Blog

Info
Image

Menjelajahi Objek Wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

September 5th, 2019

sfidnfits.com – Gunung Bromo merupakan wisata andalan Indonesia yang berhasil menarik minat banyak wisatawan tiap tahunnya. Berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, Gunung Bromo memperlihatkan bentang alamnya yang memesona. Terlebih lagi, Bromo dikenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang dijuluki The Famous Sunrise. Tak hanya itu, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ternyata masih memiliki banyak objek wisata lain yang wajib kamu kunjungi saat liburan. Apa sajakah itu?

Pura Luhur Poten


Gunung Bromo dipercaya sebagai gunung suci oleh suku Tengger. Suku Tengger merupakan suku yang mendiami dataran tinggi di sekitar kawasan pegunungan Bromo. Tengger sendiri memiliki arti berdiri tegak atau berdiam tanpa gerak, yang melambangkan watak orang tengger yang berbudi pekerti luhur. Tengger juga memiliki makna pegunungan yang sesuai dengan daerah kediaman suku Tengger. Sementara, kata Tengger berasal dari gabungan nama leluhur suku Tengger, yakni Rara Anteng dan Jaka Seger.

Terlepas dari itu, sebagian penduduk di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan pemeluk agama Hindu. Pura Luhur Poten yang berada di area lautan pasir adalah tempat ibadah sekaligus tempat upacara dan ritual saat perayaan hari-hari besar, salah satunya Upacara Yadnya Kasada. Berada tepat di kaki Gunung Bromo, wisatawan juga bisa menikmati matahari terbit di tengah lautan pasir berselimut udara yang sangat dingin.

Kawah Gunung Bromo


Kawah Gunung Bromo adalah destinasi utama yang tak boleh terlewat ketika berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Untuk mencapainya, wisatawan perlu mendaki Gunung Bromo terlebih dahulu melalui tangga yang telah disediakan. Setelah memakan waktu sekitar satu jam untuk sampai puncak, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan kawah gunung berapi dari dekat. Kawah ini memiliki garis tengah sekitar 800 meter (utara-selatan) dan 600 meter (timur-barat). Sementara daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari sekitar 4 kilometer dari pusat kawah. Selain menyaksikan fenomena gunung vulkanik yang masih aktif, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan lautan pasir bromo yang terbentang luas.

Pasir Berbisik


Pasir Berbisik ini dahulunya adalah padang pasir yang sangat sepi hingga suara angin yang menghempas pasir terdengar seperti bisikan. Terlebih lagi, wisata ini dinamakan Pasir Berbisik karena berkaitan dengan film karya Garin Nugroho yang berjudul Pasir Berbisik, yang pembuatan filmnya juga berlokasi di sini. Lautan pasir ini berada di sebelah timur Kawah Gunung Bromo di ketinggian 2000 mdpl. Di sini, wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan seru, seperti berkuda atau berkeliling dengan mobil offroad. Namun, pengunjung diharapkan membawa kacamata atau shal sebab pasir yang terus tertiup angin kencang.

Bukit Pananjakan


Bukit Pananjakan adalah gugusan bukit tertinggi yang berada di sisi utara Gunung Bromo, yang juga menjadi tempat pantau aktivitas Gunung Bromo. Bukit Pananjakan dianggap sebagai tempat yang paling strategis untuk menyaksikan pesona alam Gunung Bromo, terutama matahari terbit yang dijuluki The Famous Sunrise. Untuk dapat menyaksikan fenomena ini secara maksimal, wisatawan harus sudah sampai pada pukul 04.00 pagi dan mencari tempat yang strategis. Wisatawan juga akan disuguhkan dengan The Sea of Sand berupa lautan pasir yang tertutup awan putih hingga seolah-olah berada di atas awan. Selain Pananjakan, wisatawan juga bisa melihat sunrise di sisi lain Gunung Bromo, yakni Bukit Cinta dan Bukit Kingkong.

Bukit Teletubbies


Sama seperti Pananjakan, Bukit Teletubbies juga sudah terkenal di kalangan wisatawan. Bukit ini dinamakan Teletubbies karena bergelombang seperti dalam serial tersebut. Wisatawan bisa berfoto di kawasan ini dengan latar karst yang berselimut rerumputan hijau. Resor Plataran Bromo pun menyediakan paket piknik breakfast sehingga wisatawan bisa menikmati sarapan di tengah alam Tengger yang menakjubkan.

Selain yang disebutkan di atas, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru masih memiliki banyak objek wisata lain yang tak kalah memesona, seperti Gunung Semeru, Danau Ranukumbolo, hingga Air Terjun Madakaripura. Jadi, jangan lupa kunjungi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru saat nanti liburan ya!