Blog

Info
Image

Berwisata ke Tebing-Tebing Terindah di Indonesia

September 12th, 2019

sfidnfits.com – Berbicara tentang keindahan alam Indonesia, mungkin tidak akan pernah ada habisnya. Pantai, hutan, dan pengunungan adalah tiga dari sekian banyak destinasi wisata alam yang Indonesia punya. Di antara itu semua, terdapat satu destinasi wisata yang belum terlalu tinggi kepopulerannya. Padahal, keasrian dan keindahan yang ditawarkannya tidak kalah memesona. Destinasi wisata itu ialah Tebing. Tebing merupakan formasi bebatuan yang menjulang secara vertikal. Umumnya, tebing terbentuk karena adanya erosi. Tapi kini, banyak juga yang terbentuk karena adanya aktivitas penambangan. Terlepas dari itu, Indonesia memiliki sederet objek wisata tebing yang perlu untuk dikunjungi.  Berikut ini tebing-tebing terindah yang Indonesia punya.

Tebing Bukit Kelam, Kalimantan Barat

Tebing Bukit Kelam adalah salah satu objek wisata andalan Kalimantan Barat. Berada di dekat kota Sintang, masyarakat setempat menjuluki tebing ini sebagai Bukit Raya. Tebing Bukit Kelam merupakan salah satu tebing unik di dunia. Sekilas, tebing ini bahkan terlihat seperti Ayers Rock di Australia. Namun, kepopulerannya belum setinggi itu. Terlepas dari itu, bongkahan batu raksasa ini menjadi rumah bagi banyak fauna dan flora, seperti kelelawar dan kantong semar. Jika berkunjung kesana pun, kamu dapat melihat kemegahan yang ditunjukkan oleh Tebing Bukit Kelam yang juga diapit oleh dua sungai besar yaitu Sungai Melawi dan Sungai Kapuas.


Tebing Koja, Tangerang


Di tengah hiruk piruk kota, Tangerang ternyata memiliki objek wisata Tebing Koja yang sering disebut sebagai Kandang Godzilla. Pasalnya, di antara tebing-tebing berwarna kecoklatan yang dikelilingin oleh rerumputan hijau ini terdapat bebatuan yang memang menyerupai monster asal Jepang tersebut. Tebing Koja sebenarnya merupakan lahan bekas tambang pasir yang tidak lagi aktif. Beruntungnya, sisa-sisa penambangan pasir ini justru membentuk tebing-tebing kapur yang eksotis.


Brown Canyon, Semarang


Brown Canyon adalah tempat wisata bekas penambangan batu padas yang berlokasi di Desa Kebon Batur, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak. Nama Brown Canyon ini sebenarnya diambil dari Grand Canyon yang merupakan wisata alam paling liar di utara Arizona, Amerika Serikat. Jika dilihat sekilas, Brown Canyon memang sedikit menyerupai Grand Canyon. Terlebih karena warna coklat di dinding tebingnya yang bernuansa serupa. Jika ingin berkunjung, hindarilah datang di musim hujan sebab medan jalannya yang berlumpur.


Tebing Breksi, Yogyakarta


Seperti yang kita tahu, Yogyakarta merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki sederet objek wisata memesona. Salah satunya Tebing Breksi yang semakin terdengar kepopulerannya. Tebing Breksi mulanya adalah tambang batu alam warga Desa Sambirejo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Namun di tahun 2014, tambang tersebut ditutup karena penelitian menunjukkan bahwa wilayah tersebut merupakan bebatuan hasil Gunung Api Purba Nglanggera yang perlu dilestarikan. Kini, tebing ini semakin cantik karena adanya ukiran dari tangan-tangan kreatif. Di antara tebing-tebing lain, kawasan tebing ini bisa disebut yang paling aktif karena sering dijadikan tempat pagelaran hiburan.  




Bukit Kapur Sekapuk, Gresik


Salah satu kota di Jawa Timur, yakni Gresik ternyata juga memiliki tebing bukit kapur yang memesona. Bukit Kapur Sekapuk sebenarnya bukanlah tempat wisata, melainkan lokasi penambangan. Namun, setelah aktivitas penambangan tidak lagi aktif, tebing dan lorong kapur ini justru jadi incaran wisatawan. Keeksotisan yang ditawarkan tebing ini memang terbukti mengundang banyak wisatawan yang gemar berfoto maupun wisatawan yang sekedar menikmati pemandangan.


Bukit Kapur Arosbaya, Madura


Madura juga ternyata memilki sebuah destinasi wisata tebing instagram-able, bernama Bukit Kapur Arosbaya, yang akhir-akhir ini mencuri banyak perhatian. Berlokasi di Bangkalan, Madura, Jawa Timur, bukit kapur ini menyerupai bukit Juddih yang juga berada di Madura. Hanya saja, Bukit Kapur Arosbaya dikelilingi oleh pepohonan hijau sehingga menambah kesan sejuk di dalamnya. Spot tebing bergerigi adalah spot paling populer yang diabadikan oleh wisatawan di sana.


Tebing Kapur Pantai Melasti, Bali


Ingin menikmati pemandangan tebing sekaligus pantai? Tebing Kapur Pantai Melasti mungkin salah satu jawabannya. Bertempat di Pantai Melasti, Ungasan, Bali, sebuah tebing kapur berhasil menyajikan pemandangan epik antara tebing dan pantai. Tebing Kapur ini telah menjadi salah satu spot foto terbaik bagi wisatawan lokal dan wisatawan asing yang berkunjung. Bahkan, wilayah tebing ini pun sering dijadikan sebagai lokasi foto pre-wedding.


Itu dia beberapa wisata tebing di Indonesia yang perlu kamu nikmati keindahannya. Tapi, tebing-tebing yang disebutkan di atas tidak diperuntukkan untuk kegiatan panjat tebing, ya. Jika ingin berolahraga panjat tebing, pilihlah tebing yang memang diperuntukkan untuk kegiatan itu. Olahraga panjat tebing juga bisa melatih otot lenganmu secara langsung. Selain panjat tebing , ada banyak sekali alternatif olahraga lain yang bermanfaat untuk melatih otot lengan, angkat beban misalnya. Kamu bisa gunakan FITS Cross Weigthing Gloves yang akan melindungi tanganmu dan menghindari resiko tergelincir.