Blog

Image

Pengertian, Jenis, Manfaat Sport Bra dan Legging

June 11th, 2021


Ketika berolahraga, kenyamanan selalu dipegang oleh setiap orang, makanya pemilihan pakaian olahraga sangat diperhatikan. Tidak hanya pakaian luar saja yang perlu diperhatikan, tapi pakaian dalam pun harus benar-benar diperhatikan lebih detail oleh Anda, khususnya untuk para wanita.

Pengertian, Jenis, Manfaat Sport Bra dan Legging

Bagi wanita yang gemar dan rutin melakukan olahraga, tentunya menjadikan sport bra dan legging menjadi item yang penting demi menunjang kenyamanan tubuh saat berolahraga. Oleh karena itu, penting bagi Anda memahami dua jenis item ini. Berikut pembahasan lengkap mengenai sport bra dan legging.

Pengertian Sport Bra dan Legging

Bra adalah adalah pakaian dalam yang dikenakan oleh wanita untuk menopang atau menutupi payudara. Bra sebagian besar terbuat dari bahan katun, poliamida atau seperti kapas. Dirancang untuk tujuan yang berbeda seperti membuat belahan dada, meningkatkan ukuran payudara atau fashion, estetika atau tujuan olahraga lainnya. Sedangkan, sport bra adalah pakaian dalam yang dirancang untuk kebutuhan olahraga agar nyaman untuk dipakai.

Legging adalah jenis pakaian ketat yang menutupi kaki yang dapat dikenakan oleh pria dan wanita. Legging modern saat ini biasanya terbuat dari campuran lycra, nylon, katun, atau polyester, tetapi bisa juga dibuat dari wol, sutra, dan bahan lainnya.

 

Jenis-Jenis Sport Bra Dan Legging

Ada banyak sekali jenis dari sport bra dan legging yang harus Anda ketahui. Hal ini pun dapat membuat Anda jadi tahu tentang jenis dari sport bra dan legging sehingga saat Anda membeli, Anda jadi tahu tentang kebutuhan dari kedua jenis barang ini. Tentu saja jika Anda tepat menggunakannya, maka Anda akan lebih nyaman saat berolahraga. Berikut jenis sport bra yang harus Anda ketahui!

1.      Compression sports bra

Compression sports bra adalah jenis sport bra dengan gaya pullover tanpa adanya cup bawaan di dalam bra. Bra ini dibuat khusus dan paling cocok untuk aktivitas olahraga dengan intensitas rendah hingga sedang. Model compression sports bra lebih nyaman dan efektif untuk menyangga payudara dengan ukuran cup kecil seperti A atau B.

 

2.      Encapsulation sports bra

Encapsulation sports bra adalah sport bra yang digunakan untuk latihan dengan intensitas tinggi yang dilengkapi dengan cup yang terpisah antara kanan dan kiri yang dirancang khusus. Cup bra ini umumnya ringan dan empuk, sangat cocok sekali digunakan untuk Anda dengan ukuran cup payudara yang besar. Selain itu, kelebihan encapsulation sports bra ini adalah talinya yang bisa diatur sehingga memberi support yang maksimal.

 

3.      Criss-cross back

Criss-cross back adalah sport bra yang memiliki tali silang di bagian belakang. Tali ini memberikan sanggahan yang kuat untuk menopang payudara Anda. Criss-cross back sangat terlihat modis untuk Anda gunakan saat berolahraga.

 

4.      Racerback

Racerback adalah sport bra yang memiliki gaya paling populer. Tali bahu bagian belakang terhubung bersama di antara tulang belikat untuk menciptakan bentuk seperti huruf Y. Bra racerback memberikan dukungan yang baik untuk latihan intensitas tinggi.

 

5.      Pullover

Pullover adalah jenis sport bra yang populer di kalangan remaja. Sport bra ini pada dasarnya adalah tank top dengan lapisan bawah elastis di bawah payudara sebagai sanggahannya. Pullover bra sangat ideal untuk aktivitas berdampak rendah seperti yoga atau peregangan dan sangat tidak cocok digunakan oleh wanita berpayudara besar.

 

6.      Back clasp

Back clasp adalah sport bra yang memiliki desain menyerupai bra sehari-hari. Tali branya dapat disesuaikan dan terdapat kaitan bra di bagian belakangnya. Selain itu bra ini juga memiliki cup yang empuk sehingga sangat nyaman dipakai saat berolahraga.



