Blog

Image

Soccer Ball: Jenis, Ukuran dan Panduan Memilih yang Tepat

March 4th, 2022

sfidnfits.comSoccer ball telah menjadi bagian yang paling penting dalam permainan, atau olahraga sepak bola. Tanpanya, Anda tidak akan pernah bisa bermain. Oleh karena itu, penting untuk tahu secara mendetail tentangnya, terutama jika Anda ingin membeli dan mendapatkan soccer ball terbaik

Beruntungnya, artikel ini akan membahas tentang soccer ball dan jika Anda penasaran dan ingin tahu tentang item ini, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

 

Soccer Ball: Jenis, Ukuran dan Panduan Memilih yang Tepat


Apa itu soccer ball?


Bola sepak, atau yang dikenal juga dengan nama soccer ball, football, dan association football ball adalah bola yang digunakan dalam olahraga sepak bola.

Bentuk bola, serta ukuran, berat, dan komposisi materialnya ditentukan oleh hukum atau aturan permainan yang dikelola oleh Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional. Sebagai tambahan, standar yang lebih ketat ditentukan oleh FIFA dan badan pengatur bawahan untuk bola yang digunakan dalam kompetisi yang mereka beri sanksi.

 

Jenis soccer ball

Cukup banyak jenis soccer ball yang tersedia dan semuanya dibedakan berdasarkan tujuan Anda menggunakannya. Anda bisa mengetahui jenisnya dari daftar dan ulasan berikut.

1. Premium match soccer balls


Sumber gambar: soccer.com

Jika Anda ingin bermain dengan yang terbaik, bola yang sama digunakan oleh para profesional dalam sebuah kompetisi adalah premium match soccer balls. Jenis ini digunakan di tanah yang kokoh. 

Premium match soccer balls telah disetujui FIFA, artinya bola tersebut telah memenuhi peringkat tertinggi yang dapat dicapai soccer ball berdasarkan kemampuannya untuk mempertahankan bentuknya, menahan udara, tampil dengan penerbangan yang benar dan konsisten, serta mencegah penyerapan air. Karena penggunaannya yang intens, jenis ini memiliki setidaknya 5 lapisan dan menggunakan bahan berkualitas tinggi. 

Seperti namanya, bola jenis ini dibuat untuk pertandingan dan hanya boleh digunakan untuk permainan tingkat tinggi atau mereka yang menginginkannya. Dengan kualitas yang dimiliki, jenis ini yang paling mahal.

 

2. Training match balls


Sumber gambar: soccer.com

Jenis training ball ini menjadi bola yang ideal untuk latihan dan penggunaan rekreasi. Training balls adalah jenis yang paling murah dan lebih tahan lama dibandingkan dengan premium match soccer balls karena dimaksudkan untuk terus digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Jenis bola ini biasanya dibuat dengan 4 lapisan atau lebih sedikit. Casing-nya terbuat dari bahan PVC yang membuat kualitasnya lebih rendah dibandingkan dengan soccer ball profesional.

Biasanya, panel bola latihan dicetak bersama dan tidak dijahit bersama. Jenis bola ini dapat menahan permukaan kasar, seperti aspal dan beton.

 

3. Turf soccer balls


Sumber gambar: soccer.com

Meskipun Anda akan melihat match soccer balls atau training balls digunakan di rumput sintetis atau rumput biasa, tapi Anda benar-benar harus mencoba bermain dengan bola yang dirancang khusus untuk permukaan tersebut.

Turf soccer balls memberi Anda pengalaman bermain terbaik di lapangan buatan. Bola akan bergerak lebih cepat di rumput dan akan memantul lebih mudah.

Kekurangannya, jenis ini  cenderung terlalu panas selama berada di musim panas, yang mana dapat membuatnya mengembang dan menjadi lebih keras, yang kemudian membuatnya lebih sulit untuk ditendang dan lebih menyakitkan untuk kepala.

 

4. Indoor soccer balls atau futsal balls


Sumber gambar: soccer.com

Seperti namanya, ada beberapa jenis soccer ball yang digunakan untuk permainan sepak bola dalam ruangan. Menariknya, lapisan bola jenis ini terbuat bukan dari bahan yang digunakan untuk membuat soccer ball jenis lain.

