Blog

Info
Image

Liburan ke Banyuwangi? Jangan Lupa Kunjungi Wisata Pantainya!

September 4th, 2019

sfidnfits.com – Banyuwangi, salah satu kota di ujung Jawa Timur, kini tengah menjadi destinasi wisata bertaraf Internasional, baik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Beragam destinasi wisata yang dimilikinya menyuguhkan keindahan dan pengalaman yang tak terlupakan. Tak terkecuali deretan pantai yang telah lama menjadi magnet bagi wisatawan. Berikut ini daftar pantai terbaik di Banyuwangi yang wajib kamu kunjungi saat liburan.

Pantai Pulau Merah


Pantai Pulau Merah atau lebih dikenal dengan sebutan Red Island, merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Banyuwangi yang terletak di dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran atau berjarak 80 km dari pusat kota Banyuwangi. Keberadaan pantai ini sebenarnya cukup populer, baik di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Pasalnya, tempat ini memiliki ombak rata-rata setinggi 2 meter sehingga banyak digunakan oleh peselancar pemula maupun profesional untuk berlatih.

Objek lain yang menjadi ikon pantai ini adalah bukit hijau kecil bertanah merah yang terletak di dekat bibir pantai. Saat air laut surut, wisatawan dapat menyebrang dan menjelajahi bukit tersebut dari dekat. Asal usul nama pulau merah memiliki dua versi, meski faktanya pantai sepanjang 3 kilometer ini memiliki pasir berwarna putih. Versi pertama mengatakan karena tanah dan pasir sekitar pulau yang berada di tepian pantai berwarna agak kemerahan. Sementara versi kedua mengatakan dulu pernah terpancar cahaya berwarna merah dari pulau yang ada di pantai itu.


Pantai Plengkung (G-Land)


G-Land adalah pantai yang terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, yang juga berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Melebihi ombak di Pantai Pulau Merah, ombak di pantai G-Land diakui dunia sebagai ombak terbaik kedua setelah Hawaii. Bahkan, pantai ini mendapat julukan khusus dari para peselancar dunia, yaitu "The Seven Giant Waves Wonder" yang berarti memiliki 7 gulungan ombak.

Asal usul nama pantai ini berasal dari kata Plengkung, yang penduduk lokal namai karena bentuk pantainya yang melengkung. Bila dilihat dari satelit, pantai ini pun membentuk lengkungan seperti huruf G terbalik. Posisi dan letak pantai ini jugalah yang membuat ombak setinggi 8 meter bisa terbentuk. Selain itu, pantai berpasir putih ini juga dikelilingi oleh hutan tropis yang masih alami, hijau, subur, dan terpencil dari hiruk pikuk kehidupan kota.


Pantai Wedi Ireng


Keberadaannya yang masih alami, pemandangannya yang indah, serta keunikan pasir menjadi alasan mengapa Pantai Wedi Ireng termasuk salah satu destinasi wisata favorit di Banyuwangi. Terletak berdekatan dengan Pantai Pulau Merah, tepatnya di wilayah Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, wisatawan tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk sekaligus berkunjung ke pantai ini.  Pantai Wedi Ireng menawarkan panorama pasir berwarna putih yang halus dan pasir berwarna hitam yang agak kasar, yang keduanya terbentang beriringan dengan keindahan air laut jernih berwarna biru. Tak berhenti disitu, pantai ini pun dikelilingi hamparan bukit hijau yang masih alami sehingga cocok untuk melepas penat di akhir pekan.


Pantai Teluk Hijau


Sesuai namanya, destinasi wisata pantai ini berbentuk teluk yang berwarna hijau jika dilihat dari jauh. Sebenarnya, warna hijau tersebut disebabkan adanya alga di dasar perairan dangkal yang memantulkan warna hijau di permukaan air. Meski begitu, pantai ini masihlah dianggap istimewa karena berbeda dengan kebanyakan teluk atau laut lain yang biasanya berwarna biru.

Pantai Teluk Hijau ini terletak di wilayah selatan Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, yang juga masuk dalam wilayah Taman Nasional Meru Betiri. Pasir putih yang bersih, air laut yang jernih, serta suasana yang asri, akan membuat siapapun yang melihatnya kagum dan merasa seperti sedang berwisata di Lombok atau Bali.




Pantai Pulau Tabuhan


Salah satu destinasi wisata di Banyuwangi yang menjadi surga bagi para penggemar snorkeling dan diving ialah Pantai Pulau Tabuhan. Pasalnya, pantai ini memiliki air yang jernih dan bersih, serta dihuni oleh ribuan spesies ikan, bunga karang, terumbu karang, udang karang, hingga tumbuhan laut. Tak hanya keanekaragaman hayati bawah laut, pantai ini juga menyimpan kekayaan satwa darat dan udara, seperti burung Maleo yang singgah ketika bermigrasi. Pantai ini juga sempat dijadikan lokasi event selancar layang dan angin kelas internasional karena hembusan anginnya yang konstan.

Pulau ini terletak persis di Selat Bali yang memisahkan Pulau Jawa dan Pulau Bali, tepatnya di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo. Karena itulah, untuk mengunjungi pulau ini, kamu perlu menyewa kapal yang sudah disediakan oleh pihak pengelola wisata. Pemberangkatan bisa dari wisata Bangsring Underwater maupun dari Grand Watu Dodol yang membutuhkan waktu masing-masing 30 dan 45 menit dari sana.


Pantai Sukamade


Pantai Sukamade berada di Taman Nasional Meru Beriti dan termasuk triangle diamond (tiga destinasi unggulan di Banyuwangi) setelah Kawah Ijen dan G-Land. Pantai ini dikenal sebagai surganya penyu sehingga wisatawan dapat menyaksikan langsung ketika penyu bertelur, melihat penangkaran penyu, hingga mengikuti kegiatan pelepasan tukik (anak penyu) ke laut.

Di pantai ini, wisatawan bisa melihat 4 dari 6 jenis penyu yang ada di Indonesia, yakni penyu belimbing, penyu sisik, penyu hijau, dan penyu slengkrah. Penyu hijau merupakan penyu yang paling sering mendarat di wilayah pantai ini. Beberapa fauna seperti harimau jawa, kijang, merak, macan tutul, dan monyet serta beberapa flora seperti rafflesia zollingeriona dan balanphora fungosa ikut menghiasi pantai ini karena masih berada di wilayah Taman Nasional Wisatawan juga bisa menikmati wisata lain yaitu hutan mangrove yang bisa dipakai untuk mengamati berbagai jenis burung, seperti elang laut, dara laut, hingga burung roko-roko.


Itu dia beberapa pantai di Banyuwangi yang menyuguhkan keindahan alam yang tak bisa ditolak dan dilupakan. Selain pantai, kamu juga bisa berkunjung ke destinasi wisata lain di Banyuwangi, seperti pegunungan dan air terjun yang tak kalah indahnya.