Blog

Image

Ayo Olahraga Kardio Dirumah Dengan 7 Gerakan Ini

March 27th, 2020

sfidnfits.com – Salah satu hal terpenting dalam menjaga kesehatan tubuh adalah olahraga dan salah satu jenis olahraga yang banyak dijadikan pilihan adalah olahraga kardio. Olahraga ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan, menjaga dan meningkatkan sistem imunitas tubuh, sampai dengan melindungi kesehatan jantung. Namun, banyak diantara kita yang malas melakukan olahraga ini, terlebih lagi saat situasi saat ini.

 

Situasi yang saat ini meminta seluruh lapisan masyarakat untuk melakukan aktivitasnya di rumah karena adanya wabah pandemi Covid-19 atau virus corona semakin membuat banyak orang malas untuk berolahraga. Padahal olahraga kardio ini cukup mudah dilakukan, karena tidak memerlukan peralatan yang merepotkan dan bisa dilakukan di rumah secara sederhana. Berikut ini adalah 7 gerakan olahraga kardio yang bisa Anda lakukan di rumah.



1. High Knees

Sebelum melakukan serangkaian gerakan ini, Anda tetap harus melakukan pemanasan guna menghindari berbagai risiko cedera yang merugikan. Gerakan olahraga kardio bisa Anda awali dengan melakuakn high knees. Cara melakukannya adalah Anda hanya perlu mengangkat paha Anda setinggi perut. Saat kaki Anda sudah naik, lalu tepuklah paha Anda. Lakukan secara bergantian dalam waktu yang cepat dan jangan biarkan kaki Anda menapak lantai terlalu lama.

 

2. Mountain Climbers

Jika diperhatikan secara sekilas, gerakan ini hampir dengan gerakan push up. Bedanya, Anda hanya harus memusatkan gerakan pada kaki, bukan melakukannya dengan cara naik-turun. Jadi, Anda hanya perlu menjaga tubuh Anda agar tetap lurus secara vertikal lalu tarik kaki Anda hingga sejajar dengan dada. Kurang menantang? Lakukan secara cepat dan tarik kaki ke arah yang berbeda.

 

3. Cross Jack

Gerakan yang satu ini dilakukan dengan melompat lalu dilanjutkan dengan gerakan menyilangkan kaki dan tangan Anda. Untuk memulainya, Anda harus memosisikan tubuh seperti huruf X lalu silahkan Anda rentangkan tangan dan kaki Anda secara berjauhan hingga tangan kanan Anda bisa bersilangan dengan tangan kiri, pun begitu halnya dengan kaki Anda.

 

4. Burpee

Secara total, gerakan ini akan mampu meningkatkan kekuatan otot tubuh Anda. Awali dengan jarak kaki selebar pinggul, lalu tempatkan kedua tangan Anda di lantai dan dilanjutkan dengan melempar kaki ke arah belakang. Selanjutnya, Anda harus menarik kaki Anda lagi ke depan dan lakukanlah lompatan sambil mengangkat tangan setinggi mungkin.

 

5. Stair sprint

Jika Anda bosan melakukan jalan kaki di tempat atau lari di tempat, maka Anda bisa menggunakan tangga rumah Anda. Anda hanya cukup melakukannya dengan cara naik-turun tangga secara cepat. Namun, tetap perhatikan keselamatan Anda, karena jika tidak konsentrasi maka Anda bisa terjatuh.

 

6. Skipping

Skipping atau lompat tali diklaim sebagai latihan yang terbaik dan latihan ini pun sering dilakukan oleh para atlet olahraga. Manfaatnya sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan berat badan, dll. Melakukan lompat tali selama 20 menit akan mampu membakar kalori sebanyak 220 kkal.

 



7. Jogging di tempat

Jogging ditempat bisa jadi alternatif jika dirumah Anda tidak ada tangga, atau treadmill. Manfaatnya pun tidak kalah baiknya. Jika Anda bosan melakukan jogging di tempat, Anda bisa mengabungkannya dengan olahraga lain yang sudah disebutkan di atas.

 

Itulah ke-7 gerakan olahraga kardio yang bisa Anda lakukan di rumah. Jadi, walaupun Anda diminta untuk tetap berdiam diri di rumah karena isolasi wabah corona atau covid-19, Anda harus tetap berolahraga agar sistem kekebalan tubuh Anda tetap kuat. Semoga berguna.