 

Berbagai bahan digunakan untuk pembuatan sport bra. Sport bra yang terbuat dari bahan sintetis cenderung lebih berorientasi pada performa. Kain katun-spandeks memungkinkan untuk bernapas tetapi rendah pada penyerapan kelembaban. Pilihlah jenis sport bra untuk Anda gunakan sesuai  kenyamanan Anda dan tingkat aktivitas fisik yang ingin Anda lakukan.

Sedangkan jenis legging memiliki jenis-jenis sebagai berikut :

1.      Athletic leggings

Athletic leggings adalah jenis legging yang paling populer saat ini. Bahannya yang ketat di bagian atas dan elastis ke arah bawahnya membuat legging ini sangat nyaman digunakan saat Anda berolahraga. Menggunakan athletic legging akan memudahkan Anda untuk melakukan banyak gerakan saat berolahraga dan tentu saja, aliran darah dalam tubuh pun bersirkulasi dengan baik.

 

2.      High-waisted leggings

High-waisted leggings adalah legging yang memiliki bentuk memanjang ke bagian atas tubuh sehingga saat Anda memakainya perut Anda akan tertutup oleh legging ini. Sangat nyaman digunakan untuk berolahraga karena bentuknya yang ketat dan menutupi perut sehingga otot perut akan lebih ditekan yang membuat tubuh Anda terlihat ramping.

 

3.      Cropped athletic leggings

Cropped athletic leggings adalah legging yang panjangnya tidak sampai ke arah mata kaki. Cenderung hanya setengah kaki Anda saja ukurannya. Legging ini adalah jenis yang ideal untuk Anda yang melakukan lebih banyak latihan olahraga dengan intensitas tinggi. Semakin intens latihan yang Anda lakukan, semakin banyak aliran udara dan sirkulasi udara yang Anda butuhkan. Untuk berlari, legging ini adalah pilihan sempurna.

 

4.      Streetwear leggings

Streetwear legging adalah jenis legging yang tidak dipakai untuk berolahraga, entah olahraga yoga maupun gym. Namun, legging ini diperuntukan sebagai fashion. Di mana, Anda bisa memakainya saat sedang berjalan santai dengan dipadukan menggunakan kaos ataupun jaket agar penampilan Anda terlihat lebih sporty.

 

5.      Fashion leggings

Fashion leggings adalah jenis legging yang pemakaiannya sangat meluas. Jenis legging ini gak hanya digunakan untuk berolahraga saja, tapi juga untuk kepentingan fashion. Ada berbagai jenis bahan dari legging ini, salah satunya adalah bahan beludru dan bahan kulit.

 

6.      Flare leggings

Flare leggings adalah jenis legging baru yang dikeluarkan untuk kepentingan fashion. Tentu saja, legging ini sangat tidak cocok digunakan untuk berolahraga karena modelnya yang mengembang di bagian bawah. Bahannya yang dari katun membuat flare legging sangat cocok digunakan untuk kepentingan fashion saat bersantai menggunakan kaos ketat atau dengan potongan atasan serta high heels untuk membuat Anda terlihat lebih tinggi.

 

Manfaat Menggunakan Sport Bra dan Legging saat Berolahraga

Penggunaan sport bra saat Anda berolahraga dan melakukan latihan fisik bukan hanya agar Anda terlihat lebih modis dan sporty, tetapi ada banyak hal lainnya yang harus Anda ketahui manfaatnya. Simak manfaat dari penggunaan sport bra untuk berolahraga di bawah ini.

1.      Menjaga kenyamanan untuk tulang bagian dada

Ketika berolahraga, tentunya tubuh Anda bergerak lebih aktif dari mulai bagian atas sampai bagian bawah. Guna memberikan kenyamanan bagi tubuh saat berolahraga, sport bra hadir untuk memberikan kenyamanan tersebut, khususnya untuk kenyamanan tulang bagian dada. Sport bra dapat menyangga payudara agar gak bergerak keluar dan menjaga untuk tetap di posisi sehingga saat Anda menggunakan bra jenis ini, Anda tidak perlu khawatir belahan dada akan menonjol dan merasakan lelahnya tulang bagian dada serta punggung untuk menyangga payudara.

