Blog

Info
Image

9 Pantai Paling Instagramable di Indonesia

October 23rd, 2019

sfidnfits.com – Mulai dari wilayah barat hingga wilayah timur Indonesia dihiasi oleh destinasi wisata pantai yang memesona. Panoramanya berupa hamparan pasir putih berkilau, air laut dengan warna bervariasi, serta langit jernih kebiruan. Jika mencari mana yang paling indah, mungkin banyak jawabannya. Namun, deretan pantai di bawah ini bisa kamu masukkan ke dalam daftar paling atas destinasi tujuanmu sebab mampu menyajikan panorama alam yang apik serta instagramable.  

1. Pantai Sumur Tiga, Aceh


Pantai Sumur Tiga yang sering juga disebut sebagai Pantai Tiga Sumur terletak di pantai Timur Pulau Weh, Provinsi Aceh. Pantai ini dihiasi oleh air laut berwarna biru kehijauan, pasir berwarna putih, dan pohon-pohon tropis yang melambai-lambai sebab terpaan angin laut. Panorama pantai ini sangatlah sempurna untuk diabadikan selagi berkunjung. Terlebih fenomena matahari tenggelamnya yang sungguh memesona. Pecinta snorkeling dan diving pun akan merasa betah di pantai ini karena keindahan dan kekayaan bawah lautnya yang dapat dijelajahi, bahkan sesekali dapat ditemui lumba-lumba dari kejauhan. 

2. Pantai Gigi Hiu, Lampung


Pantai yang juga dikenal sebagai Pantai Pegadungan ini terletak sekitar 5 km dari Teluk Kiluan di Desa Pegadungan, Kecamatan Kelumbayan, Tanggamus, Lampung. Pantai ini dinamai Gigi Hiu sebab formasi batunya yang menjulang tinggi sekitar 1-10 meter, yang pada kenyataannya memang menyerupai gigi hiu. Karena formasi batunya inilah Gigi Hiu menjadi salah satu destinasi fotogenik di wilayah Lampung. Selagi menikmati dan mengabadikan panorama pantai Gigi Hiu, kamu pun akan ditemani dengan suara debur ombak yang besar sebab berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

3. Pantai Klayar, Pacitan


Kabupaten Pacitan ternyata memiliki destinasi wisata pantai yang tak kalah indahnya. Pantai Klayar namanya. Pantai ini terletak di distrik Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini memiliki fenomena gelombang yang cukup berbeda dari kebanyakan pantai lain di Jawa Timur, sebab dapat menghasilkan gelombang hingga 7 meter. Yang artinya, surga bagi para peselancar. Deburan ombak, pasir putih berkilau, perairan berwarna biru kehijauan, serta formasi batuan menyerupai sphinx akan menambah potret liburanmu semakin instagramable.

4. Pantai Kelingking, Bali


Pantai Kelingking mungkin salah satu pantai terunik yang dimiliki Indonesia. Pasalnya, pantai ini memiliki tebing berbentuk kelingking T-Rex, yang secara tidak langsung memberikan secuil pengalaman wisata Jurassic Park. Tebing ini pun diselimuti oleh vegetasi hijau yang semakin memikat pesonanya. Dari atas tebing ini, kamu juga bisa melihat bahwa Pantai Kelingking dihiasi oleh air laut berwarna biru kristal dan pirus, serta pasir putih yang semakin menambah keindahannya.

