Blog

Image

Fungsi dan Manfaat Dari Deker Lutut

September 21st, 2020

sfidnfits.com - Knee protector atau yang biasa disebut deker lutut adalah aksesoris olahraga yang berfungsi untuk mencegah dan juga melindungi anda dari cedera. Deker lutut ini biasa digunakan oleh atlet-atlet voli maupun badminton. Selain untuk mencegah dan melindungi lutut dari cedera, ada beberapa fungsi lainnya yang terdapat pada deker lutut atau knee protector. Berikut ini adalah fungsi dari deker lutut  :


Berbagai Fungsi dan Manfaat dari Deker Lutut


Deker lutut selain berfungsi untuk meminimalisir resiko dari cedera juga bisa memberikan rasa aman dan nyaman, ternyata berbagai macam fungsi deker lutut yang merupakan aksesoris olahraga yang satu ini selain melindungi anda dari cedera banyak sekali fungsinya dan memiliki sejumlah manfaat diantaranya :

- Menjaga Kesehatan Lutut

Ketika anda menggunakan deker lutut pasti menghilangkan sedikit rasa khawatir akan terjadinya cedera. Salah satu fungsi deker lutut adalah menjaga kesehatan lutut anda agar mencegah anda dari resiko cedera.


- Membantu Recovery

Deker lutut juga mempunyai fungsi untuk membantu anda proses recovery cedera yang sebelumnya terjadi, biasanya hal ini sering terjadi kepada atlet yang baru saja cedera, kegunaanya ada untuk mengkontrol pergerakan sendi selama proses recovery.


Jenis-Jenis Deker Lutut


Ada berbagai macam jenis variasi deker lutut selain  melindungi anda dari cedera ada berbagai macam jenis  dengan fungsi dan kegunaanya masing-masing, berikut ini adalah informasi tentang berbagai macam jenis fungsi dari Knee Protection atau deker lutut :

 

1. Knee Sleves

Deker lutut yang satu ini paling sering ditemukan dipasaran dan dapat mendukung lutut anda untuk aktivitas sehari- sehari. Jenis pelindung lutut yang satu ini terbuat dari bahan elastis yang dapat menekan bagian lutut untuk menghindari anda dari rasa nyeri selama anda beraktivitas.


2. Deker Lutut Fungsional

Deker lutut yang satu ini sering digunakan oleh para atlet yang sedang melakukan masa recovery sehabis cedera. Deker lutut yang satu ini dapat mengstabilkan gerakan  lutut dan melindungi dari cedera dalam waktu singkat.


3. Deker Lutut Rehabilitative

Deker lutut yang satu ini baik di gunakan untuk anda yang baru di terkena cedera. atau setelah operasi lutut. Fungsi dari deker lutut yang satu ini adalah mengontrol gerakan tempurung lutut yang berfungsi untuk recovery setelah anda mengalami cedera walaupun banyak dokter yang sudah tidak lagi merekomendasikan deker lutut yang satu ini untuk digunakan karena dinilai kurang efektif dalam memberi manfaat bagi clientnya.




4. Deker Lutut Profilaktik

Deket lutut yang satu ini sering digunakan oleh atlet yang memiliki resiko cedera benturan seperti volly, american fotball dan lainya karena dinilai cukup efektif untuk melindungi dari cedera lutut walaupun belum.

              

Dari berbagai macam fungsi dari deker lutut, aksesoris olahraga yang satu ini bisa di kategorikan sangat efektif untuk memberikan rasa nyaman dan tenang saat melakukan aktivitas seperti olahraga. Bagi kalian yang ingin memiliki deker lutut yang bisa melindungi anda dari cedera, berikut ini adalah informasi produk deker lutut yang bisa melindungi anda dari cedera :


1. FITS PATELLA KNEE SUPPORT PADDED BRACER


Description : Tali ini terbuat dari neoprene & nilon berkualitas tinggi yang membuatnya ringan & lembut, kain Lycra lembut, nyaman dan elastis, tidak akan membuat lutut lecet akibat gesekan karena pemakaian yang lama. Desain dua tahap yang dapat disesuaikan untuk ukuran kaki yang berbeda. Tali penopang tendon patela yang dapat disesuaikan dipasang untuk ukuran lutut. Dan tali fiksasi silang menjaga ketegangan tali pabtela dan tidak akan longgar selama pemakaian, Sangat cocok untuk setiap kegiatan yang melibatkan banyak tekanan pada sendi seperti, baseball, basket, crossfit, sepak bola, golf, gym, hiking, berlari, tenis, bola voli, dan olahraga intens lainnya yang perlu sering melompat dan mendarat.


2. FITS KNEE PAD BRACE BANDAGE SUPPORT PROTECTOR


Dimensions : Ukuran (Lingkar Bagian Atas X Lingkar Bagian Bawah X Panjang): S = 32cm X 28cm X 25cm, M = 34cm X 28cm X 25cm, L = 36cm X 30cm X 27cm. Panjang Perekat: S = 32cm, M = 38cm, L = 40cm. Lebar Perekat : 5cm.


Bagi anda yang membutuhkan deker lutut baik untuk berolahrga ringan atau berat, untuk proses recovery dari cedera lutut atau untuk aktivitas lainya yang menimbulkan cedera lutut, seperti hiking anda bisa memiliki knee protection diatas, anda bisa cek di link berikut ini : Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada


Referensi 

- https://www.sehatq.com/artikel/deker-lutut-alat-penting-untuk-lindungi-lutut-dari-cedera

- https://www.sehatq.com/artikel/tipe-pelindung-lutut-yang-bisa-anda-pilih-berdasarkan-fungsinya