Blog

Info
Image

Mengenal Jenis-Jenis Kain Olahraga

July 25th, 2019

sfidnfits.com – Mengenakan pakaian yang nyaman merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan performa dalam berolahraga. Umumnya, pakaian olahraga haruslah dapat menyerap keringat dan membebaskan tubuh dalam bergerak. Pakaian olahraga pun akhirnya terus diinovasi demi memberikan kualitas terbaik. Inovasi pakaian olahraga ini meliputi banyak hal, termasuk jenis kain yang digunakan. Jenis kain yang ada pun memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.  Maka dari itu, mari ulas satu per satu jenis kain olahraga tersebut.


1. Cotton

 

Cotton (katun) dibuat dari serat alami kapas. Karena inilah, pakaian berbahan katun nyaman dipakai, halus, lembut, dan dapat menyerap keringat. Jenis kain ini banyak digunakan di segmen distro dan clothing. Berdasarkan spesifikasi benang, cotton terbagi menjadi dua macam, yakni cotton combed dan cotton carded. Jenis cotton combed umumnya digunakan untuk kaos distro yang memiliki serat benang, rajutan, dan tampilan yang halus dan rata. Ini dikarenakan, cotton combed dibuat dengan setting gramasi yang terdiri dari 20s, 24s, 30s, dan 40s. Semakin tinggi nilai gramasinya, maka semakin tipis pula bahannya. Meski tipis, bahan ini mampu menyerap keringat dan tidak panas. 

Sementara, cotton carded memiliki serat benang yang kurang halus. Setting gramasi pada jenis cotton ini yakni 20s, 24s, dan 30s. Karena kualitasnya yang lebih rendah, jenis katun ini relatif lebih murah daripada cotton combed. Persamaan kedua jenis katun ini yang sekaligus menjadi kekurangan adalah sifatnya yang mudah kusut.


2. Teteron Cotton (TC)

 

Teteron Cotton merupakan campuran dari 35% cotton combed dan 65% polyester. Dibandingkan dengan bahan yang berbahan cotton, teteron cotton atau TC kurang bisa menyerap keringat. Sementara, kelebihan jenis TC ini lebih tahan kusut meskipun telah dicuci berkali-kali. Di sisi lain, harga TC dan cotton combed tidaklah jauh berbeda. 


3. Polyester (PE)

 

Jenis kain ini terbuat dari serat sintesis (buatan) hasil minyak bumi untuk dibuat bahan berupa serat fiber poly dan untuk produk plastik berupa biji plastik. Ketika dibakar, kain ini akan menggumpal seperti lelehan plastik. Polyester tidak digunakan untuk produk distro, melainkan untuk produk konveksi atau garmen. Umumnya, pakaian olahraga yang menggunakan bahan ini cenderung cukup murah. Secara keseluruhan, bahan ini tahan lama, cepat kering, tidak mudah melar, dan tidak mudah kusut. Namun, jenis bahan ini tidak cocok untuk digunakan di musim panas karena cenderung mudah terbakar. Selain itu, bahan ini juga tidak mudah menyerap keringat sehingga dapat menimbulkan bau dan alergi pada kulit sensitif.


4. Dryfit

 

Dryfit merupakan jenis kain yang terbuat dari campuran polyester, spandex, dan nylon. Jenis kain ini lentur, padat, dan mudah kering sehingga memudahkan penggunanya dalam bergerak. Sifat mudah keringnya dikarenakan bahan dryfit memiliki pori-pori yang besar sehingga keringat yang diserap dapat cepat menguap. Karena itulah, jenis kain ini banyak digunakan untuk jersey olahraga. Sementara, kekurangan kain ini terletak pada sifatnya yang sulit untuk disablon sehingga produsen umumnya hanya bermain warna atau bordir saja.


5. Hyget

 

Bahan hyget merupakan bahan yang biasa digunakan untuk kaos partai dan kaos bola. Jenis bahan ini merupakan yang termurah diantara bahan kaos lainnya. Jenis bahan ini mengilap dan tidak menyerap keringat. Bahan hyget ini pun terbagi menjadi hyget tipis, hyget sedang, dan hyget tebal. Hyget tipis biasa digunakan untuk kaos partai, pilkada, dan kampanye. Sementara, hyget sedang banyak digunakan untuk kaos promosi, event, dan bola. 


6. Spandex

 

Spandex merupakan jenis bahan olahraga yang bertekstur licin, ringan, lentur, dan terlihat mengilap. Karena tekturnya yang ringan dan lentur, bahan ini memudahkan penggunanya dalam bergerak. Jenis kain ini pun tidak mudah berkerut dan elastis mengikuti bentuk tubuh. Karena itulah, jenis bahan ini banyak digunakan untuk pembuatan pakaian renang, aerobik, yoga, dan pakaian bersepeda. Namun, bahan ini cenderung tidak menyerap keringat sehingga dapat menimbulkan bau. 




7. Paragon 

 

Kain paragon merupakan kain sejenis polyester yang banyak digunakan untuk jersey basket. Namun, tidak sedikit pula yang menggunakannya untuk jersey bola. Karakteristik bahan paragon ini sedikit tebal dan fleksibel saat digunakan. Sayangnya, jenis kain ini memiliki pori-pori yang padat sehingga sukar menyerap keringat.  


8. Diadora

 

Bahan ini disebut diadora oleh orang Indonesia karena meniru merek Diadora yang merupakan perusahaan sport internasional.  Bahan Diadora ini biasa digunakan untuk sweater atau pakaian yang berbau sport agar terlihat lebih sporty. Bahan ini juga banyak digunakan untuk pembuatan celana training. Tekstur dalam bahan diadora sedikit berserabut (sedikit mirip kain flanel), namun di bagian luarnya halus seperti bahan kaos. Sifat bahan ini pun mengilap ketika terkena sinar matahari sehingga menimbulkan kesan mewah. Bahan ini pun dapat menyerap keringat dan tidak mudah melar.  


9. Adidas

 

Sama seperti diadora, bahan ini pun disebut meniru merek Adidas. Masih sama seperti bahan diadora, jenis bahan ini banyak digunakan untuk pakaian olahraga, seperti sweater, jaket, dan celana. Hanya saja, bahan ini sedikit kaku dan cenderung tebal. Namun, bahan ini halus di permukaan depan dan tidak berbulu di bagian dalam.  


10. Lotto

 


Sama seperti bahan diadora dan adidas, bahan ini pun meniru bahan merek Lotto. Bahan ini pun digunakan untuk sweater dan pakaian olahraga. Namun, pada umumnya, bahan ini lebih banyak digunakan untuk celana olahraga, baik yang pendek maupun yang panjang. Perbedaanya dengan bahan diadora dan adidas, sifat bahan lotto lebih jatuh, cenderung tidak tebal, dan kurang dari segi penyerapan keringatnya. 


Itu dia beberapa jenis kain yang umumnya digunakan untuk pakaian olahraga. Masing-masing jenis kain tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Setiap kain pun memiliki fungsi sesuai kegiatan olahraga masing-masing individu. Untuk memilih mana yang terbaik, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan yang terpenting dapat membuat kepercayaan dirimu meningkat, seperti ketika mengenakan FITS Threadarmor Infused.