Blog

Image

FITS Gym Yoga Ball (Ulasan Lengkap)

August 12th, 2021

sfidnfits.com – Gym ball, atau yang juga dikenal sebagai swiss ball, yoga ball dan stability ball adalah alat latihan olahraga berbentuk bola yang digunakan untuk meningkatkan kekuatan otot dan stabilitas tubuh. Gym ball bukanlah peralatan baru di dunia kebugaran, sudah banyak orang yang menggunakan latihan dengan gym ball ini.

Untuk tahu lengkapnya tentang produk FITS Gym Yoga Ball dari segi bahan, fungsi, spesifikasi ukuran, fitur dan cara pakai serta jenis gerakan menggunakannya dapat Anda simak secara tuntas di artikel ini.


FITS Gym Yoga Ball (Ulasan Lengkap)


Bahan FITS Gym Yoga Ball


FITS Gym Yoga Ball terbuat dari bahan berkualitas yang dapat menunjang performa latihan Anda. Bahan yang digunakan dalam FITS Gym Yoga Ball adalah 100 % PVC.

Polyvinyl Chloride (PVC) adalah salah satu polimer termoplastik yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Bahan PVC memiliki keunggulan yang lebih padat daripada plastik, ekonomis, tahan lama dan memiliki kekuatan menarik yang lebih baik.


Fungsi FITS Gym Yoga Ball


FITS Gym Yoga Ball berfungsi sebagai alat bantu olahraga yang dapat digunakan untuk gym, yoga, pilates dan workout. Menggunakannya dapat menetralkan posisi tulang belakang, memperbaiki postur tubuh, meningkatkan mobilitas, keseimbangan dan stabilitas serta control kekuatan otot di seluruh tubuh.

Selain itu, ada berbagai macam manfaat yang didapatkan dari menggunakan gym ball saat latihan. Anda dapat menyimak manfaat tersebut berikut ini :

1. Meningkatkan flexibilitas

Menggunakan gym ball selama rutinitas latihan Anda dapat membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh, baik itu dilakukan untuk pemanasan sebelum latihan, atau peregangan setelah latihan.  Gym Ball dapat membantu menjaga otot dan sendi Anda tetap berfungsi serta membantu mencegah cedera.

2. Membangun otot inti

Menggunakan gym ball dapat membantu Anda membangun otot perut dan punggung bawah, serta membangun otot inti tubuh Anda. Otot-otot ini melindungi tulang belakang dan membantu menjaga stabilitas inti kerangka.

Menggunakan gym ball akan memungkinkan Anda untuk memperkuat dan menjaga otot-otot yang menstabilkan tubuh dalam kondisi yang lebih baik setelah diaktifkan sepanjang hari untuk melakukan aktivitas. Otot inti yang kuat akan membantu melindungi tulang belakang dan menstabilkan area bahu, panggul, dan tulang belakang. Ini juga akan membuat aktivitas sehari-hari terasa lebih mudah.

3. Melatih keseimbangan

Berlatih dengan menggunakan gym ball dapat melatih keseimbangan tubuh Anda. Di mana, Anda bisa stabil menopang badan saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Peningkatan keseimbangan ini juga dapat membantu mencegah cedera di masa depan karena semakin tubuh Anda bisa menjaga keseimbangan, maka semakin kuat dan stabil Anda.

4. Serba guna

Gym ball serbaguna dalam hal kenyamanan. Gym ball dapat dimasukkan ke dalam sejumlah olahraga yang berbeda, baik itu sebagai alat latihan penting untuk rutin Anda, atau hanya sesuatu yang Anda bawa sesekali. Gym ball bisa digunakan untuk latihan fitness, yoga dan pilates.


Spesifikasi ukuran FITS Gym Yoga Ball

FITS Gym Yoga Ball terbagi menjadi 2 jenis. Anda dapat mengetahui spesifikasi ukuran dari masing-masing jenisnya dari ulasan berikut :

1. FITS Gymnastic Yoga Ball 65 Cm

· Diameter : 55 cm, 65 cm, dan 75 cm.

