Blog

Image

Berbagai Cara Meredakan Mabuk Perjalanan saat Mudik

April 26th, 2022

sfidnfits.com – Mendekati hari Raya Idul Fitri, sudah banyak orang-orang melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman bertemu dengan sanak saudara. Tradisi inilah yang dinamakan dengan mudik. Perjalanan mudik bisa ditempuh melalui transportasi jalur darat, laut dan udara.

Dalam perjalannya, mabuk kendaraan sering kali terjadi dan biasanya ditandai dengan pusing kepala, lemas, keringat dingin, wajah terlihat pucat dan perut terasa mual. Ini memang bukan masalah yang serius, tapi menjadi hal yang tidak nyaman saat mudik.

Namun, tenang saja karena kamu bisa mengatasi ini dengan tips dan obat-obatan yang akan dijelaskan di artikel ini.

 

Berbagai Cara Meredakan Mabuk Perjalanan saat Mudik


Penyebab mabuk perjalanan

Mabuk perjalanan terjadi ketika otak menerima sinyal dari bagian tubuh yang merasakan gerakan, yakni mata, telinga bagian dalam, otot, dan persendian. 

Ketika bagian-bagian ini mengirimkan informasi yang bertentangan, otak tidak tahu apakah kamu sedang diam atau bergerak. Reaksi bingung otak inilah yang membuatmu merasa mual.

Misalnya, saat mengendarai mobil, mata melihat pepohonan lewat dan mencatat pergerakan. Telinga bagian dalam merasakan gerakan. 

Otot dan persendian merasakan bahwa tubuhmu sedang duduk diam. Dan, otak merasakan keterputusan di antara pesan-pesan ini. Semua yang bertentangan itulah yang akhirnya membuatmu merasa pusing dan mual.

 

Tips cepat meredakan mabuk perjalanan


Untuk meredakan rasa tidak nyaman akibat mabuk perjalananmu itu, ada cara cepat yang dapat kamu lakukan. Berikut caranya:

1. Mengontrol kemudi

Jika kamu seorang penumpang, pertimbangkan untuk mengambil kemudi kendaraan. Penelitian percaya bahwa mabuk perjalanan disebabkan ketika gerakan yang dilihat mata berbeda dengan gerakan yang dirasakan telinga bagian dalam. Jika kamu mengemudikan mobil, indra ini mungkin terhubung lebih baik.

2. Hadapi arah yang kamu tuju

Jika mengemudi bukanlah suatu pilihan, menghadaplah ke arah mana kamu bepergian. Sekali lagi, ini dapat membantu memutuskan hubungan antara indera visual dan telinga bagian dalammu. 

Di kapal, cobalah bergerak dari belakang ke haluan depan kapal. Beberapa orang melaporkan duduk di kursi depan mengurangi gejala. Di dalam mobil, pertimbangkan untuk menukar kursi belakang dengan seseorang di depan.

3. Tetap menatap objek di depanmu

Berfokus pada objek stasioner di kejauhan adalah taktik lain yang membantu dengan stimulus visual. Sekali lagi, kamu mungkin perlu memindahkan posisi di kendaraan tempatmu bepergian.

4. Ubah posisi

Beberapa orang menemukan bahwa berbaring membuat mabuk perjalanan mereka lebih baik. Bagi orang lain, berdiri mungkin merupakan posisi yang lebih baik. 

Pilihanmu akan bergantung pada jenis perjalananmu, jadi bereksperimenlah untuk melihat mana yang paling cocok untukmu. Jika kamu berada di dalam mobil, menyandarkan kepala ke sandaran kepala dapat membantu mengurangi gerakan kepala.

5. Dapatkan udara segar

Bukalah jendela atau keluar kendaraan terlebih dahulu jika mabuk perjalanan menguasaimu. Jika cuaca atau moda perjalanan tidak memungkinkan, putar ventilasi udara ke arahmu atau pertimbangkan untuk menggunakan kipas angin untuk meniupkan udara ke wajahmu.

6. Konsumsi makanan ringan

Jika keadaanmu tidak memungkinan untuk melanjutkan puasa, kamu dapat konsumsi makanan ringan, seperti biskuit asin untuk dapat meredakan mual. 

Hindari makanan yang berat, berminyak, atau asam karena dapat memperburuk keadaan karena lambat untuk dicerna. Pilihan cemilan baik lainnya termasuk sereal, roti, biji-bijian lain, apel, dan pisang.

7. Minum air atau minuman berkarbonasi

Menyesap air dingin atau minuman berkarbonasi, seperti seltzer atau ginger ale juga dapat mengurangi rasa mual. 

Hindari minuman berkafein, seperti kopi dan soda tertentu yang dapat menyebabkan dehidrasi dan memperburuk mual. Pilihan bagus lainnya termasuk susu dan jus apel.

8. Mengalihkan perhatian dengan musik atau percakapan

Nyalakan radio atau mulai percakapan untuk mengalihkan pikiranmu dari perasaanmu. Para peneliti telah menemukan bahwa mendengarkan musik dapat membantu mengatasi mual dan gejala fisiologis lain yang terkait dengan mabuk perjalanan.