Sebaliknya, dalam hal ini, indoor soccer ball bahan luarnya mirip dengan bahan yang digunakan pada bola tenis dan bagian dalamnya diisi dengan busa.

Tujuan utama pembuatan bola ini adalah untuk menyesuaikan pantulan dan daya tanggap karena digunakan untuk bermain di permukaan yang keras dan lingkungan dalam ruangan.

 

5. Beach balls


Sumber gambar: soccer.com

Ketika Anda bermain sepak bola pantai, apakah Anda memakai sepatu sepak bola? Tentunya tidak, bukan?

Oleh karena itulah, pertimbangan utama dalam membuat bola pantai adalah kenyamanan untuk kaki Anda. Beach ball terbuat dari bahan yang menegaskan kenyamanan tertinggi saat Anda menendang bola tanpa alas kaki.

Saat Anda bermain di pasir dan di bawah terik matahari, warna bola ini juga cerah agar mudah dikenali di pantai berpasir. Belum lagi, jenis bola ini adalah bola tahan air dan bobotnya ringan, tetapi bola ini tidak kehilangan tekanannya.

 

6. Street soccer balls


Sumber gambar: soccer.com

Sepak bola jalanan kini semakin populer tidak hanya di daerah perkotaan, tetapi di seluruh negeri, di mana pertandingan kecil memberi Anda lebih banyak sentuhan dan lebih banyak keterampilan di area sempit.

Seperti halnya bola basket, street soccer balls bahannya diperkuat dan diperlengkapi agar anti-selip dan tidak lecet akibat meluncur di sepanjang beton. Ada yang terbuat dari karet seperti ban, tapi sebagian besar mendapatkan daya tahannya dari bladder butyl untuk menahan udara.

Seperti bola lapangan, street soccer balls lebih kecil dari yang dimaksudkan untuk lapangan berukuran penuh. Pastinya Anda ingin bola memantul lebih sedikit dan tidak menjauh dari Anda ketika mencoba keterampilan, seperti lemparan tunggal.

 

Ukuran soccer ball


Soccer ball tersedia dalam ukuran 1, 2, 3, 4 dan 5. Dilansir dari soccer.com, Anda dapat memilihnya dengan mengetahui kelompok usia yang akan bermain dengannya dan jenis permainan yang akan dimainkan.

Semakin kecil ukuran lapangannya, semakin kecil bolanya. Penting untuk memiliki bola dengan ukuran yang tepat saat Anda berkembang untuk mempelajari kontrol dan teknik yang tepat, mendapatkan kepercayaan diri dan tidak mengambil terlalu banyak, terlalu cepat.

Simak ukuran bola yang tepat di bawah ini.

1. Di luar ruangan

Bola luar ruangan berkisar dari ukuran 3-5. Sedangkan, bola futsal mulai dari ukuran 2 hingga 4.


Ukuran 3Ukuran 4Ukuran 5
Usia pemainDi bawah 8 tahun8-12 tahun Di atas 12 tahun
Lingkar23-24 inch24-25 inch25-26 inch
Berat11-12 ons12-13 ons14-16 ons


2. Futsal



Ukuran 2 (Mini)Ukuran 3 (Junior)Ukuran 4 (Senior)
UsiaDi bawah 7 tahunAntara 8-12 tahunDi atas 12 tahun
Lingkar21-22 inch23 inch24-25 inch
Berat9-10 ons10-12 ons14-15 ons

3. Lainnya

Dikenal sebagai bola mini dan memiliki keliling 18-20 inci, Anda tidak akan melihat bola ukuran 1 dalam pertandingan apa pun. Orang menggunakan ukuran ini untuk rekreasi dan untuk meningkatkan gerak kaki.

Ukuran ini paling sering ditemukan di dalam rumah untuk balita yang membentuk hubungan pertama dengan bola, pemain yang lebih tua yang ingin melakukan sulap untuk melakukan trik atau penggemar yang menginginkan kenang-kenangan dengan logo tim favorit mereka.