5. Pantai Tanjung Aan, Lombok


Lombok terkenal akan destinasi pantainya yang menawan. Tak terkecuali Pantai Tanjung Aan. Pantai yang berjarak sekitar 15 menit dari Kuta, Bali, ini juga terkenal sebagai tuan rumah Festival Bau Nyale Tradisional. Festival yang diadakan sekitar bulan Februari atau Maret ini diisi oleh ritual Bau Nyale yang didasarkan pada kisah rakyat lama tentang seorang putri bernama Mandalika, yang menenggelamkan dirinya ke laut karena kesedihan akan banyak pangeran kerajaan yang memperebutkannya. Putri ini kemudian dikatakan menjelma menjadi cacing, yang kemudian penduduk setempat menyebutnya dengan Nyale. Festival ini akan menampilkan penduduk setempat, terutama wanita, yang mencari Nyale, sebab mereka percaya bahwa memakan cacing itu akan memberikan mereka keindahan seperti kehidupan putri. Bersamaan dengan keunikan festival itu, kamu juga akan mendapati hamparan pasir putihnya yang bertekstur seperti bulir merica, sebab hasil fosil karang di sekitar pantai.

6. Pantai Pink, Komodo


Pantai Pink adalah salah satu destinasi wisata terbaik yang berada di tengah Situs Warisan Dunia Resmi Unesco yakni Pulau Komodo. Pantai ini disebut-sebut sebagai yang terindah, dimana pasir dan terumbu karangnya berwarna merah muda. Warna tersebut dikatakan hasil dari hewan mikroskopis yang disebut Foraminifera, dimana mereka menghasilkan pigmen merah di terumbu karang. Ketika pigmen-pigmen merah di terumbu karang ini bercampur dengan pasir di garis pantai, warna merah muda kemudian terbentuk secara alami.

7. Pantai Bawana, Sumba


Pantai yang memiliki panorama dramatis ini terletak di Kodi, Barat Daya Sumba, atau sekitar 90 menit dari Kota Tambaloka. Pantai Bawana adalah rumah bagi ikon Batu Bolong, yang berupa lubang raksasa di dinding batu yang terletak di garis pantai. Lubang batu ini menjadi destinasi wisata paling terkenal di Sumba karena panoramanya yang benar-benar memesona, terutama saat matahari tenggelam. Beberapa bahkan menyebut seperti adegan di sebuah film, dimana langit dan air yang biru, pasir yang berkilau, serta lengkungan lubang batu bersatu padu menambah nilai estetika.

8. Pantai Kolbano, Kupang


Beralih ke Provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya Kabupaten Timor Tengah Selatan yang berjarak sekitar 135 km dari Kota Kupang, terdapat Pantai Kolbano yang sungguh menawan. Pantai ini dihiasi oleh batu-batu kerikil yang ada dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna. Saking beragamnya, batu-batu kerikil yang berwarna putih, merah, kuning, hitam, dan hijau ini ada yang memiliki pola atau tiga warna sekaligus. Batu-batu kerikil yang indah ini tentu akan menambah cantik foto liburanmu lengkap dengan panorama air berwarna pirus, pasir berwarna putih, serta langit yang sangat jernih.

9. Pantai Ngurtafur, Pulau Kei, Maluku


Pantai Ngurtafur adalah pantai lain di Indonesia yang diselimuti dengan panorama alam menakjubkan. Pantai yang terletak di Kepulauan Fei, Kabupaten Maluku Tenggara, ini memiliki hamparan pasir putih berkilau di tengah pantai, yang akhirnya memisahkan air laut menjadi dua bagian, air laut berwarna pirus dan air laut berwarna biru. Dengan panjang sekitar 2 km dan lebar 7 km, pasir di pantai ini terlihat seperti permadani indah yang terletak di tengah perairan. 

Sejatinya, setiap pantai memiliki keindahan dan keunikannya masing-masing. Yang terpenting adalah bagaimana kita menikmati dan menghargai hal-hal tersebut. Tak lain halnya ketika kita mengabadikan panorama alam yang diharap mampu menyejukkan mata tiap kali memandang. Jika berkunjung dan ingin mengabadikan momen-momen berliburmu di pantai tersebut, pastaikan kamu mengenakan pakaian dan tas yang nyaman seperti FITS Lockdown Sling Bag yang mampu memuat barang-barang penting sekaligus menambah kesan modismu.