Blog

Image

5 Jenis Yoga Anti-Mainstream dan Banyak Peminatnya

February 25th, 2020

sfidnfits.com - Yoga merupakan salah satu olahraga yang memanfaatkan olah napas, fleksibilitas tubuh, dan meditasi. Jenis olahraga ini sudah dijadikan suatu pola hidup sehat oleh masyarakat perkotaan. Melakukan yoga diyakini bisa menjaga keseimbangan tubuh dan juga ketenangan pikiran. Namun, olahraga ini sering kali dianggap membosankan karena hanya terpaku pada suatu ruangan dengan beberapa gerakan yang ringan. Untuk Anda yang memang berpikir demikian, maka Anda harus mencoba jenis yoga lainnya yang anti-mainstream, agak berbeda dan mampu memberikan pengalaman baru, namun tetap tidak mengurangi manfaat dari latihan yoga. Berikut ini adalah ke-5 jenis latihan yoga tersebut.

 

1. Acroyoga

 

Acroyoga diambil dari kata acrobat dan yoga. Seperti namanya, acroyoga adalah jenis olaharaga yoga yang memiliki beberapa gerakan akrobat seperti jungkir balik, kayang, dll. Jenis yoga ini diyakini mampu meningkatkan kesehatan tubuh dan menjaga kesehatan tulang belakang. Acroyaga lebih sering dilakukan oleh dua orang, mereka yang berada di bawah lebih sering disebut dengan pondasi atau base, sedangkan yang berada diatas disebut flyer. Untuk Anda yang ingin bisa melakukan gerakan yoga ini, maka Anda wajib melakukan latihan acroyoga minimal empat minggu, kenapa? karena Acroyoga sangat mengandalkan fleksibilitas tubuh, konsentrasi dan juga kekuatan yang besar daripada yoga jenis lainnya.

 

2. Floating yoga

 

Bosan dengan latihan yoga yang begitu-gitu saja? Maka Anda harus mencoba latihan floating yoga. Latihan yoga ini dilakukan dengan prinsip melawan hukum gravitasi. Saat melakukannya, Anda harus menggunakan suatu alat yang disebut swing, alat ini merupakan suatu kain yang digantung pada langit-langi atap yang mampu menahan beban tubuh Anda.

 

Floating yoga juga sangat cocok untuk Anda yang ingin memperbaiki postur tulang belakang. Karena, gerakan ini lebih sering mengandalkan gerakan membungkuk dan peregangan tubuh. Agar hasilnya bisa lebih maksimal, biasanya para instruktur sering menganjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan berat minimal dua jam sebelum latihan dimulai.

 

3. Aqua yoga

 

Pada dasarnya, gerakan aquayoga hampir sama dengan acroyoga, namun yang membedakan adalah bahwa aquayoga dilakukan di dalam air atau kolam renang. Latihan aquayoga bertujuan untuk melatih sistem pernafasan tubuh, sehingga sangat sesuai untuk Anda yang memiliki nafas pendek, karena latihan ini akan meningkatkan kadar oksigen di dalam tubuh Anda. Yang paling menantang dari latihan ini adalah Anda harus melakukan teknik pernafasan dengan benar dan teratur di dalam air. Anda juga harus fokus untuk memberikan titik berat pada tubuh agar seluruh tubuh bisa menyentuh dasar kolam, tidak mengambang.

  

4. Goat yoga

 

Jenis gerakan yoga yang satu inipun tidak ada bedanya dengan gerakan yoga pada umumnya, namun perbedaannya adalah adanya kehadiran kawanan kambing di sekitar yang memberikan suasana tertentu, bahkan para kambing tersebutpun ada yang ikut melakukan gerakan yoga, sehingga mereka bisa Anda andalkan sebagai partner latihan.

 

Jenis latihan yoga yang satu ini diklaim mampu membantu menurunkan kadar stress, membuat pikiran lebih rileks, dan lebih senang. Dikutip dari situs resmi Guardian, berinteraksi dengan hewan merupakan cara terbaik bagi manusia untuk melepaskan hormon kortisol di dalam tubuh, sehingga bisa memicu rasa bahagia.



 

5. Rage yoga

 

Jika Anda masih belum mendapatkan manfaat kedamaian batin dari latihan yoga, mungkin Anda bisa mencoba rage yoga atau yoga kemarahan. Jenis latihan yoga yang satu ini akan merubah pemikiran setiap orang yang menganggap bahwa latihan yoga adalah latihan yang mendambakan ketenangan dan sangat membosankan.

 

Pada kelas latihan Rage Yoga, Anda akan menemukan cara lain dalam mendapatkan ketenangan batin, yaitu dengan cara melepaskan emosi Anda dengan mengeluarkan berbagai sumpah serapah, teriakan, cibiran, dll. Jenis latihan ini pertama kali berkembang di Alberta, Kanada, lalu menyebar ke tempat lainnya. Saat ini, kelas yoga rage juga selalu menyediakan kelas khusus untuk mereka yang ingin merasakan latihan yoga anti-mainstream.

 

Itulah ke-5 jenis latihan yoga yang anti-mainstream dan banyak diminati oleh masyarakat, khususnya mereka yang tinggal di perkotaan. Jadi, tidak selamanya latihan yoga itu membosankan. Minat mencoba salah satu latihan yoga diatas?