Blog

Info
Image

Mengenal lebih dekat Obyek Wisata Candi Prambanan Indonesia

July 30th, 2019

sfidnfits.com – Sebagai orang Indonesia, siapa yang tidak tahu salah satu obyek wisata yang juga merupakan salah satu warisan dunia UNESCO ini? Candi Prambanan adalah salah satu candi yang sangat terkenal di Indonesia bahkan di dunia. Candi Prambanan sudah menjadi warisan budaya dunia sejak tahun 1991. 

Selain indah dan juga megah, bangunan penting umat Hindu ini juga mempunyai banyak sekali hal-hal yang wajib kita eksplorasi. Diawali dari legendanya, kompleks bangunan yang sangat megah, hingga Sendratari Ramayananya.

Simak artikel ini sampai habis dan temukan fakta menarik dari candi Prambanan ini!


Mengenal lebih dekat Obyek Wisata Candi Prambanan Indonesia


Asal Usul Candi Prambanan


Jika kita membahas tentang candi Prambanan, hal ter relate yang pasti dibahas adalah tentang cerita Roro Jonggrang. Tapi, ternyata ada versi cerita lain yang perlu kamu tahu yaitu bahwa Candi ini berasal dari Warisan rakai pikatan. 

Warisan rakai pikatan

Diceritakan dahulu pembangunan candi ini dimulai oleh Rakai Pikatan (Raja mataram kuno dari Wangsa Sanjaya). Pembangunan tersebut dimulai sekitar tahun 850 masehi dan terus berlanjut sampai pemerintahan Raja Lokapala. Bangunan ini adalah ‘tandingan’ dari situs Wangsa Syailendra, yaitu Candi Borobudur. 


Berdasarkan Prasasti Shivagrha, ada informasi bahwa tempat ini dicipatakan untuk menghormati Dewa Siwa sebagai dewa tertinggi. Meski telah diciptakan banyak candi kecil disekitarnya, situs prambanan ini tetap menjadi tempat utama untuk menggelar upacara sacral dan upacara pengorbanan agama Hindu. 

Tapi semua berubah saat Mpu Sindok ( Raja terakhir dari Wangsa Sanjaya, Memindahkan pusat kerajaan ke Jawa Timur. Bangunan yang pembangunannya dirintis oleh Rakai Pikatan ini mulai ditinggalkan dan lama-kelamaan hancur.


Legenda Roro Jonggrang

Asal usul pertama (rakai pikatan) adalah versi sejarah nasional, sedangkan versi Jawa nya adalah berasarkan legenda Roro Jonggrang. Diawali dari cerita seorang Raja bernama Prabu Boko yang mempunyai putri cantik yang dinamai dengan Roro Jonggrang. 

Pada suatu hari, kerajaan Prabu Boko ini diserang oleh Kerajaan Pengging yang dipimpin oleh pangeran Bandung Bondowoso. Sayangnya, Prabu Boko meninggal dan seluruh kerajaan jatuh ke tangan sang pangeran. 


Bandung Bondowoso ternyata sangat berniat untuk menikahi Roro Jonggrang. Roro Jonggrang yang sangat benci terhadap si pangeran ini mensiasati dengan meminta agar membuatkannya candi sejumlah 1000 candi dalam waktu hanya semalam saja.

Upaya ini tentunya mustahil dengan tujuan agar Bandung Bondowoso gagal memperistri Roro Jonggrang. Tapi, ekspektasi Roro Jonggrang berbanding terbalik, Bondowoso dengan bantuan Jin hampir berhasil membuat 1000 candi. 

Sebelum sampai ke candi 1000, Roro Jonggrang menumbuk lesung saat dini hari sehingga ayam berkokok. Karena mengira hari sudah pagi, para jin pun bergegas pergi padahal pekerjaan mereka belum selesai. Hanya tercipta total 999 candi.

Roro Jonggrang pun bahagia, tapi tidak dengan Bandung Bondowoso. Karena menyadari kecurangan Roro Jonggrang, Bondowoso pun emosi dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi candi ke 1000.

Lengenda ini sangat terkenal dikalangan masyarakat Jawa sebagai asal usul terciptanya candi Prambanan. Konon, patung Roro Jonggrang tersebut, yang merupakan jelmaan asli sang gadis, masih bersemayam di salah satu candi di Prambanan. 




Bagian Bagian Candi Prambanan

Bagian wisata Candi Prambanan dibagi menjadi 3 zona, yaitu pelataran njobo. Tengahan, dan njeron. 

a. Pelataran Njobo (Luar)

Pelataran njobo berukuran 390m persegi. Pelataran ini mendapat inspirasi dari Bhurloka (penuh hawa nafsu). Hal tersebut tergambar dari kaki bangunan pelataran.


b. Pelataran Tengahan (Tengah)

Berukuran 222m persegi. Mempunyai 4 teras yang disusun berundak. Setiap teras mempunyai candi dengan ukuran yang sama dan jumlah totalnya 878 candi. Sayangnya kini hanya tersisa reruntuhannya saja karena gempa yang terjadi di Jogja 2006 lalu. Inspirasi Bhuvarloka tergambar pada tubuh candi dipelataran tengah. 

Bhuvarloka adalah alam tengah yang berisi orang suci dan juga dewa-dewa, tapi bukan yang paling tinggi. Disini alam transisi dari keadaan penuh hawa nafsu ke keadaan suci menuju Tuhan.


c. Pelataran Njeron (Dalam)

Pelataran ini terinspirasi dari Svargaloka (alam tertinggi dan paling suci). Svargaloka dituangkan dalam bentuk mahkota yang menghiasi candi dipelataran njeron ini. Pada bagian ini terdapat 3 candi utama dan dianggap candi paling suci.

iniz


Candi Utama di Candi Prambanan

Bagian yang paling favorit dari obyek wisata Candi Prambanan dikenal dengan candi utama. Biasanya candi utama inilah yang sering dijadikan spot foto para wisatawan. Mengapa disebut sebagai candi utama? Jawabannya tentu karena ketiga candi ini diperuntukan untuk dewa tertinggi.


1. Candi Dewa Siwa



2. Candi Dewa Wisnu



3. Candi Dewa Brahma



Candi Pendukung

Untuk menghormati ketiga dewa diatas, maka dibuat juga candi pendukung lainnya yaitu : Candi wahana, candi apit, candi pendamping (perwara) ~ candi ini totalnya ada 224 unit, candi ini mungkin sering luput dari perhatian pengunjung karena sudah banyak yang rusak. Sampai 2017 baru dipugar sebanyak 2 unit saja.Candi perwara ini disusun 4 baris yang menunjukan susunan kasta umat Hindu.


Sendratari Ramayana



Sudah melihat cerita di relief candi, tapi masih bingung tentang ceritanya? Langsung lihat versi live nya! Melalui Sendratari Ramayana kamu bisa mereview ulang cerita pada relief candi tersebut. Ini merupakan pertunjukan gabungan antara drama dan tari tanpa dialog.Pagelaran tari ini digelar pada malam hari setiap hari selasa, kamis, dan sabtu pada pukul 19.30 sampai 21.30 WIB. 




Nah, itu dia informasi tentang objek wisata candi prambanan Indonesia yang wajib kamu ketahui #FITSERS! So, kapan lagi kamu akan mengunjungi salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia ini? lengkapi pengalaman lebih maksimal dengan memakai FITS Phantom juga ya!