Blog

Info
Image

Berlibur di 3 Tempat Wisata Terbaik Gunung Kidul

October 10th, 2019

sfidn.com - Belum ketemu tujuan untuk berlibur di akhir pekan ini? Atau belum tahu tempat wisata yang menarik? Jangan khawatir, khusus untuk Anda yang bertempat tinggal di Yogyakarta atau sedang berada di kota ini, Anda bisa mengunjungi tempat wisata di daerah Gunung Kidul. Daerah ini adalah sebuah Kabupaten yang berada tepat di daerah paling selatan Yogyakarta yang berbatasan langsung dengan kabupaten Klaten, kabupaten Sukoharjo, kabupaten Wonogiri, Samudra Hindia, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Sleman.

Perbukitan dan pegunungan kapur juga meliputi sebagian besar wilayah gunung kidul, sehingga Anda harus berhati-hati jika tertarik kesana. Namun, di tempat ini terdapat begitu banyak wisata alam yang menarik, mulai dari goa, pantai, hingga air terjun. Berikut ini adalah 3 wisata terbaik di Gunung Kidul versi SFIDN FITS.


1. Wisata Air Terjun Sri Gethuk


Berada tepat di wilayah dusun Menggoran, Desa Wisata Bleberan, kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidul, DIY, Wisata air terjun Sri Gethuk laksana padang oase yang gersang. Aliran air terjun yang berasal dari Sungai Oya ini pada awalnya adalah sumber air pertanian untuk warga sekitar. Namun, perlahan-lahan pemanfaatannya terus berkembang hingga di jadikan objek wisata. Selain itu, airnya juga sangat bersih dan bening dikala musim kemarau datang. Namun jika musim hujan datang, air tersebut akan berwarna kecoklatan.

Akses untuk menuju air terjun ini bisa dilalui dengan menyusuri anak tangga yang nantinya akan di beri dua pilihan, yakni menyebrang dengan perahu atau tetap melewati jalan setapak di pinggiran sungai. Sesampainya di wisata air terjun, Anda akan disambut dengan suara gemericik air yang mengalir dari Sungai Oya. Aliran terjunnya pun tidak terlalu deras, sehingga Anda bisa bermain-main air di sana sambil menikmati sensasi sejuk dan dinginnya wilayah tersebut. Anda juga bisa berenang secara bebas di bawah air terjun tersebut, disana bahkan disediakan juga alat pelampung untuk Anda yang belum bisa berenang.


2. Goa Pindul


Wisata alam Goa Pindul merupakan wisata alam yang berada tepat di desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo, kabupaten Gunungkidul, DIY. Wisata alam ini berupa goa dengan sungainya yang jernih. Cara menjelajahi goa ini dilakukan dengan menggunakan ban pelampung, karena goa ini termasuk kategori cave tubing. Perasaan mendebarkan dan menyenangkan akan Anda rasakan saat melakukannya.

Selain itu, aliran sungai bawah tanahnya pun sangat panjang dengan kedalaman yang juga bervariasi. Untuk Anda yang belum hafal atau baru sekali mengunjungi tempat ini, disarankan untuk menyewa pemandu dan jangan langsung berenang tanpa ada intruksi dari pemandu.


3. Pantai Sepanjang


Anda akan di suguhi dengan luas dan panjangnya pantai pasir putih di tempat wisata Pantai Sepanjang ini. Berlokasi tepat, Jl. Sepanjang, Ngalos, Kemadang, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Gunungkidul, DIY, Anda memerlukan kesabaran ekstra saat melawati akses ke tempat ini karena medannya yang curam, sehingga perlu berhati-hati. Di pantai ini juga tidak ada batu karang yang tajam yang bisa melukai kaki, sehingga Anda bisa nyaman bermain di pantai walau tanpa alas kaki.

Pantainya pun sangat tertata, bersih, dan rapih, sangat cocok untuk berwisata dan bermain-main di pantai. Panas? Jangan kwahatir, karena pantai ini juga menyediakan penyewaan gasebo atau payung dengan harga yang murah. Anda juga bisa melakukan kegiatan lain di pantai ini, seperti bermain layang-layang, karena angin di pantai ini tergolong cukup kencang. Penjual layang-layang dari berbagai model juga bisa Anda temukan di Pantai Sepanjang ini. Terdapat juga spot foto yang manarik sebagai bukti dan kenang-kenangan bahwa kita pernah berwisata ke sana.

Itulah 3 tempat wisata menarik di gunung kidul versi SFIDN Fits, tertarikkah Anda untuk berlibur ke Gunung Kidul?