· Berat : 1.000 gr

· Dapat menahan beban hingga 150 kg

· Tersedia dalam dua warna, yaitu abu-abu dan hitam.


2. FITS Gym Yoga Ball

· Diameter : 55 cm, 65 cm, dan 75 cm.

· Berat : 1.000 gr

· Dapat menahan beban hingga 150 kg

· Tersedia dalam 3 warna, yaitu pink, biru dan ungu.


Ukuran gym ball yang tepat

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari latihan, pastikan untuk memilih ukuran gym ball yang benar. Aturan praktisnya dalam memilih ukuran adalah Anda bisa duduk di atas bola dengan kaki membentuk sudut 90 derajat, atau sedikit lebih, tetapi tidak kurang dari 90 derajat tersebut. Paha Anda harus sejajar dengan tanah. Dengan kaki Anda rata di lantai dan tulang belakang lurus (tidak condong ke depan, ke belakang, atau ke samping), lutut Anda harus rata atau sedikit lebih rendah dari pinggul Anda.

Jika masih tetap bingung, Anda bisa memahaminya dari daftar di bawah ini :

· Orang dengan tinggi <152 cm, maka ukuran gym ball 45 cm

· Orang dengan tinggi 152-165 cm, maka ukuran gym ball 55 cm

· Orang dengan tinggi 166-185 cm, maka ukuran gym ball 65 cm

· Orang dengan tinggi >185 cm, maka ukuran gym ball 75 cm




Fitur FITS Gym Yoga Ball

FITS Gym Yoga Ball memiliki dua jenis yang masing-masing jenisnya memiliki fitur yang berbeda satu sama lain. Simak ulasannya di bawah ini untuk tahu lengkap fitur beserta kelebihan FITS Gym Yoga Ball :

1. FITS Gymnastic Yoga Ball 65 Cm

· FITS Gymnastic Yoga Ball terbuat dari bahan PVC yang lebih padat dari pada plastik. awet dan anti pecah.

· Terdapat tiga ukuran diameter FITS Gymnastic Yoga Ball, yaitu 55 cm, 65 cm dan 75 cm.

· Bertekstur di bagian bawah, FITS Gymnastic Yoga Ball menciptakan stabilitas dan anti licin saat menggunakannya.

· FITS Gymnastic Yoga Ball mampu menahan berat sampai 150 kg.

· FITS Gymnastic Yoga Ball dilengkapi dengan pompa untuk mengisi angin pada bola.

· FITS Gymnastic Yoga Ball serba guna. Bisa digunakan untuk gym, yoga, pilates dan terapi.


2. FITS Gym Yoga Ball

· FITS Gym Yoga Ball terbuat dari bahan PVC yang lebih padat dari pada plastik. awet dan anti pecah.

· Terdapat tiga ukuran diameter FITS Gym Yoga Ball, yaitu 55 cm, 65 cm dan 75 cm.

· Bola FITS Gym Yoga Ball bertekstur menciptakan stabilitas dan anti licin saat menggunakannya.

· FITS Gym Yoga Ball mampu menahan berat sampai 150 kg.

· FITS Gym Yoga Ball dilengkapi dengan pompa untuk mengisi angin pada bola.

· FITS Gym Yoga Ball serba guna. Bisa digunakan untuk gym, yoga, pilates dan terapi.

 

Cara pakai FITS Gym Yoga Ball

Cara pakai FITS Gym Yoga Ball cukup mudah dan sederhana. Jika Anda baru pemula, maka lakukan cara dengan mengikuti langkah-langkah berikut :

· Duduk membelakangi FITS Gym Yoga Ball.

· Posisi kedua tangan berada di samping tubuh.

· Tekan tangan ke bawah dan pinggul ke atas.

· Biarkan punggung menggulir gym ball dengan perlahan.

· Pastikan tubuh rileks.

Jika Anda ingin memvariasikan gerakan Anda dengan gym yoga ball ini, maka Anda dapat melakukan berbagai jenis gerakan di bawah ini.

