Blog

Info
Image

Vertical Running, Olahraga Lari yang Menantang

August 28th, 2019

sfidnfits.comVertical Running atau lari vertikal merupakan jenis olahraga baru yang semakin populer dan mendapat banyak perhatian dunia. Di 2009, Vertical World Circuit mulai menggelar event secara langsung di beberapa gedung pencakar langit paling ikonik dan menggandeng serta atlet-atlet elit. Di Indonesia sendiri, event vertical running mulai diadakan pada tahun 2013 dan berlokasi di Menara BCA, Sudirman. Bagi kamu yang belum mengetahui apa itu vertical running namun tertarik untuk mencoba, berikut ini penjelasannya.

Apa itu Vertical Running?


Vertical running adalah jenis olahraga lari yang menggunakan anak tangga sebagai medannya. Pelari harus menaiki tangga gedung mulai dari lantai dasar sampai lantai paling atas. Karena itulah, olahraga ini terbilang berat karena membutuhkan kekuatan kaki yang lebih besar dibanding lari di medan datar. Kesiapan otot tungkai dan sendi lutut sangat dibutuhkan dalam olahraga lari ini. Lari vertikal juga memungkinkan seseorang kesulitan bernapas karena biasanya dilakukan di dalam gedung, yang mana pasokan oksigennya terbatas. Berangkat dari situ, Andi Kurniawan, seorang dokter spesialis kedokteran olahraga menyarankan untuk latihan lari datar secara teratur setidaknya tiga bulan guna menyiapkan denyut jantung maksimal dan sendi yang nantinya akan bekerja dengan keras.

Hingga kini, event vertical running telah banyak diselenggarakan di beberapa benua, seperti Asia, Amerika, dan Eropa. Event yang diselenggarakan pun cukup sukses dengan menarik banyak peserta. Namun, untuk dapat mengikuti event vertical running ini, peserta harus lulus dalam tes fisik dan kesehatan terlebih dahulu.




Tips Berlatih Vertical Running


Seiring suksesnya event vertical running yang digelar di Indonesia maupun di luar negeri, orang-orang semakin tertarik untuk mencobanya. Beberapa di antara mereka mulai mencoba berlatih di tempat yang memiliki banyak anak tangga. Sementara lainnya mulai meningkatkan intensitas berlari di medan yang datar terlebih dahulu. Terlepas dari itu, lari vertikal membutuhan kesiapan fisik dan kekuatan otot, seperti yang telah disebutkan di atas. Beberapa tips di bawah ini baik untuk kamu lakukan saat berlatih vertical running.  

1. Lakukan Bersama Teman yang Dapat Memotivasi

Perasaan malas sesekali datang mengganggu saat hendak berolahraga. Apalagi ketika baru memulai, perasaan malas datang bersamaan dengan perasaan ragu. Ketika berlatih pun, kita seringkali merasa mudah menyerah. Maka dari itu, cobalah untuk berlatih bersama teman, terutama yang dapat memotivasi. Namun, jika kamu lebih senang berlatih sendiri, mulailah berlatih dan ingat tujuan yang hendak dicapai sehingga kamu dapat lebih bersemangat saat menjalaninya.

2. Persiapkan Kekuatan Otot Kaki

Seperti disebutkan sebelumnya, otot kaki sangatlah penting dalam olahraga lari, terutama lari vertikal. Kamu bisa mempersiapkan dan memperkuat otot kaki melalui latihan resistensi, seperti barbell squat. Jika enggan menggunakan alat, kamu bisa melakukan latihan squat atau burpees. Jika belum terbiasa berolahraga, mulailah untuk berlatih di medan datar terlebih dahulu.

3. Lanjutkan dengan Berlatih di Anak Tangga

Jika kamu telah memiliki otot kaki yang cukup kuat dan terbiasa berlari di medan datar, mulailah berlatih di tangga gedung kantor atau tempat lain yang memiliki banyak anak tangga. Namun, berlatihlah pelan-pelan sesuai kemampuan tubuh. Jika sudah terbiasa, tambahkanlah secara bertahap jumlah anak tangga yang dinaiki.

4. Jadwalkan Latihan

Penjadwalan bertujuan agar latihan dilakukan secara teratur. Latihan yang teratur akan meningkatkan kondisi fisik dan memberikan hasil yang maksimal. Penjadwalan latihan ini juga bisa kamu lakukan jika ingin memisahkan pelatihan di anak tangga dengan pelatihan lain. Sementara, untuk waktu pelatihan di anak tangga, lakukanlah selama 30-60 menit.

5. Ambil Waktu untuk Beristirahat selama Berlatih

Istirahat di sela pelatihan sangat diperlukan guna memberikan waktu bernapas dan menstabilkan denyut jantung. Hal ini juga dilakukan agar tubuh dapat beradaptasi hingga terbiasa nantinya.

Itu dia beberapa informasi tentang vertical running, olahraga baru yang kian populer dan diminati oleh banyak kalangan. Bagi #fitsers yang ingin mencoba, jangan lupa siapkan fisik dan FITS Duffle Bag yang akan membawa semua perlengkapan olahragamu.