Blog

Image

Inilah 5 Dampak Buruk Kurang Tidur

June 8th, 2021

Ada banyak sekali alasan yang melatarbelakangi seseorang untuk begadang hingga memiliki kualitas tidur yang buruk. Padahal, tidur adalah kebutuhan wajib setiap manusia dan umumnya setiap orang itu harus memiliki waktu tidur antara 7-9 jam dalam sehari untuk mendapatkan manfaat dari tidur itu sendiri untuk tubuh. Namun, jika jam tidur yang anda miliki kurang, maka akan ada banyak efek buruk yang nantinya dirasakan. Berikut dampak buruk yang bisa terjadi saat anda kurang tidur.


5 Dampak Buruk Kurang Tidur


1. Penuaan Dini

Dampak buruk paling pertama yang akan anda alami langsung adalah perubahan kulit. Ketika kualitas tidur anda kurang, maka kulit akan mengalami perubahan seperti warna kulit jadi lebih pucat, muncul kantung mata berwarna hitam, kulit bengkak hingga berisiko mengalami kulit wajah yang berjerawat. Jika hal ini terus dibiarkan, maka akan muncul kerutan dan garis halus di wajah anda yang kemudian akan membuat wajah anda terlihat lebih tua daripada usia yang anda miliki saat ini. Hal ini terjadi saat anda tidak memiliki kualitas tidur yang baik, tubuh anda akan melepaskan lebih banyak hormon stres kortisol. Dalam jumlah yang berlebihan hormon ini dapat memecah kolagen dari kulit yang kemudian membuat kulit kehilangan kekencangannya.


2. Penurunan Konsentrasi

Seseorang yang memiliki kualitas tidur yang baik akan memiliki tingkat konsentrasi dan berpikir yang baik juga, begitupun sebaliknya. Jika kualitas dari jam tidur anda buruk dan bahkan kurang, maka konsentrasi pikiran anda pun akan menurun. Akibatnya, anda gak akan fokus saat mengerjakan aktifitas seperti biasanya dan akhirnya hari yang anda lalui akan jadi lebih buruk. Bahkan, daya ingat yang dimiliki oleh anda saat kurang tidur jadi lebih buruk. Anda akan gampang lupa akan segala sesuatu yang baru saja terjadi di hidup anda saat ini. 


3. Perubahaan Suasana Hati

Sadar atau tidak saat anda kurang tidur, anda akan lebih banyak mengalami perubahan suasana hati di hari itu. Anda akan lebih banyak emosi dan marah untuk hal-hal kecil yang seharusnya anda gak perlu mempermasalahkannya. pasalnya, hal ini terjadi karena efek kekurangan jam tidur yang anda alami dapat membuat tubuh anda jadi lebih kelelahan dan menyampaikan sinyal ke otak anda bahwa anda sedang tidak baik-baik saja. 




4. Meningkatkan Risiko Kecelakaan Saat Mengemudi

Kurang tidur dapat membuat tubuh anda lemas di pagi hari dan membuat mata mengantuk. Jika anda mengantuk saat beraktifitas, maka semua yang dilakukan gak akan berjalan dengan baik, terutama saat anda sedang mengemudi. Mata yang merasakan kantuk akan membuat anda sulit berkonsentrasi di jalan. Jika dipaksakan dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan, cedera dan kematian. 


5. Menyebabkan Risiko Penyakit Jantung

Banyak penyakit yang akan dirasakan jika anda menyepelekan bahaya dari kurangnya waktu tidur. Jangka panjangnya risiko terkena penyakuit jantung bisa menyerang tubuh anda hingga menyebabkan kematian. Oleh karena itu, penting untuk anda menjaga kesehatan tubuh mulai dari sekarang dan tidak menyepelekan bahaya dari kurangnya waktu tidur ini.


Itulah tadi beberapa dampak buruk yang nantinya bisa anda alami saat anda mengalami kurang tidur. Mulai sekarang, yuk peduli untuk tubuh anda sendiri dengan memperhatikan menjaga kualitas jam tidur anda.


Referensi:

https://www.webmd.com/sleep-disorders/features/10-results-sleep-loss

https://www.healthline.com/health/sleep-deprivation/effects-on-body 

https://health.clevelandclinic.org/happens-body-dont-get-enough-sleep/#:~:text=Some%20of%20the%20most%20serious,can%20even%20affect%20your%20appearance. 

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3625516/sederet-masalah-yang-akan-terjadi-jika-anda-kurang-tidur