Blog

Image

Bagaimanakah Cara Memilih Sepatu Fitness yang Tepat?

August 12th, 2020

sfidnfits.com – Untuk Anda yang hobi fitness, beberapa dari Anda pasti pernah kebingungan dalam memilih sepatu yang cocok untuk fitness. Terlebih lagi, beberapa merk ternama juga memiliki produk dengan keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi kepada Anda tentang bagaimana cara memilih sepatu fitness yang tepat, baik untuk pemula ataupun untuk yang sudah berpengalaman. Berikut ini adalah cara-caranya.

 

Apa itu Sepatu Fitness?

 

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana cara memilih sepatu fitness yang tepat, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu sepatu fitness. Satu hal yang paling membedakan sepatu fitness dengan sepatu biasa adalah struktur dari sepatu tersebut. Sepatu fitness dilengkapi dengan struktur bantalan yang tinggi agar bisa digunakan pada berbagai jenis latihan, seperti latihan yang memanfaatkan mesin, wight training, treadmill, dll. Namun, berbagai produsen banyak yang mengeluaran model sepatu fitness dengan fitur yang beragam.

 

Sebagian orang memang seringkali ada yang menggunakan sepatu lari untuk sepatu fitness nya. Padahal sebenarnya, sepatu lari didesain untuk melakukan gerakan vertikal ketika berlari, dan tidak memiliki ketahanan untuk melakukan gerakan menyamping atau lateral. Perbedaan ini akan berpengaruh besar pada stabilitas, performa, dan tingkat keamanan Anda ketika menggunakan sepatu untuk latihan fitness, karena pada latihan fitness Anda harus menggunakan gerakan lateral, seperti pada studio program ataupun latihan yang memanfaatkan mesin fitness. Oleh karena itu, memahami berbagai fitur yang terdapat pada sepatu fitness bisa meminimalisir terjadinya cedera dan juga meningkatkan performa latihan.

 

Cara Memilih Sepatu Fitness

Selain harus mencari sepatu dengan ukuran yang pas, Anda juga harus memilih sepatu fitness yang sesuai dengan jenis serta level latihan fitness yang Anda lakukan.

 

1. Pilih Sesuai Jenis Latihan yang Anda Lakukan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah menyesuaikan sepatu dengan jenis latihan Anda. Pada umumnya, jenis-jenis sepatu latihan tersebut adalah sepatu latihan universal, danceweight training, dan lari. Masing-masing dari sepatu tersebut sangat berbeda dan memiliki kelebihan serta kekurangannya sendiri.

 

1.1 Sepatu Universal digunakan untuk Latihan yang Komprehensif

 

Untuk Anda yang berlatih secara komprehensif, baik itu dari latihan aerobik, latihan beban, hingga studio program, maka disarankan untuk memilih sepatu dengan tipe universal yang sudah terbukti multifungsi. Selain itu, sepatu jenis ini juga sangat tepat untuk para pemula yang masih belum mengatahui latihan apa yang harus mereka konsentrasikan.

 

Sepatu ini memiliki keunggulan yang baik dalam hal merespon beragam gerakan vertikal, horizontal, maupun lateral. Sepatu ini juga dibuat dengan ketebalan sol yang medium dengan stabilitas dan kenyamanan yang sesuai, sehingga mampu meminimalisir terjadinya cedera. Jika Anda lebih fokos dalam hal bobot sepatu, maka pilihlah sepatu yang memiliki bobot dibawah 300 gr. Sementara itu, jika Anda lebih fokus untuk meminimalisir cedera, maka pilihlah sepatu yang memiliki ketebalan sol ±4 cm, sehingga mampu meredam segala jenis goncangan. Jika dilihat secara sekilas, sepatu universal memang akan tampak sama dengan sepatu lari atau sepatu fashion. Jadi, Anda harus memerhatikan keterangan yang ada pada sepatu tersebut, apakah sepatu universal atau sepatu lari.

 

1.2 Sepatu Dance Bila Anda Sering Bergerak Menyamping

 

Sepatu ini dibuat khusus untuk melakukan latihan aerobik ataupun latihan tari yang berguna untuk merespon segala gerakan dari berbagai arah, seperti gerakan cepat ataupun gerakan memutar dari berbagai sisi. Pada umumnya, sepatu ini memiliki desain yang agak tinggi dan juga didesain untuk melindungi kaki bahkan ketika Anda melakukan gerakan yang tidak terlalu bertenaga. Kestabilan pada sepatu ini juga terkait langsung dengan performa serta kebugaran Anda.