 



Tips memilih soccer ball


Dalam memilih soccer ball, pemilihannya akan dipandu oleh tujuan, bahan, ukuran, anggaran dan hal lainnya terkait bola. Rinciannya bisa Anda simak di bawah ini.

1. Tujuan penggunaan bola

Sebelum mengambil bola pertama dari rak, penting untuk mempertimbangkan di mana Anda ingin menggunakannya. Ada soccer ball khusus untuk setiap medan dan acara.

Dalam hal ini, Anda akan menemukan bola yang digunakan dalam ruangan, rumput, pantai dan permainan sepak bola profesional. Untuk jenisnya, Anda bisa melihat penjelasan di atas.


2. Bahan yang digunakan

Soccer ball biasa terdiri dari dua bagian, bladder dan casing. Bladder adalah kompartemen bagian dalam yang menahan udara, sementara casing menutupi bagian luar bola serta panelnya.

· Panel

Ini adalah selimut segi delapan populer yang terlihat di bagian luar soccer ball. Ada 32 panel pada soccer ball resmi FIFA, sementara yang lain memiliki 18-26 panel.

· Casing

Bahan casing yang paling umum digunakan adalah polyurethane (PU) dan polyvinyl carbonate (PVC), kulit sintetis, atau kombinasi PU dan PVC. Anda dapat membedakan jenis casing yang digunakan dengan sentuhan.

Bola yang menggunakan PVC biasanya memiliki bagian luar yang keras, tetapi murah dan tahan lama. Bola dengan casing PU lebih lembut saat disentuh, berkualitas tinggi, dan lebih responsif daripada bola PVC.

Bola kulit sintetis menawarkan peningkatan kontrol sehingga ideal untuk pertandingan profesional atau permainan tingkat tinggi. Anda juga akan melihat hasil akhir yang mengkilap pada semua soccer ball. Hal ini berguna dalam meminimalkan lecet dan kerusakan air pada bola.

· Bladder

Bagian ini bertanggung jawab untuk menahan di udara. Biasanya ini dapat dibuat dari bahan butyl atau lateks.

Namun, para profesional lebih memilih lateks karena lebih lembut. Di sisi lain, bladder butyl tidak perlu sering direfleksikan karena memiliki retensi udara yang lebih tinggi.


3. Ukuran

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa soccer ball tersedia dalam berbagai ukuran dan ada alasan bagus untuk itu.

Ada 5 ukuran berbeda dan pilihan ideal tergantung pada usia pemain, seperti yang telah disebutkan di atas. Ukuran juga diatur oleh liga sehingga disarankan untuk memeriksa bola dengan pelatih sebelum membeli.


4. Anggaran

Jumlah yang bersedia Anda bayar untuk soccer ball mungkin memengaruhi pencarian Anda. Kisaran harga ini tergantung pada jenis, merek, kualitas, dan fitur lainnya.

Jika Anda mencari bola untuk ditendang untuk bersenang-senang atau untuk anak-anak sebagai mainan, yang terbaik adalah Anda memilih bola yang murah karena cenderung merusak bola atau mudah bosan dengannya segera setelahnya. 

Ini juga berlaku untuk anak-anak yang berada di liga karena mereka akan segera menguasai bola sehingga membutuhkan bola yang lebih besar dan lebih mahal.

Jika Anda ingin membeli bola mahal, disarankan agar Anda melakukan sedikit riset sebelum membeli. Ingatlah bahwa soccer ball yang mahal tidak berarti itu yang terbaik di pasaran.


5. Tips lainnya

Ketika Anda membeli soccer ball, pastikan Anda juga melakukan beberapa hal di bawah ini:

· Uji bola: Memberikan bola beberapa dribble dan tendangan akan membantu Anda menentukan apakah itu pilihan terbaik untuk Anda.

· Tes visual: Perhatikan panelnya. Soccer ball yang panelnya dijahit menjadi satu adalah pilihan yang lebih baik daripada bola yang direkatkan. Panel bola premium dijahit dengan tangan, sedangkan panel dengan kualitas lebih rendah dijahit dengan mesin.

