meningkatkan kemampuan Anda.

Ketika bergabung, maka Anda terlibat dalam beberapa tingkat komitmen. Anda diharapkan tersedia untuk ambil bagian dalam permainan hampir setiap minggu dan diharuskan berada di sana untuk setidaknya satu sesi latihan selama seminggu.

Bermain sepak bola kompetitif mendorong Anda untuk berkembang. Saat Anda bermain melawan pemain yang lebih baik dan mengamati apa yang mereka lakukan dan bagaimana mereka melakukannya, Anda akan melihat bagaimana Anda bisa bermain lebih baik sendiri.

 

9. Evaluasi dan tingkatkan kemampuan Anda


Meluangkan waktu dan mengevaluasi apa yang Anda lakukan adalah langkah terakhir dalam bermain sepak bola dengan baik. Jika Anda serius ingin meningkatkan keterampilan sepak bola, maka Anda akan berusaha.

Salah satu metode yang paling efektif untuk melakukannya adalah mengevaluasi kinerja Anda dengan jujur. Untungnya, ini dapat dilakukan dengan banyak cara. Mengamati pemain yang lebih baik dari Anda adalah metode yang bagus untuk meningkatkan kemampuan Anda sendiri.

Perhatikan apa yang mereka lakukan dan kemudian lakukan hal yang sama. Atau, pilihan yang lebih baik adalah meminta mereka untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukan apa yang mereka lakukan.

Dalam mengevaluasi dan menilai kinerja diri Anda sendiri, Akan sangat terbantu untuk meminta pendapat orang lain tentang apa yang perlu Anda tingkatkan.

Orang ini harus seseorang yang telah melihat Anda bermain dan memiliki pengetahuan dan pengalaman untuk mengetahui apa yang penting dalam seorang pemain sepak bola. Pelatih sepak bola Anda adalah orang yang ideal untuk ini dan ini juga akan membantu Anda untuk berkembang.

Mengetahui cara bermain sepak bola adalah titik awal untuk menjadi pemain hebat. Dengan informasi yang telah dijelaskan di atas, Anda bisa memulai melakukannya. Pelajari lebih lanjut tentang sepak bola, dan tonton setiap kompetisinya untuk membuat Anda lebih paham. Semoga membantu!

 

Referensi:

Yoursoccerhome. How to Play Soccer: A Step-By-Step Guide.

Authoritysoccer. How To Play Soccer? From Beginner to Pro in No Time.

Soccer training methods. How to Play Soccer, Rules and Basics about the Game.