Blog

Info
Image

5 Perbedaan Utama Bola Voli Lapangan dan Voli Pantai

January 9th, 2020

sfidnfits.com – Sebagian besar dari kita tentunya sudah mengetahui secara pasti tentang olahraga permaian bola Voli. Ya, bola voli adalah salah satu olahraga permainan tim yang menggunakan bola dan jaring net. Bola voli pun terbagi menjadi dua, yaitu voli lapangan dan juga voli pantai. Lantas apa perbedaan dari keduanya? Berikut ini adalah 5 perbedaan utama dari bola voli pantai dan voli lapangan.

 

1. Lapangan Permainan


Sesuai namanya, voli lapangan dan voli pantai dilakukan pada lapangan permainan yang berbeda. Voli lapangan dimainkan di dalam ataupun di luar rapangan dengan lantai lapangan yang keras. Sedangkan voli pantai dimainkan di luar ruangan dengan alas berupa pasir pantai. Ukuran lapangan pada voli lapangan pun cenderung lebih besar daripada voli pantai.

 

2. Jumlah Pemain


Pada permainan voli lapangan, satu tim memiliki pemain hingga 10 orang, 6 orang pemain inti dan 4 orang pemain cadangan. Disisi lain, voli pantai hanya bisa dimainkan oleh 2 orang dalam satu tim dengan tanpa adanya pemain cadangan.

 

3. Bola dan Net


Bola dan net pada kedua jenis olahraga voli ini pun cukup berbeda. Bola voli pantai cenderung menggunakan bola yang lebih besar dan empuk daripada bola voli lapangan. Selain itu, voli pantai juga memiliki bola yang lebih cerah, seperti warna kuning, oranye, merah muda, dan putih. Bagaimanan dengan jaring netnya? Panjang net pada voli pantai ternyata lebih pendek dari pada voli lapangan, hal itu dikarenakan ukuran lapangannya yang juga lebih kecil.

 

4. Servis Bola


Saat melakukan servis, baik voli lapangan mapun voli pantai mengharuskan setiap pemainnya melakukan servis. Namun, jika voli lapangan melakukan pergantian servis pemain searah jarum jam, maka pada permainan voli pantai tidak melakukan putaran karena jumlah pemainnya yang hanya dua orang. Para pemain pada voli lapangan pun memiliki tugasnya sendiri-sendiri, berbeda dengan voli pantai yang membebaskan para pemainnya untuk memilih berbagai posisi.



 

5. Dimainkan Sebanyak Tiga Set


Voli pantai dan voli lapangan sama-sama dimainkan sebanyak 3 set. Perbedaannya, setiap set dalam permainan voli pantai dimainkan sebanyak 21 poin, sedangkan pada voli pantai hanya 25 poin. Selain itu set ke 3 pada voli pantai pun hanya berlangsung sebanyak 15 poin.

 

Itulah ke 5 perbedaan bola voli lapangan dan voli pantai. Jika Anda hobi memainkan salah satu diantara keduanya, jangan lupa untuk melengkapi aksesoris permainan bola voli Anda. Terlebih lagi pada voli lapangan, karena para pemain lebih sering melakukan benturan ke lantai atau jatuh pada lantai yang keras demi menyelamatkan bola agar tidak menyentuh lantai. Untuk itu, lengkapi aksesoris permainan voli Anda dengan menggunakan kneepad, decker, dan juga elbow support. Khusus elbow support, Anda bisa menggunakan Fits Elbow Support, kenapa? karena elbow suport ini memiliki bahan yang tebal dan tidak kasar, sehingga akan melindungi sikut Anda dari hantaman lantai secara lebih aman dan nyaman. Jadi, sudah siap untuk bermain bola voli hari ini?