Blog

Image

Mengenal Penjelasan, Karakteristik dan Kelebihan Bahan Neoprene

September 3rd, 2021

sfidnfits.com - Neoprene adalah karet sintetis pertama yang berhasil dibuat sejak tahun 1930. Pasalnya, pada saat itu karet alam sangat diminati selama tahun 1920-an sehingga harganya terus naik. Permintaan mengarah pada pencarian karet sintetis yang sebanding. Selama tahun 1930, seorang ahli kimia dari DuPont menghasilkan zat seperti karet yang kemudian diberi nama Neoprene.

Neoprene adalah jenis polimer. Polimer adalah molekul besar yang terdiri dari unit struktural berulang dan diproduksi oleh polimerisasi kloroprena. Kloroprena mengikat semua molekul reaksi kimia yang menciptakan chip polikloroprena. Chip polikloroprena tersebut kemudian dilebur dan dicampur dengan berbagai bahan pembusa dan pigmen karbon. Campuran ini kemudian dipanggang sampai mengembang. Hasil akhirnya adalah lembaran neoprene. Neoprene dijual baik sebagai karet padat, atau dalam bentuk lateks.

Bahan ini sudah banyak digunakan dalam dunia produksi. Anda bisa mengetahui secara lengkap tentang neoprene dari artikel ini.


Mengenal Penjelasan, Karakteristik dan Kelebihan Bahan Neoprene


Pengertian neoprene


Sumber gambar :  indonesian.alibaba.com

Neoprene, atau polychloroprene adalah bagian dari keluarga karet sintetis yang diproduksi oleh polimerisasi chloroprene. Polimer polikloroprena adalah komponen utama neoprene dan dicirikan oleh ketahanan panas dan kimianya, serta kinerja suhu.


Karakteristik neoprene


Sumber gambar : indonesian.alibaba.com

Menjadi bagian dari karet sintetis, tentu saja neoprene dijadikan sebagai bahan karet yang serba guna. Karakteristis dari neoprene adalah memiliki kekuatan menarik yang baik, membuatnya bagus dalam pengaturan industri dan lingkungan lain di mana ada banyak gerakan yang dilakukan. Selain itu, Neoprene memiliki ketahanan yang baik terhadap bahan kimia, air, panas, api, oksigen dan ozon dibandingkan dengan karet alam. Bahkan, perlu Anda ketahui kalau bahannya juga tahan terhadap cuaca dan sinar matahari




Penggunaan neoprene

Banyaknya keunggulan yang dimiliki oleh neoprene ini membuat bahan ini banyak digunakan di sejumlah industri. Simak penggunaan dari neoprene melalui daftar di bawah ini :

1. Aplikasi listrik dan elektronik

Sumber gambar : indonesian.alibaba.com

Neoprene memiliki keunggulan tahan api dan statis sehingga membuatnya banyak digunakan sebagai isolator pada transformator daya, bola lampu, kabel, dan aplikasi listrik lainnya. Untuk alasan yang sama, neoprene juga sering digunakan sebagai perisai untuk elektronik, seperti laptop.

2. Penggunaan peralatan keselamatan

Neoprene sangat cocok digunakan untuk sarung tangan dan pakaian pelindung lainnya karena kemampuannya untuk bekerja dalam berbagai suhu sambil memberikan ketahanan termal dan tetap fleksibel. Selain itu, ketahanannya terhadap minyak, bahan kimia dan air dari neoprene menambah pertahanannya sebagai bahan yang digunakan untuk peralatan keselamatan.

3. Penggunaan di laut

Sumber gambar : indonesian.alibaba.com

Ketahanannya terhadap air dan panas membuat neoprene juga digunakan dalam pakaian selam. Kemudian, nitrogen ditambahkan untuk meningkatkan insulasi yang meningkatkan daya apung secara keseluruhan sehingga pakaian tersebut harus diberi bobot untuk menghindari mengambang, atau menyeret penyelam kembali ke permukaan.

4. Penggunaan otomotif

Sumber gambar : poppolling.com

Neoprene tahan abrasi, sobek, pelarut, minyak dan cuaca, serta tahan panas dan api dan dapat digunakan untuk memproduksi suku cadang otomotif. Selain itu, segel jendela dan pintu, penutup selang, ikat pinggang, dudukan getaran dan segel peredam kejut semuanya berisi bahan neoprene itu.

5. Penggunaan medis neoprene

Sumber gambar : elitecme.com

Neoprene digunakan untuk membuat penyangga, seperti penyangga tangan, lutut dan siku karena fleksibilitasnya, daya tahan pakainya dan kemampuannya untuk mempertahankan bentuknya dari waktu ke waktu.

6. Penggunaan pengemasan

Sumber gambar : indonesian.alibaba.com

Digunakan untuk pengemasan karena neoprene pada dasarnya adalah karet lunak, bahan bantalan dan penguat yang kuat untuk beberapa aplikasi yang rumit.


Kelebihan neoprene


Sumber gambar :  indonesian.alibaba.com

Hal yang paling unggul dari neoprene adalah memiliki sifat tahan air dan tahan korosi yang membuatnya tahan terhadap berbagai faktor lingkungan, termasuk UV, ozon, dan oksidasi. Selain itu, stabilitas termal yang baik membuatnya tetap fleksibel pada rentang suhu yang luas dari -40 °C hingga +120 °C.

Bahkan, neoprene juga populer karena ketahanan kimianya yang kuat karena tetap tidak terpengaruh oleh berbagai bahan kimia termasuk pelarut, minyak dan bahan bakar berbasis minyak bumi. Neoprene juga tahan lama, tahan sobek dan mudah menempel pada logam dan kain. Selain itu juga, dalam beberapa kasus, neoprene ini tahan terhadap api.


Kekurangan neoprene

Sumber gambar :  indonesian.alibaba.com

Selain dari kelebihan, kekurangan yang paling utama dari neoprene adalah biayanya yang cukup mahal. Beberapa bahan lain menawarkan karakteristik serupa dengan harga lebih rendah, tetapi gagal menawarkan rangkaian lengkap dari karakteristik yang dilakukan neoprene.

Neoprene juga menawarkan ketahanan yang buruk terhadap asam pengoksidasi kuat, ester, keton dan hidrokarbon tertentu. Sebagai perbandingan, bahan karet lainnya menghasilkan ketahanan minyak yang unggul. Kerugian terakhir dari neoprene adalah dapat menyerap air dari waktu ke waktu dan karena alasan ini, neoprene tidak direkomendasikan sebagai isolator listrik.

Itulah tadi pembahasan tentang bahan neoprene dari mulai pengertian, karakteristis, penggunaan dan kelebihan serta kekurangannya. Semoga artikel ini membantu pengetahuan Anda tentang berbagai macam bahan yang sering digunakan dalam dunia industri. 


Referensi :

Caltrend. NEOPRENE – WHAT IS NEOPRENE? IS IT WATERPROOF? GREAT FOR SEAT COVERS?

Alanto. What Is Neoprene? Properties & Applications.

Hilltop-products, (2017). What Is Neoprene And Why Is It Used So Widely?

Vedantu. What is Neoprene?

Processindustryforum. What is Neoprene and why should we use it?