Blog

Image

7 Jenis Knee Support dan Tingkat Perlindungannya yang Aman untuk Anda

September 15th, 2021

sfidnfits.com – Lutut yang kuat merupakan bagian terpenting dalam olahraga. Pasalnya, sakit atau nyeri pada lutut sering terjadi selama berolahraga, entah saat Anda sedang lari, mengangkat beban berat, atau saat bermain bola. Lutut sakit juga disebabkan oleh beberapa hal, seperti cedera ligamen, tendonitis patella, atau cedera lainnya yang mengganggu latihan Anda.

Untuk mengatasi lutut yang sakit saat berolahraga, maka diperlukan penyangga lutut, atau yang sering disebut knee support. Tujuan penggunaan knee support untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan stabilitas tanpa kehilangan fungsi lutut normal sehingga mengurangi risiko cedera. Namun, Anda juga harus tahu jenis knee support apa yang dibutuhkan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jenis knee support agar Anda paham betul perbedaan satu sama lainnya.


7 Jenis Knee Support dan Tingkat Perlindungannya yang Aman untuk Anda


1. Hinged knee braces


Sumber gambar : mcdavidusa.com

Hinged knee braces dirancang untuk pasien dan atlet yang membutuhkan tingkat perlindungan dan dukungan yang lebih tinggi. Jenis knee support ini menjaga lutut Anda pada posisi yang tepat saat ditekuk, untuk membantu menyembuhkan dan menghindari cedera lebih lanjut.

Umumnya knee support ini diresepkan oleh ahli bedah ortopedi, atau dokter olahraga untuk atlet dengan kerusakan ligamen yang telah diperbaiki dengan tujuan untuk meningkatkan stabilitas dan melindungi ligamen. Hinged knee braces bekerja paling baik jika Anda mengalami rasa sakit dan ketidakstabilan sedang hingga hebat di lutut Anda.

2. Knee stabilizers


Sumber gambar : backtosport.com.au

Knee stabilizers dirancang untuk memberikan perlindungan dan dukungan yang lebih nyaman dengan menggunakan pegas logam ganda di kedua sisinya. Jenis ini akan cocok untuk olahraga jika tidak memiliki penyangga logam.

Biasanya knee stabilizers direkomendasikan untuk atlet yang telah pulih dari cedera ligamen dan baru mulai kembali berolahraga, tetapi masih memiliki sedikit rasa takut. Penggunaan knee stabilizers memberi atlet cukup banyak dukungan saat melakukan latihan lagi.

3. Knee sleeves


Tidak seperti jenis knee support lainnya, knee sleeve digunakan untuk mencegah cedera daripada memulihkannya. Knee sleeve memberikan kehangatan, kompresi, dan meningkatkan dukungan pada lutut. Knee support jenis ini digunakan dalam pengobatan nyeri patellofemoral, atau untuk mengurangi pembengkakan.

Ketika knee sleeve disertakan dengan bantalan yang empuk itu memberikan perlindungan tambahan ke bagian depan lutut. Penting untuk diketahui bahwa knee sleeve hanya dapat membantu meredakan pembengkakan dan memberikan rasa dukungan setelah cedera, jenis ini tidak memberikan peningkatan stabilitas lutut setelah cedera atau operasi.

4. Knee straps


Knee straps adalah solusi yang bagus jika Anda menderita sakit lutut karena tendonitis patella, penyakit osgood-schlatter, atau patela tracking. Knee straps ini bisa dipakai di bawah pakaian dan sangat mudah untuk dilepas pasang. Mengenakan jenis ini membantu mencegah cedera patela dan meminimalkan nyeri lutut dengan menekan tendon patella Anda.

5. Knee pads


Knee pads mungkin bisa masuk dalam jenis knee sleeve dengan bantalan tambahan, atau bantalan luar kaku yang menutupi bagian depan lutut dengan tali yang membungkus kaki untuk mengamankan di tempatnya. Knee pads tidak memberikan peningkatan stabilitas, tetapi dapat mengurangi risiko cedera, terutama dalam aktivitas dengan potensi pukulan langsung ke bagian depan lutut seperti bola voli, skateboard, bersepeda, atau sepatu roda.