9. Letakkan layar ponsel

Orang yang mengalami mabuk perjalanan mungkin mengalami kesulitan membaca buku atau teks di perangkat yang berbeda. Ini kembali ke keterputusan sensorik antara telinga bagian dalam dan mata. 

Jika kamu berfokus pada sesuatu dari dekat, kamu dapat memperburuk gejala itu. Pertimbangkan untuk beralih ke buku audio, musik, atau bahkan tidur siang untuk menghabiskan waktu.

 



Cara meredakan mabuk perjalanan dengan bahan alami


Berbagai perawatan alami juga dapat membantumu meredakan dan menghentikan mabuk perjalanan. Berikut rekomendasinya:

1. Titik tekanan

Titik tekanan di sepanjang pergelangan tangan yang disebut nei-kuan (P6) dapat membantumu dengan cepat. Letakkan jari telunjuk, tengah, dan manis tangan kananmu di bagian dalam pergelangan tangan kirimu, mulai dari bawah lipatan. 

Titik nei-kuan berada di bawah jari telunjukmu, di antara tendon pergelangan tangan. Berikan tekanan kuat pada satu atau kedua pergelangan tangan selama 4-5 detik.

2. Aromaterapi

Aroma tertentu, seperti jahe murni dan minyak esensial lavender, juga dapat membantu. Minyak esensial peppermint telah digunakan untuk mengurangi mual pada pasien di rumah sakit. 

Ada banyak cara untuk menggunakan minyak, tetapi difusi memiliki risiko interaksi yang paling rendah. Kamu dapat membeli diffuser portable untuk perjalananmu dan kamu hanya perlu menggunakan beberapa tetes minyak per sesi. 

Satu jam adalah waktu maksimum yang disarankan untuk menyebar. Mengendus dari botol minyak esensial, atau menggunakan kalung minyak esensial akan lebih nyaman dalam kendaraan yang bergerak.

3. Teh chamomile

Chamomile adalah ramuan yang membantu menenangkan perut, mengurangi asam, dan mengendurkan otot perut. Kamu dapat menemukan teh chamomile di sebagian besar toko bahan makanan dan di sejumlah marketplace. 

Pertimbangkan untuk menyeduh teh sebelum kamu melakukan perjalanan, menyimpannya dalam cangkir perjalanan, dan meminumnya panas atau dingin.

4. Pelega tenggorokan akar licorice

Akar licorice digunakan untuk meredakan sakit maag, iritasi asam lambung, dan membantu pencernaan. Ini juga dapat membantu menangkal mual dan muntah. 

Kamu dapat membeli tablet hisap secara online di marketplace. Ukuran porsi akan tergantung pada merek yang kamu beli. Pilihan ini mungkin terasa enak, tetapi ingat bahwa itu masih dianggap sebagai suplemen herbal.

 

Cara meredakan mabuk perjalanan dengan obat yang diresepkan dokter


Jika tindakan perawatan diri tadi tidak berhasil, pilihan lain tersedia di toko obat setempat atau melalui resep dokter.

1. Antihistamin OTC

Cobalah minum obat bebas yang mengandung dimenhydrinate (Dramamine), diphenhydramine (Benadryl), atau meclizine (Antivert) 30-60 menit sebelum kamu bepergian hingga setiap enam jam selama perjalanan

Dimenhydrinate dan diphenhydramine umumnya aman untuk anak-anak di atas usia dua tahun, tetapi bicarakan dengan dokter tentang dosisnya. Kamu mungkin mengantuk saat mengonsumsi antihistamin. Jika ini menjadi perhatian, meclizine memiliki efek sedatif yang lebih sedikit daripada pilihan lainnya.

2. Skopolamin

Skopolamin adalah obat resep yang tersedia dalam bentuk pil atau patch kulit. Setiap tambalan, yang diterapkan di belakang telinga, dapat memberikan kelegaan hingga tiga hari. Ada potensi efek samping, seperti mulut kering.

Orang dengan glaukoma atau masalah kesehatan lainnya harus mendiskusikan perawatan ini dengan dokter mereka dan itu mungkin bukan pilihan dalam kasus-kasus tertentu. Obat ini tidak cocok untuk anak-anak.

3. Prometazin

Promethazine adalah resep obat antihistamin yang digunakan untuk mengobati mabuk perjalanan. Ini membantu mengurangi sinyal dari otak yang menyebabkanmu muntah. 

Dosis untuk orang dewasa di bawah 65 tahun adalah 25 miligram dua kali sehari, dengan dosis pertama 30 menit hingga satu jam sebelum perjalanan. Anak-anak antara 2 dan 17 tahun dapat mengambil antara 12,5 dan 25 miligram dua kali sehari.

Mabuk perjalananmu bisa diredakan dengan cara-cara di atas, entah kamu melakukan cara termudah, melalui bahan alami atau obat dokter, kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan. Buat mudikmu lebih nyaman dengan mengantisipasinya. Semoga membantu!

 

Referensi:

Clevelandclinic. Motion Sickness.

Webmd, (2020). Why Do I Get Motion Sickness?

Healthline, (2021). 21 Motion Sickness Remedies to Ease Nausea, Vomiting, and More.