 
2.      Menjaga bentuk payudara

Bentuk payudara memiliki ligamen otot yang dapat meregang dan bisa membuatnya kehilangan bentuk yang ideal, hal inilah yang dapat menyebabkan kondisi payudara menjadi kendur. Selain itu, robekan pada ligamen adalah kerusakan yang permanen dan dapat menyebabkan masalah bentuk payudara yang prematur pada wanita yang lebih muda. Untuk mencegah payudara yang kendur pada usia dini, Anda disarankan untuk memakai sport bra. Pasalnya, sport ini dirancang untuk memberikan dukungan dan stabilitas serta membantu menjaga bentuk payudara saat Anda berolahraga.

 

3.      Membantu mengurangi nyeri payudara

Gerakan yang intens selama melakukan olahraga dan aktivitas fisik lainnya menyebabkan gerakan pada ligamen otot di payudara juga. Hal ini sering dapat menyebabkan kondisi sakit dan nyeri pada payudara. Tidak seperti bra biasa pada umumnya yang gagal memberikan kekokohan dan sanggahan yang cukup, sport bra menjaga payudara tetap di tempatnya dengan kuat dan membatasi gerakan pada ligamen otot mereka. Jadi, jangan biarkan nyeri payudara mempengaruhi aktivitas olahraga Anda. Kenakan bra olahraga yang tepat untuk berolahraga dengan nyaman.

 

4.      Mengatur sirkulasi udara dan mudah menyerap keringat

Pengait dan elastik pada bra tradisional sering mengganggu sirkulasi darah dalam tubuh. Inilah salah satu alasan mengapa para dokter dan ahli merekomendasikan penggunaan sport bra daripada bra biasa untuk kepentingan olahraga. Berkat kemajuan teknologi dalam kain, sport bra dapat menyerap keringat dari tubuh. Selain itu, bra semacam itu dapat meningkatkan aliran udara ke kulit yang selanjutnya membuat Anda tetap sejuk dan kering sepanjang hari.

Bukan hanya sport bra saja yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda saat berolahraga, tapi penggunaan legging pun memberikan banyak manfaat juga. Berikut manfaat yang didapatkan saat Anda menggunakan legging untuk berolahraga.

1.      Memberikan ruang gerak bebas pada kaki

Melakukan olahraga dengan banyaknya gerakan saat Anda memakai legging dapat membuat kaki Anda bebas bergerak. Tidak ada hambatan apa pun saat Anda melakukanya, terutama saat Anda melakukan intensitas olahraga yang berat. Misalnya saja saat Anda berlari, menggunakan legging akan membuat Anda jauh lebih nyaman jika dibanding saat Anda menggunakan celana yang longgar.

 

2.      Menjaga suhu tubuh bagian kaki

Bentuknya yang mengetat di bagian kaki saat dipakai, legging mampu menjaga suhu udara di dalam tubuh, khususnya pada bagian kaki. Bukan hanya itu saja, legging ternyata mampu menyerap keringat yang dihasilkan saat berolahraga sehingga kaki Anda bisa tetap kering walaupun banyak melakukan Gerakan.

 

3.      Perlindungan terhadap kaki Anda

Celana legging dapat melindungi kaki Anda dari panasnya udara dan tetap menjaga otot agar tidak tegang sehingga saat Anda menggunakan legging untuk berolahraga. Penggunaan celana jenis ini dapat mengurangi risiko terjadinya cedera pada kaki.

Nah, itu dia tadi pembahasan lengkap mengenai sport bar dan legging, mulai dari pengertian, jenis sampai manfaat sudah Anda ketahui semuanya. Mulai sekarang, yuk gunakan sport bra dan legging saat berolahraga untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari latihan yang Anda lakukan.

 

Referensi :

https://www.definitions.net/definition/leggings

https://empoweredzine.com/sports-bra-eye-opening-guide/

https://www.clovia.com/blog/hello-fitness-freak-heres-all-you-need-to-know-about-sports-bra/

https://threadcurve.com/types-of-leggings/

https://www.clovia.com/blog/5-benefits-of-wearing-a-sports-bra/

https://gearbunch.com/blogs/news/the-benefits-of-sports-leggings