6. Wrap around knee braces


Wrap around knee braces adalah jenis knee support yang aman dan nyaman untuk pasien dengan nyeri lutut ringan hingga sedang karena osteoarthritis lutut uni-kompartemen, atau ketidakstabilan kecil. Desain Wrap around knee braces meningkatkan kompresi dan stabilitas yang mudah dilepas pasang, terutama untuk pasien lanjut usia, atau mereka yang memiliki ketangkasan, atau kekuatan jari yang buruk. Knee support ini mengakomodasi sebagian besar variasi bentuk kaki karena tali dan bingkainya yang melingkar.

7. Closed and open patella braces


Sumber gambar : mcdavidusa.com

Closed and open patella braces mungkin membingungkan ketika Anda melihat beberapa open patella braces (memiliki lubang ditengah lutut) dan lainnya dengan closed patella braces (tanpa lubang). Open patella braces memungkinkan pengurangan tekanan lutut dan dukungan penutup lutut ekstra dengan gerakan dan pelacakan yang tepat. Sedangkan, closed patella braces menawarkan kompresi ditutup lutut dengan tekanan yang sama seperti bagian lutut lainnya dan memiliki dukungan tambahan. Tanyakan kepada dokter Anda jika Anda tidak yakin pilihan mana yang lebih baik untuk kebutuhan Anda.




3 tingkat perlindungan knee support


Ketika Anda memilih knee support, maka pilihlah tingkat perlindungan yang baik. Knee support memiliki tiga tingkat perlindungan dan Anda bisa mengetahui jelas dari ketiga tingkatannya di ulasan berikut :

· Knee support tingkat 1 menawarkan dukungan paling sedikit, tetapi paling fleksibel, seperti pada jenis knee sleeves. Knee support dengan tingkat satu ini terbaik untuk menghilangkan rasa sakit dan memberikan dukungan ringan hingga sedang saat Anda aktif sepenuhnya berolahraga.
· Knee support tingkat 2 menawarkan perlindungan lebih dari tingkat 1. Pada tingkat ini knee support tidaklah fleksibel, tetapi masih memungkinkan digunakan untuk berbagai gerakan olahraga. Wrap around braces and knee straps adalah contoh jenis tingkat 2 dari knee support yang baik. Anda akan menerima dukungan lutut ringan hingga sedang untuk menghilangkan rasa sakit yang terkait dengan ketidakstabilan ligamen dan tendonitis.
· Knee support tingkat 3 menawarkan dukungan paling banyak, tetapi gerakan terbatas. Jenis knee support ini juga umumnya lebih berat, seperti hinged knee braces contohnya. Pada tingkatan ini, knee support yang terbaik digunakan untuk pulih dari operasi saat gerakan lutut harus dibatasi untuk mencegah cedera ulang. Untuk melangkah lebih jauh, selalu ada opsi tingkatan 3+ untuk perlindungan maksimum. Tingkat 3 ini paling baik untuk membantu menghilangkan rasa sakit dan mendukung ketidakstabilan dan kondisi sedang hingga besar.

Nah, itulah sederet jenis knee support dan tingkatan perlindungannya yang bisa menambah wawasan Anda. Perlu diingat kalau knee support harus dipakai jika Anda mengalami nyeri lutut, atau saat Anda ingin mencegah cedera selama berolahraga dengan intensitas tinggi, di mana kemungkinan cedera lutut bisa terjadi pada Anda. Knee support juga dapat digunakan untuk tujuan rehabilitatif, misalnya setelah cedera. Jangan lupa, konsultasikan juga dengan dokter untuk menggunakannya, terlebih bila Anda dalam keadaan pemulihan dari cedera.

 

Referensi :

Backtosport, (2020). How To Choose A Knee Brace For Sport Or Recovery?

Mcdavidusa, (2020). HOW TO CHOOSE THE RIGHT KNEE BRACE.

Healthychildren, (2019). Knee Pain: How to Choose the Right Knee Brace for Your Child.

Ossur, (2020). Types of Knee Braces.

Coreconcepts, (2021). Choosing The Right Knee Support.