Blog

Info
Image

Tips Menghindari Hernia karena Latihan Fitness

July 16th, 2019

sfidnfits.com - Untuk Anda para pria pecinta olahraga, khususnya olahraga angkat beban atau latihan fitness, Anda mungkin sudah harus mulai waspada tentang penyakit ini, yaitu hernia. Penyakit ini sering kali menyerang para pria, terutama mereka yang sering melakukan latihan fitness, atau aktivitas lainnya yang menuntut fisik untuk mengangkat sesuatu yang berat. Jika penyakit hernia sudah menyerang, maka akan mengalami rasa yang sangat tidak nyaman, bahkan jika dibiarkan akan sangat terasa sakit dan berakibat fatal.

Apa itu Hernia?


Hernia merupakaan suatu keadaan dimana terjadi semacam benjolan yang hilang-timbul di sekitar area pusar, atas kemaluan, lipatan paha, ataupun kantung zakar. Benjolan tersebut adalah lapisan jaringan rongga perut atau bagian usus yang keluar dari rongga perut pada bagian dinding perut yang melemah dan umumnya berada di sekitar kanal inguinal (suaru organ reproduksi di area lipatan paha).

Hal ini bisa terjadi karena adanya peningkatan tekangan pada area dalam rongga perut yang mampu menghasilkan gaya dorong pada lapisan rongga perut atau usus yang keluar dari area rongga perut bagian dinding perut yang lemah sehingga terlihat adanya benjolan dari luar tubuh. Benjolan ini biasanya akan berkurang atau hilang jika tubuh berada pada posisi berbaring.

Pada fase awal, lapisan rongga perut atau usus yang keluar tidak akan terlalu banyak dan para penderitanya tidak akan mengeluh sakit. Namun, lama-kelamaan bagian tersebut akan melemah dan membesar, jaringan lapisan rongga perut ataupun usus yang keluar akan meningkat lebih banyak dan mampu menghasilkan jepitan pada pembuluh darah yang mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa.

Jenis Penyakit Hernia


Penyakit hernia bisa dibedakan menjadi dua jenis jika diperhatikan berdasarkan penyebab terjadinya, yaitu hernia congenital (bawaan) dan juga hernia akuisita (cedera). Jika diperhatikan pada posisi munculnya benjolan, maka hernia dibedakan menjadi 3, yaitu hernia inguinal (lipatan paha), hernia skrotalis (kantung zakar), dan hernia umbilicalis (area pusar).

Dua jenis hernia yang pertama sering kali terjadi karena tekanan yang berlebihan di dalam rongga perut dan dapat semakin melemah atau melebar dan bahkan merobek hingga penyakit hernia itu muncul.

Tindakan Medis


Jika Anda menderita penyakit ini, maka langkah medis yang sering kali diambil adalah melakukan operasi dengan tujuan memperkuat bagian dinding perut yang melemah serta mengembalikan isi benjolan hernia ke dalam rongga perut. Pasca operasi, Anda biasanya diharuskah untuk melakukan suatu terapi dengan mengenakan celan spotter atau celana penyangga dan dilarang untuk melakukan kegiatan yang berat selama beberapa waktu.

Cara Menghindari Penyakit Hernia


Agar Anda bisa terhindar dari penyakit ini, maka hal yang paling penting yang harus dilakukan, khususnya para penggemar fitness, adalah dengan memperhatikan teknik angkat beban. Jika sebelumnya Anda melakukan teknik ini dengan menahan napas saat mengankat beban lalu menghembuskan napas ketika beban diturunkan, maka segera tinggalkan teknik ini. Dengan menahan napas saat mengangkat atau menarik beban, memang tenaga Anda akan meningkat, namun disanalah resiko penyakit hernia timbul, karena tindakan tersebut akan memberikan tekanan ekstra pada rongga perut.

Tentunya resiko tersebut tidak mau Anda ambil, kan? Maka idealnya adalah, anda harus membuang napas saat mengangkat beban atau menarik beban lalu mengambil napas saat menurunkan beban tersebut. Anda bisa beridiskusi atau bertanya dengan instruktur fitness tempat Anda berlatih.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan usaha lainnya yaitu dengan menggunakan celana spotter atau sabuk fintess yang mampu mencegah terjadinya beban ekstra di dalam rongga perut karena mengangkat beban berat. Salah satu sabuk fitness yang bisa Anda coba adalah dengan Fits Powerbelt. Sabuk ini mampu membantu Anda dalam melakukan berbagai gerakan yang membebani perut Anda seperti gerakan deadlift, squat, lunges, benchpress, dll. Selain bisa menghindari penyakit hernia, Fits Powerbelt juga akan menambah tenaga dan rasa percaya diri Anda, mencegah cedera di area punggung dan pinggang, menjaga pernapasan perut, dan mencegah terjadinya turun kemih.

Lakukan juga latihan yang ringan secara bertahap dan rutin, terutama latihlah otot perut Anda secara keseluruhan. Karena latihan tersebut akan mampu mempersiapkan otot Anda dalam mengangkat beban yang berat.


 


Beli Sekarang