Blog

Image

10 Manfaat Olahraga Kardio untuk Kesehatan Fisik dan Mental

August 30th, 2022

sfidnfits.com – Kardio atau kependekan dari ‘aktivitas kardiovaskular’ adalah aktivitas apa pun yang membuat darah terpompa dan kelompok otot besar dalam tubuh bekerja. Kardio juga juga dikenal sebagai latihan aerobik.

Ada beberapa olahraga yang termasuk ke dalam kardio, di antaranya:

· Jogging dan lari

· Renang

· Lompat tali

· Bersepeda

· Menari

Dilansir dari healthline.com, direkomendasikan untuk seseorang melakukan olahraga kardio sedang setidaknya 150 menit dan 75 menit untuk olahraga kardio berat setiap minggunya.

Banyak manfaat yang akan didapatkan saat kamu melakukannya, dan inilah mengapa banyak yang merekomendasikan kardio untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk tahu lengkapnya terkait manfaat olahraga kardio, simak terus artikel ini sampai selesai!


10 Manfaat Olahraga Kardio untuk Kesehatan Fisik dan Mental


1. Membantu menurunkan berat badan secara sehat


Salah satu alasan utama mengapa banyak orang melakukan olahraga kardio adalah karena dapat membantu menurunkan berat badan secara sehat.

Jika kamu ingin tubuh yang ramping dan langsing, kardio adalah latihan yang bangus untuk membakar lemak dan kalori.

Selain olahraga, penurunan berat badan yang maksimal harus dibarengi dengan diet yang sehat. Jadi, pastikan kamu berlatih kardio sembari mengatur pola makananmu untuk mendapatkan berat badan yang kamu inginkan.

 

2. Meningkatkan kesehatan jantung


Aktivitas kardiovaskular berhubungan dengan jantung dan sel darah. Jadi, ketika kamu melakukan olahraga kardio, seperti jogging atau berlari, maka kamu berkontribusi untuk jantung yang kuat dan sehat.

Hal ini terjadi karena olahraga kardio membuat detak jantung menjadi lebih cepat, yang pada gilirannya ini membantu darah bergerak lebih efisien ke seluruh tubuh dan memperkuat jantung.

Dan, karena penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian secara global, memasukan olahraga kardio ke dalam rutinitas mereka dapat memberikan manfaat bagi kelangsungan hidup yang lebih baik.

 

3. Menurunkan tekanan darah


Olahraga adalah kunci untuk mengobati dan mencegah hipertensi. Hipertensi dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, aneurisma, gagal jantung, dan bahkan demensia.

Penelitian mencatat bahwa olahraga, termasuk latihan kardio secara konsisten menyebabkan tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih rendah pada orang dengan hipertensi. Ini juga dapat bekerja untuk segera mengurangi tekanan darah sistolik selama hampir 24 jam.

 

4. Mengatur gula darah


Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu mengatur kadar insulin dan menurunkan gula darah, sembari menjaga berat badan tetap terkendali.

Itulah sebabnya olahraga merupakan salah satu strategi pertama (di samping perubahan pola makan) yang direkomendasikan oleh dokter kepada pasien yang baru saja menerima diagnosis diabetes tipe 2.

Kardio, latihan ketahanan, dan latihan interval intensitas tinggi semuanya membantu meningkatkan regulasi glukosa dan menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

Bahkan jika kamu tidak menderita diabetes, berolahraga secara teratur dapat menjadi pencegahan yang sangat baik untuk masalah di masa depan.

 

5. Meningkatkan kapasitas paru-paru


Banyak orang cenderung menghindari kardio karena mereka sulit bernapas selama melakukan latihan. Namun, pernapasan berat yang dialami sebenarnya memperbaiki paru-paru.

Kardio akan meningkatkan kapasitas paru-paru saat kamu mendorong kemampuan pernapasanmu hingga batasnya selama latihan yang lama dan menjenuhkan ini.




6. Meningkatkan energi secara alami


Tak jarang orang mengonsumsi minuman energi dan kopi sepanjang hari untuk tetap berstamina. Namun, cara ini jika terus menerus diadopsi dapat berbahaya bagi kesehatan.

