Blog

Info
Image

Hobi Olahraga Bola Voli? Inilah Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan!

August 27th, 2019

sfidn.com - Masyarakat Indonesia yang menggemari olahraga bola voli memang terbilang sedikit jika dibandingkan dengan futsal, basket, maupun badminton. Namun, bukan berarti olahraga ini tidak memiliki manfaat seperti olahraga-olahraga tersebut. Selain mampu melatih kerja sama, olahraga bola voli juga memiliki manfaat kesehatan. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

Beberapa Manfaat Kesehatan dari Olahraga Bola Voli

1. Mampu Mengurangi stres


Ketika kita berolahraga, otak mampu meningkatkan produksi hormon bahagia, seperti hormon endorfin, dopamin, dll. Melakukan olahraga secara teratur juga mampu menurunkan hormon pemicu stress seperti hormon kortisol dan epinerin. Kedua hormon tersebut akan diganti dengan cara meningkatkan hormon norepineprin sebagai antidepresan. Seluruh hormon positif tersebut akan menimbulkan rasa senang dan membuang rasa stress. Oleh karena itulah para dikter sering menyarankan olahraga sebagai terapi untuk para penderita penyakit mental. Efek penurunan stress tersebut juga akan semakin meningkat dengan melakukan olahraga voli, karena mengandalkan interaksi sosial didalam tim.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur


Olagara mampu meningkatakn kualitas tidur karena mampu meningkatkan aktivitas enzim dan fungsi otot, serta mampu memberikan rasa tenang dan nyaman pada tubuh setelah seharian bekerja. Pada paginya pun tubuh akan menjadi lebih segar dan bertenaga. Peningkatan suhu tubuh yang terjadi karena berolahraga pun akan mampu membuat Anda tidur nyenyak. Bahkan, kegiatan olahraga yang dilakukan dengan intensitas sedang pun terbukti mampu mengatasi ganguan tidur, seperti insomnisa. Namun, tetap hindarilah olahraga berlebihan secara berlebihan yang mampu merugikan kesehatan tubuh.

3. Mampu Menurunkan Berat Badan


Olahraga voli adalah jenis olahraga kardio aerobik karena mampu meningkatkan denyut jantung. Dengan melakukan olahraga ini selama 15-20 menit atau lebih, tubuh mampu meningkatkan denyut jantung sampai 60-80% dari angka normalnya. Seperti yang sudah kita ketahui, jantung terbuat dari susunan otot yang harus terus berdenyut agar bisa lebih kuat. Jika otot jantung tubuh bisa semakin kuat, maka pembuluh darah akan mampu mengalirkan darah lebih banyak dan juga lebih cepat. Dengan pembuluh darah yang kuat, maka sel-sel otot akan teralirkan oksigen lebih banyak.

Hal tersebut memungkinkan sel otot untuk melakukan pembakaran lebih banyak selama berolahraga dan juga pada saat istirahat. Itulah kenapa olahraga kardio marupakan olahraga yang banyak dipilih untuk menurunkan berat badan dan efektif untuk membakar lemak. Melakukan olahraga voli juga mampu mencegah terjadinya peningkatan berat badan berlebih dan obesitas yang merupakan sumber segala penyakit metabolik, seperti diabetes. Melakukan olahraga voli selama 20 menit juga mampu membakar 126 kalori tubuh. Jadi, jika Anda melakukan olahraga voli selama 20 menit dalam kurun waktu 1 tahun, maka Anda mampu membakar 459.900 kalori atau sama dengan 6 kg lemak. Para peneliti pun sepakat bahwa semakin tinggi intensitas latihan kardio, maka akan semakin besar juga kalori yang terbakar.

4. Mampu Membentuk, Meningkatkan Otot dan Juga Persendian


Selain mampu meningkatkan otot jantung, bermain voli juga mampu melibatkan banyak gerak anggota badan, seperti betis, bokong, pinggul, dan paha yang sering digunakan untuk berlari dan lompat, hingga lengan atas dan otot punggung tubuh untuk memukul bola. Dengan melakukan olahraga voli, persendian tubuh juga akan semakin kuat karena terus dilatih untuk berlari, melompat dan memukul bola. Persendian yang kuat juga mampu menghindari tubuh dari berbagai resiko cedera.

5. Memperkuat Tulang


Bola voli juga termasuk olahraga latihan beban yang mampu memperkuat tulang. Latihan beban yang dilakukan secara rutin akan mampu mengendalikan pelepasan sklerostin sekaligus meningkatkan hormon IGF-1 yang penting untuk pertumbuhan tulang. Sklerostin adalah salah satu protein alami yang jika kandungannya terlalu banyak dalam tubuh dan menumpuk pada tulang, akan membuat tulang lebih mudah mengalami kropos. Jadi sederhananya, olahraga voli mampu membantu menjaga kepadatan tulang dan mengurangi resiko terjadinya osteoporosis untuk masa depan.

Itulah beberapa manfaat yang akan Anda rasakan jika rajin atau memiliki hobi olahraga bola voli. Manfaat kesehatan yang paling sering terlihat adalah sendi dan tulang yang terus meningkat kesehatannya. Namun, sewaktu-waktu pasti ada kondisi cedera yang memungkinkan Anda tidak bisa melakukan hobi ini, seperti cedera lutut. Untuk itu, mungkin Anda harus mengenakan penyangga atau alat bantu yang disebut dengan kneepad. Alat ini mampu membantu lutut Anda sehingga cedera yang berlebih bisa diminimalisir. Jika Anda tertarik membeli alat ini, Fits Kneepad bisa mungkin Anda pertimbangkan secara lebih objektif.