 

Sepatu jenis ini sangat cocok untuk Anda yang lebih fokus pada latihan tari seperti, studio program, atau sesekali berlatih dengan menggunakan mesin fitness. Poin terpenting yang harus diperhatikan ketika memilih sepatu ini adalah bobot dan ketebalan sol sepatunya. Sepatu tipe ini dibuat dengan memprioritaskan stabilitas dan daya tahan guncangan, sehingga bobotnya akan cenderung lebih berat. Untuk itu, pilihlah bobot sepatu ±350 gram agar kaki Anda bisa lebih ringan ketika melangkah. Bila masih bingung, mintalah rekomendasi pada instrutktur atau pelatih pribadi Anda.

 

1.3 Untuk Latihan Angkat Beban, Pilihlah Sepatu yang Memiliki Stabilitas Tinggi

 

Untuk latihan angkat beban, disarankan untuk memilih sepatu yang memiliki stabilitas dan daya cengkram kuat agar mampu menahan beban secara maksimal. Karena semakin berat beban yang Anda angkat, maka daya cengkram dan keseimbangan sepatu akan semakin penting. Oleh karena itu, pilihlah sepatu dengan sol yang tipis agar Anda masih bisa merasakan permukaan lantai yang Anda pijak. Jika ingin lebih stabil lagi, Anda juga bisa menggunakan sepatu wrestling yang memiliki model potongan yang tinggi, sehingga mampu memberikan rasa nyaman yang lebih banyak. Namun, sepatu jenis ini hanya disarankan untuk mereka yang benar-benar serius dalam menjalani latihan angkat beban. Untuk Anda yang masih pemula, maka sepatu universal sudah cukup untuk Anda gunakan.

 

1.4 Untuk Latihan Lari, Gunakanlah Sepatu dengan Bantalan yang Tinggi

 

Sepatu lari dibuat dengan memusatkan kualitas bantalan dan bobot yang ringan agar bisa meminimalisr beban lutut. Seluruh material sepatu juga dibuat khusus untuk langkah gerak maju. Perlu diketahui juga bahwa sepatu lari dibagi menjadi dua, yaitu sepatu untuk perlombaan dan sepatu untuk latihan. Sepatu yang dibuat khusus untuk lomba dibuat dengan bantalan tipis, sedangkan sepatu untuk latihan lari dibuat dengan sol tebal agar bisa meminimalisir terjadinya cedera. Jadi, untuk Anda yang masuh pemula atau otot kakinya terlalu kuat, maka sepatu lari dengan ketebalan bantalan sekitar 4 cm akan lebih disarankan. Tapi Anda harus berhati-hati saat menggunakannya untuk latihan yang dituntut untuk melakukan gerakan gesit, seperti latihan di studio program. Untuk itu, pilihlah sepatu lari yang sesuai dengan jenis latihan lari Anda.

 

2. Sesuaikanlah Sepatu Lari Dengan Level Latihan Anda

 

Hal penting lainnya yang harus Anda perhatikan dalam memilih sepatu dan perlengkapan olahraga lainnya adalah menyesuaikannya dengan tingkat atau level latihan. Poin ini penting karena jika Anda memilih sepatu lari hanya memerhatikan fungsinya, maka risiko cedera pun bisa meningkat. Sebagai contoh, jika seorang pemula yang masih memiliki otot lemah memilih sepatu ringan dengan bantalan yang lemah dan tipis, maka beban lutut pun akan menjadi besar sehingga bisa menjadi lebih rentan terkena cedera.

 

Pada dasarnya, sepatu universal bisa digunakan oleh siapapun tanpa dibatasi oleh level atau tingkatan tertentu. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan performa dan bisa melangkah lebih jauh, maka Anda bisa memilih sepatu dengan fitur dan spesifikasi khusus seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Mengingat ada banyak sekali jenis sepatu fitness yang diproduksi khusus berdasarkan tipe dan level latihan, maka pastikanlah Anda bisa memilih sepatu dengan level yang sesuai dengan latihan Anda. Jika Anda sudah terbiasa, maka sesi latihan pun akan lebih terasa menyenangkan.

 



Kesimpulan

Agar latihan fitness bisa berjalan dengan nyaman dan aman, maka rasanya tidak berlebihan jika mengatakan bahwa memilih sepatu adalah hal yang sangat penting. Dengan menggunakan sepatu yang sesuai, maka rasa nyaman dalam berlatih pun akan meningkat. Saat inipun Anda tidak perlu bingung lagi dalam mencari tempat atau toko yang menjual sepatu fitness berkualitas dengan harga miring. Karena di SFIDN Fits, Anda bisa mendapatkan sepatu fitness apapun yang Anda inginkan.