Pilihan yang lebih sehat untuk tetap berenergi sepanjang hari adalah dengan melakukan olahraga kardio. Secara alami kardio dapat meningkatkan energi, dan itulah sebabnya banyak orang memulai harinya dengan beberapa kardio di pagi hari.

Saat tubuh menjalani aktivitas yang membutuhkan energi, seperti berlari, maka tubuh akan melepaskan endorfin. Peningkatan kadar endorfin pada gilirannya akan meningkatkan energi kita.

 

7. Sangat baik untuk kesehatan mental


Karena olahraga melepaskan endorfin, manfaat lain dari kardio adalah membuatmu merasa lebih baik setelahnya. Kardio adalah cara yang sehat untuk memerangi masalah kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, atau stres.

Selain endorfin, saat kamu melakukan kardio, kamu menantang diri sendiri secara mental. Pastinya ada banyak waktu selama latihan saat kamu merasa ingin berhenti.

Mendorong diri melalui latihan yang sulit dan akhirnya menyelesaikannya itu memberimu rasa pencapaian yang luar biasa dan mengarah ke perasaan yang puas sesudahnya.

Ketika kamu memasukan olahraga kardio ke rutinitasmu, kamu akan mulai merasa lebih baik tentang dirimu secara keseluruhan dan meningkatkan kepercayaan diri.

 

8. Membantu meningkatkan kualitas tidur


Tidur yang berkualitas dan sehat adalah 7-8 jam per malam. Namun, banyak orang yang tidak mencapai angka tersebut dengan berbagai alasan, baik insomnia atau kesibukkan yang padat.

Jam tidur yang kurang dapat mengurangi energi dan memengaruhi aktivitas seharian sehingga sulit dilalui dengan baik. Masalah tidur bisa diselesaikan dengan berolahraga.

Ketika kamu menambahkan olahraga kardio ke dalam gaya hidupmu, kamu akan mulai mengalami kualitas tidur yang jauh lebih baik.

Dengan kardio sebagai bagian dari harimu, kamu akan merasa lelah saat menjelang malam, yaitu sebelum tidur. Pada gilirannya, ini akan membuatnya jauh lebih mudah untuk naik ke tempat tidur dan tertidur pada jam yang wajar.

 

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Manfaat lainnya dari kardio adalah bahwa olahraga ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh melawan infeksi bakteri yang dapat membuatmu mudah sakit.

Dengan olahraga kardio secara teratur, antibodi atau sel darah putih dalam tubuh akan bergerak lebih cepat dan mendapatkan kemampuan yang lebih baik untuk menemukan penyakit potensial.

 

10. Meningkatkan fungsi otak


Tahukah kamu bahwa otak mulai kehilangan jaringan setelah kamu mencapai usia 30? Namun, tidak perlu khawatir karena kamu bisa memperlambatnya dengan melakukan olahraga.

Sebuah penelitian menemukan bahwa olahraga kardio dapat memperlambat kehilangan ini dan meningkatkan kinerja kognitif.

Selain itu, berolahraga juga meningkatkan bahan kimia yang mendukung Hippocampus, yang merupakan pusat memori dan pembelajaran Noggin.

Nah, karena sekarang kamu sudah tahu seberapa besar manfaat olahraga kardio, kamu dapat mulai melakukannya ke dalam aktivitas harianmu. Jika kamu terlalu bosan dalam melakukannya, kamu dapat memvariasikan olahraganya dengan aktivitas lain.

Juga, jika kamu mencari cara termudah untuk mendapatkan manfaat olahraga kardio, kamu dapat menggunakan peralatan yang mendukung olahragamu sehingga kamu bisa melakukannya di rumah saja.

Peralatan seperti tali skipping, running pad, dan sepeda statis merupakan pilihan yang bagus untuk kamu gunakan. Kabar baiknya, SFIDN FITS menyediakan produk tersebut sehingga kamu dapat berlatih dengan baik.

Tidak perlu ragu dengan kualitasnya, ini adalah peralatan dengan kualitas terbaik dan dijamin dapat bertahan lama. Info produknya bisa kamu lihat di sini!

 

Referensi:

Healthline, (2020). What Are the Benefits of Aerobic Exercise?

Topfitness, (2019). THE MAIN HEALTH BENEFITS OF CARDIO EXERCISE.

Greatest, (2021). 8 Benefits of Cardio That Are Worth Sweating For.