Blog

Image

Catat, Begini Cara Menjadi Seorang Atlet Profesional

May 24th, 2022

sfidnfits.com – Setelah menyaksikan SEA Games 2022 kemarin dari awal hingga akhir, kamu pasti takjub dengan mereka yang memboyong berbagai macam medali dan bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah asia.

Kesuksesan atlet di kompetisi kemarin pun menjadi penyemangat banyak orang untuk menjadi seorang atlet. Terbesit di benakmu juga, kamu ingin menjadi atlet dan membawa nama Indonesia saat berkompetisi.

Semua yang kamu inginkan bukanlah hal yang mustahil. Kamu bisa menjadi seorang atlet, bahkan atlet berprestasi yang mencetak banyak kemenangan.

Namun, untuk mencapai semua yang kamu ingin, tentu saja ada usaha dan pengorbanan yang harus dilakukan. Kamu harus memulai langkah demi langkahnya untuk menjadi atlet. Untuk caranya, mari simak di bawah ini.  

 

Catat, Begini Cara Menjadi Seorang Atlet Profesional


1. Temukan olahraga yang kamu sukai


Langkah pertama untuk menjadi seorang atlet adalah temukan olahraga yang benar-benar kamu sukai dan berkomitmenlah untuk menjadi lebih baik dalam hal itu.

Jika kamu menikmati berolahraga yang kamu suka, tingkat stresmu akan lebih rendah daripada jika kamu mencoba melakukan hal-hal yang tidak kamu sukai sepanjang waktu.

Untuk menemukan apa yang kamu suka, kamu bisa memulai dari mengikuti klub olahraga di sekolah atau daerah tempat tinggalmu. Di sana, kamu akan diperkenalkan berbagai macam jenis olahraga.

Kamu bisa memperhatikan satu persatu olahraga dengan teknik yang dilakukannya, dan pilihlah yang kamu sukai. Bila sudah bergabung dan aktif di klub olahraga yang kamu pilih, kamu bisa berlatih dan ikut pertandingan yang diadakan di daerah terlebih dahulu.

 

2. Mulai berlatih sedari dini


Ketahuilah bahwa olahraga bukan hanya tentang memiliki keterampilan, tetapi juga mengeksekusi dan mendemonstrasikannya di lapangan. Untuk mendapatkan kendali atas gerakan dalam permainan, berlatih selama berjam-jam adalah yang paling penting.

Memulai sejak dini dapat membantumu karena belajar di usia muda itu lebih cepat dipahami. Ini juga membantu menanamkan disiplin pada atlet pemula.

 

3. Mempelajari teknik olahraga agar bisa mengembangkan kemampuanmu


Jika kamu memahami seluk-beluk dan nuansa permainan, kamu dapat menangani situasi penting dalam pertandingan penting. Pasalnya, hal ini dilakukan agar kamu bisa memahami, mempelajari aturan, strategi, gerakan, dan lain sebagianya terkait olahragamu.

Saat ini, video pertandingan dapat dilihat kembali, dan kamu dapat mempelajari untuk menyusun rencana permainan dan memahami kelemahan dan kekuatan diri sendiri dan orang lain juga. Ini sangat membantu pemain karena menghindari kesalahan berulang.

 

4. Jaga kesehatan tubuhmu


Para atlet profesional sangat memperhatikan asupan makanan mereka untuk memastikan mereka mengonsumsi bahan bakar yang optimal sebelum berolahraga dan makanan terbaik untuk membantu mereka pulih setelah selesai.

Kamu juga dapat melakukan hal yang sama dengan memastikan dirimu makan makanan yang bergizi sepanjang hari dan menargetkan camilan sebelum dan sesudah latihan sesuai dengan kebutuhan tubuhmu.

Sebelum berolahraga, usahakan untuk mengonsumsi karbohidrat yang mudah dicerna. Setelah selesai, pastikan untuk makan sesuatu yang ringan tetapi kaya protein, seperti smoothie buah dengan protein dalam waktu 45 menit untuk mempercepat pemulihan.

 



5. Merencanakan karir secara profesional


Ketika seseorang berpikir untuk memasuki arena olahraga profesional, aspek komersialnya perlu dipelajari. Perkirakan anggaranmu dan putuskan jumlah yang dapat kamu belanjakan untuk melakukan olahraga yang kamu pilih.

Jangan berasumsi apa pun saat merencanakan untuk mengumpulkan uang dan selalu realistis tentang pengeluaran. Cobalah untuk menyesuaikan pengeluaranmu dengan anggaran.

Kebiasaan menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia membantumu menemukan cara untuk menghemat uang. Seseorang harus yakin dengan kemampuannya sebagai seorang atlet.

Mendapatkan staf dan pelatih teknis terbaik membuatmu lebih mudah untuk fokus pada permainan. Bukanlah langkah yang bijaksana untuk berkompromi dengan kualitas pelatihan dan pembinaan. Selain itu, seorang pelatih memainkan peran penting dalam memotivasi seorang atlet.

 

6. Olahragamu adalah identitas dirimu


Apa yang membuat seseorang atlet melakukan olahraga yang mereka geluti terus menerus? Tentu saja ini bukan tentang seberapa banyak kompetisi dan medali yang mereka raih, tapi ini adalah momen ketika mereka mendefinisikan diri mereka sendiri dengan apa yang mereka lakukan. Olahraga mereka adalah bagian dari identitas mereka, begitupun sebaliknya.

 

7. Jujurlah tentang permintaan dan tuntutanmu 


Kesabaran dan konsistensi dalam kinerja meningkatkan peluangmu untuk terpilih dalam liga olahraga profesional. Ketika menjadi seorang atlet, kamu tahu lebih banyak tentang kebutuhan dan tuntutanmu daripada orang lain.

Oleh karenanya, cobalah untuk jujur dan sopan ketika kamu mengajukan permintaan dan tuntutan kepada otoritas federasi, atau klub olahragamu.

Menjadi seorang atlet tidak hanya butuh usaha saja, tapi juga pengorbanan dan keterampilan. Kamu harus menemukan potensimu, mengasah kemudian melatihnya dengan sungguh-sungguh sampai kamu bisa ikut dalam berbagai tingkat kompetisi. Jika kamu terus percaya pada kemampuan dirimu dan terus berlatih dan menganalisa kemampuan, kemudian mengembangkannya, kamu pasti dapat menjadi atlet profesional.

 

Referensi:

Besthealthmag, (2021). 7 Ways Anyone Can Become an Athlete.

Championshipacademy. Steps for Becoming a Professional Athlete.

Parapuan, (2021). Bagaimana Cara Menjadi Atlet Perempuan di Indonesia? Ini Kata Pelatih.