Blog

Info
Image

5 Tips Sederhana Berwisata Di Musim Hujan

December 16th, 2019

sfidnfits.comAkhir tahun tidak selalu identik dengan liburan dan wisata, namun juga indentik dengan adanya musim hujan di Indonesia. Untuk itu, kita perlu menyiapkan beberapa hal sebelum berlibur di musim hujan. Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan? Berikut kami berikan tipsnya untuk Anda.

 

1. Pantau Prakiraan Cuaca Terkini


Dewasa ini, perkembangan teknologi sudah kian meningkat hingga mampu memudahkan kita dalam memantau prakiraan cuaca terkini. Hampir disetiap smartphone saat ini sudah disematkan aplikasi yang bisa memantau prakiraan cuaca. Jika aplikasi tersebut belum Anda install, Anda bisa mendownloadnya langsung dari playstore maupun appstore Anda.

 

Kenapa hal ini sangat penting? Karena dengan memantau prakiraan cuaca, Anda bisa mengetahui situasi dan kondisi cuaca yang kemungkinan akan terjadi pada tempat yang ingin Anda kunjungi. Seperti pada jam 4 sore di tempat yang akan Anda datangi kemungkinan akan turun hujun, maka Anda bisa menyiapkan payung atau baju hujan sebelum pergi kesana. Selain itu, Anda juga bisa membuat keputusan yang tepat tentang kapan waktu yang tepat untuk berlibur ke daerah tersebut.

 

2. Menyiapkan dan Membawa Segala Perlengkapan


Pribahasa “sedia payung sebelum hujan” akan sangat berguna saat kita hendak berwisata di musim hujan seperti saat ini. Jadi, meskipun kita sudah memantau prakiraan cuaca terkini, namun kemungkinan datangnya hujan masih bisa terjadi dan menjadi tidak bisa ditebak. Oleh karena itu, persiapkanlah payung ataupun jas hujan jika ingin pergi berlibur. Walaupun merepotkan, percayalah, akan lebih merepotkan lagi jika kita terjebak hujan dan tidak membawa peralatan ini.

 

3. Kenakan Sepatu Berbahan Dasar Karet


Musuh utama sepatu disaat musim hujan adalah genangan air. Sepatu berbahan dasar kanvas ataupun kain sudah pasti akan sangat mudah menyerap air. Efeknya, rasa tidak nyaman dan bau akan Anda rasakan. Untuk itu, mengenakan sepatu berbahan dasar karet adalah pilihan yang terbaik. Jika Anda bisa membuat sepatu waterproof atau sepati anti air, maka itu akan sangat bagus sekali. Terlebih lagi, saat ini ada banyak berbagai bahan disekitar kita yang sebenarnya masih bisa kita manfaatkan untuk membuat sepatu waterproof.



 

4. Bawa Pakaian Ganti


Menyiapkan segala sesuatu demi menghindari kemungkinan terburuk memang tidak ada salahnya. Kita tidak ingin liburan yang sangat kita impikan menjadi berantakan hanya karena basah kuyup terkena air hujan bukan? Untuk itu, bawalah selalu pakaian ganti Anda kemanapun Anda pergi. Bawa juga kantong plastik untuk menyimpan baju yang sudah basah. Hindari juga menggunakan pakaian berbahan dasar jeans, dan gantilah dengan celan kulot yang lebih ringan. Selain itu, membawa pakaian ganti juga sangat penting guna menghindari penyakit flu atau masuk angin yg bisa datang kapan saja setelah kehujanan.

 

5. Siapkan Opsi Wisata Alternatif


Disarankan untuk menghindari berbagai tempat wisata outdoor ketika musim hujan datang. Akan lebih baik jika Anda mengunjungi berbagai tempat indoor, atau dalam ruangan seperti museum. Mengunjungi museum tidak selamanya membosankan, justru mengunjungi museum akan menambah pengetahuan baru. Selain museum, galeri seni juga bisa Anda jadikan alternatif, terlebih lagi jika Anda senang mengoleksi berbagai foto cantik dari museum ataupun galeri seni, karena kedua tempat ini biasanya memiliki beberapa spot foto yang menarik.

 

Itulah ke 5 tips sederhana dalam berwisata di musim hujan seperti saat ini. Semoga tips ini mampu Anda terapkan dan bisa membantu Anda dalam menikmati liburan di musim hujan ini.