Blog

Info
Image

Mengintip Pesona Alam yang Ditawarkan Raja Ampat

July 31st, 2019

sfidnfits.com – Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Belasan ribu pulau yang dimilikinya menawarkan keelokan yang tidak dapat ditolak oleh para petualang. Hal itu dibuktikan melalui jumlah wisatawan yang terus meningkat, baik lokal maupun mancanegara, dalam mengunjungi tempat-tempat wisata di Indonesia. Salah satu destinasi wisata yang hingga kini laris dikunjungi ialah Raja Ampat, surga bawah laut milik Indonesia.

Apa itu Raja Ampat?

 

Raja ampat seringkali disebut sebagai salah satu tempat wisata di Indonesia. Dimana kita dapat melakukan berbagai kegiatan bertualang, seperti menyelam, snorkeling, hingga berjalan dari satu pulau ke pulau. Sejatinya, Raja Ampat merupakan kabupaten yang ada di provinsi Papua Barat. Posisinya ada di ‘kepala burung’ pulau Papua dengan jumlah 1.846 pulau dan luas sekitar 4,5 juta hektar. Meski terdiri dari ribuan pulau, Raja Ampat hanya memiliki 4 pulau utama, yakni Pulau Waigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulau Misool. Empat pulau utama ini lah yang menjadi titik awal penyebaran penduduk Raja Ampat, dimana sebagian besarnya berprofesi sebagai nelayan. 

Wilayah perairan merupakan daya tarik utama Raja Ampat. Hal itu dibuktikan melalui Raja Ampat yang masuk ke dalam daftar 10 perairan terbaik di dunia. Sebuah laporan badan konservasi internasional pun menyebutkan bahwa perairan Raja Ampat memiliki sekitar 75% spesies laut seluruh dunia. Bahkan, wilayah laut dan daratnya menjadi rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, dan ribuan biota laut lain.

Raja Ampat pun memiliki banyak hal menarik di wilayah daratnya. Pantai-pantai berpasir putih tersebar di seluruh kepulauan Raja Ampat. Pulau-pulau bertebing tinggi pun ikut menghiasi keelokannya. Bahkan, di beberapa tempat seperti desa Sawinggrai atau desa Saporkrein, kita dapat melihat burung Cenderawasih dari dekat. Dimana yang kita tahu, Cenderawasih atau biasa disebut sebagai burung surga merupakan burung langka dan cantik khas Papua. 

Tak berhenti disitu, Raja Ampat pun memiliki pesona budaya dan seni yang unik dan menarik. Beberapa peninggalan bersejarah pun ikut mewarnai keindahan Raja Ampat. Banyaknya pesona yang ditawarkan seringkali membuat bimbang orang-orang dalam menentukan destinasi wisata yang akan dikunjungi. Berikut ini beberapa destinasi wisata yang paling populer dan direkomenasikan untuk dikunjungi ketika berada di Raja Ampat. 

1. Pulau Wayag

 

Pulau Wayag adalah pulau yang menjadi ikon dari Raja Ampat. Namun, pulau ini juga merupakan pulau terjauh yang ada di Raja Ampat. Pulau ini berpasir putih dan dikelilingi oleh pulau-pulau kecil. Pengunjung pun bisa menaiki bukit karang dan karst yang ada di pulau Wayag. Namun, disarankan untuk meminta bantuan guide karena karst-nya sangat tajam dan cukup berbahaya. 

2. Pulau Kri

 

Pulau Kri merupakan pulau yang berada di Yenbuba, Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Letaknya tidak jauh dari Sorong ataupun Waisai. Jaraknya sekitar 2 jam dari Sorong menggunakan speedboat dan sekitar 30 menit dari Waisai, ibukota Kabupaten Raja Ampat. Di Pulau Kri ini, wisatawan dapat menemukan 374 spesies ikan dengan karang yang indah. Pulau ini pun masih sangat asri dan diselimuti dengan air laut yang bening sehingga wisatawan dapat melihat ikan dan karang dengan jelas dari atas permukaan air. Spot paling dicari adalah Cape Kri, di sini wisatawan dapat berenang dengan hiu dan ikan-ikan tanpa perlu repot menyelam ke dasar laut. 

3. Pulau Misool

 

Pulau Misool merupakan salah satu pulau terbesar yang masuk ke dalam wilayah Raja Ampat. Pulau ini berbatasan langsung dengan Laut Seram dan perairan laut lepas yang menjadi jalur lalu lintas hewan besar, termasuk paus. Beragam jenis ikan, terumbu karang, penyu, pari, dan biota laut lain pun dapat ditemui dengan mudah. Pulau Misool pun menawarkan beberapa kegiatan yang bisa dilakukan, seperti snorkeling, berenang, berjemur, atau hanya sekedar bersantai di tepi pantai yang sepi. Hal ini dikarenakan pulau-pulau kecil yang tersebar di dalamnya, sebagian besar tidak berpenghuni.

4. Pulau Pianemo

 

Pulau Pianemo merupakan pulau yang berada di distrik Waigeo Barat. Pulau ini menyajikan gugusan bukit karst yang tak kalah indahnya dengan yang ada di pulau Wayag. Bedanya, bentuk gugusan pulau karang di Pianemo ini lebih kecil. Karena itulah, Pianemo sering juga disebut sebagai Pulau Wayag mini. Untuk menikmati keindahan pemandangannya ini, pengunjung harus ke puncak bukit Pianemo terlebih dahulu dengan menaiki 336 anak tangga. Bagi sebagian wisatawan, hal ini menjadi tantangan fisik tersendiri. Tapi, begitu sampai di puncak, letih fisik akan terbayar dengan keindahan yang diberikannya.




5. Pasir Timbul

 

Destinasi wisata selanjutnya yang populer yakni pasir timbul pulau Mansuar. Pulau ini berupa hamparan pasir putih yang hanya muncul di waktu-waktu tertentu, tepatnya saat laut sedang surut. Hamparan Pasir Timbul ini pun cukup luas. Pemandangan laut yang disajikannya berwarna biru toska seperti laut yang ada di wilayah Maladewa. 

6. Desa Sawinggrai

 

Seperti disebutkan sebelumnya, ketika berkunjung ke Raja Ampat kita bisa melihat langsung burung Cenderawasih yang merupakan burung langka dan asli dari Papua. Untuk melihat langsung di habitatnya, wisatawan bisa langsung menuju ke desa Sawinggrai. Namun, pengunjung harus rela bangun pagi dan menyiapkan celana panjang serta sepatu yang tidak berisik untuk bisa mendapatkan menyaksikan burung Cenderawasih ini.

Itu dia sebagian kecil pesona alam yang diperlihatkan oleh Raja Ampat. Untuk menyaksikan keseluruhan pesonanya, sebaiknya #FITSERS berkunjung langsung ke Raja Ampat, ya. Serta, jangan lupa kenakan Fits Cloudwalker yang akan lengkapi petualanganmu!