· Hitung panel: Lebih sedikit panel berarti lebih banyak kecepatan, sementara lebih banyak panel berarti lebih mudah mengontrol bola.

· Uji beratnya: Pilih bola yang lebih kecil kemungkinannya untuk melukai pemain saat ditendang, dibenturkan dengan kepala, atau ditangkap. Hindari bola yang sangat lembut karena cenderung memantul lebih dari yang dibutuhkan dan meleset dari sasaran.

· Verifikasi keaslian: Soccer ball asli akan memiliki cap dari salah satu organisasi ini.

· Melihat panduan liga sepak bola: Soccer ball harus sesuai dengan aturan liga yang terorganisir.

· Review: Perhatikan review dari pelanggan untuk mendapatkan bola yang tepat.

 

Cara merawat soccer ball


Merawat soccer ball Anda dimulai dengan penggunaan yang benar, entah sebelum atau setelah digunakan untuk permainan. Perawatannya bisa Anda lakukan seperti langkah di bawah ini:

1. Penggunaan yang tepat

Soccer ball Anda mungkin terasa keras dan cukup kuat untuk menahan apa pun yang dilemparkan ke arahnya, tetapi sebenarnya tidak. Ia hanya mampu menahan tendangan dan taktik lapangan lainnya.

Menggunakannya di medan berbatu dan liar akan membuatnya terkena benda tajam dan keras yang akan mempersingkat masa pakainya dan memengaruhi kinerjanya. Anda juga harus menghindari duduk di atas bola Anda.

Soccer ball Anda dirancang untuk menerima tekanan di satu sisi pada satu waktu dari tendangan. Duduk di atasnya memberi tekanan pada kedua ujungnya yang dapat mempengaruhi bladder, merusaknya atau menyebabkannya pecah. Menendang bola Anda berulang kali ke dinding atau permukaan keras lainnya juga tidak disarankan.


2. Inflasi yang tepat

Kembangkan soccer ball dengan tekanan 6-8 PPI (pounds per square inch). Pengukur tekanan akan memberitahu Anda kapan udara cukup untuk diberikan.

Menggembungkan soccer ball di bawah atau berlebihan akan mempersingkat masa pakainya dalam satu atau lain cara. Saat dipompa kurang, bola tidak akan tahan terhadap benturan tendangan. Di sisi lain, inflasi yang berlebihan akan meregangkan bladder dan memberi tekanan pada jahitan panel.

Selain itu, sebaiknya Anda mengoleskan beberapa tetes pelumas silikon ke katup bola Anda sebelum memasukkan jarum pemompaan. Ini akan memperpanjang umur katup.

Setelah pertandingan, kempiskan bola Anda sedikit karena akan mengurangi tekanan pada kandung kemih dan selubung. Ini akan memperpanjang umurnya.


3. Bersihkan bola Anda

Setelah digunakan, Anda disarankan untuk menyeka lumpur, rumput, dan noda lainnya dari bola. Lakukan ini dengan selembar kain basah.

Jangan pernah menggunakan deterjen dan bahan penghilang noda lainnya karena akan merusak selubung luar bola. Jika lumpurnya menempel, tunggu sampai kering lalu kerok dengan sikat berbulu halus.

Itulah tadi pembahasan lengkap tentang soccer ball mulai dari pengertian, jenis, ukuran, tips membeli dan cara merawatnya. Sekarang Anda sudah tahu lengkap tentang soccer ball dan ketika Anda membelinya, itu akan mempermudahkan Anda dalam memilih. Bukan hal mustahil bila akhirnya nanti Anda akan mendapatkan soccer ball yang berkualitas. Semoga artikel ini membantu.

 

Referensi:

Soccer, (2020). How to buy the perfect soccer ball.

Wikipedia. Ball (association football).

Dickssportinggoods. How to Choose a Soccer Ball.

Topcleats. Best Soccer Ball [Reviews & Buying Guide][2021 Updated].

Teamsportsmania, (2022). Soccer Ball Types – an In-Depth Guide.