Blog

Info
Image

Cara Merawat Sepatu Biar Gak Gampang Rusak

September 4th, 2019

sfidnfits.com - Sepatu merupakan salah satu barang yang jarus dimiliki dan juga harus tetap dalam keadaanya yang nyaman untuk digunakan. Oleh karena  itu, sepatu memerlukan perlakuan yang spesial juga dalam merawatnya. Terlebih lagi, jika Anda adalah seorang kolektor, banyak dari mereka yang memiliki dua buah pasang sepatu dengan jenis yang sama, hal tersebut biasa disebut dengan “one to rock, one to show”. Satu untuk di koleksi, dan satunya untuk digunakan. Nah, agar tampilan sepatumu tetap dalam keadaan yang baik, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat sepatu, diantaranya adalah:

Cara Merawat Sepatu Sneaker

1. Bersihkan dengan Deterjen

Agar sepatumu bisa selalu terlihat bersih dan mengkilap, maka jangan biarkan ada sedikitpun noda yang hinggap di sepatumu. Jika sudah ada noda, maka segeralah bersihkan sepatumu. Kamu tidak perlu mencucinya seluruh bagian sepatu, cukup tuangkan sedikit deterjen dengan air panas, lalu bersihkan noda tersebut.

2. Gunakanlah Sikat Gigi

Untuk bisa membersihkan kotoran yang sulit dijangkau, kamu bisa menggunakan sikat gigi untuk menyikat beberapa bagian sepatu yang sulit dijangkau dengan sikat biasa atau mesin cuci. Selain itu, bulu sikat gigi yang lembut juga terbukti lebih ampuh dalam menjaga kualitas sepatu. Bagian yang tidak terlihat bukan berarti sepatumu bebas dari kotoran.

3. Gunakan Cuka dan Baking Soda

Untuk noda yang terasa sangat sulit dibersihkan dengan deterjen, kamu bisa mencoba membersihkannya dengan campuran cuka dan baking soda. Campuran ini terbukti ampuh dalam membersihkan noda membandel di sepatu.

4. Bersihkan Bagian dalam Sepatu

Ketika mencuci sepatu, jangan lupa juga untuk membersihkan bagian dalam sepatu. Walau tidak terlihat kotor, namun terdapat banyak debu dan kuman yang dihasilkan dari aktivitasmu. Untuk itu pastikanlah bagian dalam sepatumu tercuci dengan bersih. Jika tercium aroma yang bau, kamu bisa menggunakan ampas kopi atau teh yang diletakan di dalam sepatu.

5. Perhatikan Cuaca Terkini

Yang paling penting lainnya adalah dengan memperhatikan cuaca sebelum keluar rumah. Jika memang sedang terjadi musim hujan, pastikan kamu menggunakan sepatu yang lebih kuat dan juga aman. Karena selain mampu melindungi kakimu dari basah, kamu juga bisa sekaligus merawat sepatu tersebut agar tahan lama.

6. Jangan Biarkan Terlalu Lama Kotor

Jika kamu lihat ada noda pada sepatumu, sebisa mungkin segeralah cuci. Karena noda sepatu yang terlalu lama dibiarkan akan semakin sulit untuk dihilangkan bahkan bisa menjadi permanen. Untuk itu, usahakanlah untuk langsung membersihkan noda yang ada pada sepatumu yah.

7. Keringkan Sepatu dengan Sempurna

Saat menjemur sepatu, pastikanlah sepatumu telah benar-benar kering sebelum digunakan lagi. Karena jika masih basah atau setengah basah, sepatumu akan menjadi sarang kuman dan jamur. Terlebih lagi jika digunakan untuk berolahraga, kombinasi sepatu yang masih basah dan keringat kaki hasil olahraga akan menghasilkan aroma bau dan munculnya jamur.

8. Simpan Sepatu Secara Rapih

Agar sepatumu tahan lama, perhatikanlah caramu menyimpan sepatu. Usahakan untuk tidak menyimpan sepatu dengan cara ditumpuk. Hal tersebut akan membuat kotoran pada sepatu lainnya bergabung dan juga mampu merusak kondisi sepatu.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat sepatumu biar gak gampang rusak, dan bisa tetap nyaman digunakan sehari-hari. Semoga berguna.