1. Hamstring curl

Sumber video : oxygenmagazine

Hamstring curl merupakan gerakan yang cukup mudah. Melakukan gerakan hamstring curl dapat perkuat otot bagian paha belakang dan pantat Anda sambil melibatkan otot inti Anda.

Cara melakukannya :

· Berbaring dengan punggung rata di lantai dengan bagian belakang betis di atas gym ball dan luruskan kaki.

· Kencangkan otot inti Anda dan tekan pantat Anda untuk mengangkat pinggul dari lantai sehingga tubuh Anda membentuk garis lurus dari bahu ke tumit.

· Selanjutnya, tarik tumit Anda untuk menggulung bola sedekat mungkin dengan pantat, atau hingga lutut membentuk sudut 90 derajat.

· Tahan posisi, lalu perlahan-lahan luruskan kaki Anda dan kembali ke posisi awal.

 

2. Dead bug

Sumber video : STRONG ATHLETE

Latihan Dead bug mengajarkan otot inti Anda untuk bekerja menjaga kekuatan tulang belakang Anda.

Cara melakukannya :

· Berbaring dengan punggung rata di lantai dengan lengan terlentang lurus ke atas, kaki ditekuk 90 derajat dan pegang gym ball di antara lutut dan tangan.

· Selanjutnya, jaga bola agar tetap berada di tempat antara tangan dan lutut, kencangkan otot inti Anda dan perlahan-lahan turunkan kaki kanan dan lengan kiri Anda dalam jarak enam inci dari lantai. Turunkan serendah mungkin dengan punggung bawah menekan ke lantai.

· Balikkan gerakan untuk kembali ke posisi awal, dan ulangi pada sisi yang lain.

 

3. Ball wall squat

Sumber video : Mark V. Wiley

Gerakan wall squat dapat perkuat otot pantat, paha belakang dan paha depan Anda sambil membangun stabilitas melalui pinggul dan otot inti Anda.

Cara melakukannya :

· Berdiri dengan kaki selebar pinggul dan gym ball berada di antara bagian tengah punggung dan dinding. Posisi kaki Anda harus sedikit di depan tubuh Anda.

· Kemudian, tekuk lutut Anda untuk mendorong tubuh Anda ke bawah bola sampai paha Anda sejajar dengan lantai. Lutut Anda harus sejajar dengan jari kaki tengah Anda.

· Tahan, lalu tekan tumit Anda untuk kembali ke posisi awal dan ulangi.

· Buat gerakan ini lebih keras dengan memegang dumbbell di masing-masing telapak tangan.

 

4. Decline push up

Sumber video : Jeff Welty

Anda harus bisa melakukan push-up secara teratur dengan percaya diri sebelum melakukan latihan ini. Sama seperti push up pada umumnya, hanya saja Anda menggunakan gym ball sebagai variasinya.

Cara melakukannya :

· Posisi tubuh seperti papan tinggi dengan tangan tepat di bawah bahu dan jari kaki di atas gym ball. Kencangkan otot inti Anda dan tekan pantat Anda untuk menjaga tubuh Anda dalam satu garis lurus dari kepala hingga kaki untuk seluruh gerakan.

· Tekuk siku untuk menurunkan dada ke lantai, jaga agar siku tetap dekat dengan tubuh. Tubuh Anda harus membentuk sudut 45 derajat jika dilihat dari atas.

· Tekan lengan Anda lurus untuk kembali ke posisi awal dan ulangi.

Nah, itulah tadi pembahasan dan informasi lengkap tentang FITS Gym Yoga Ball. Jika Anda ingin memiliki alat ini, Anda bisa memesan dan membelinya langsung dari website SFIDN FITS, atau marketplace.

 

Referensi :

Creativemechanisms, (2016). Everything You Need To Know About PVC Plastic.

Healthandcare, (2018). Benefits of Using an Exercise Ball.

Wikipedia. Exercise ball.

Purewow, (2020). 15 Stability Ball Exercises That Burn Out Every Major Muscle Group (Plus Some Cardio, Just for Fun).

Openfit, (2020). 10 of the Best Stability Ball Exercises.

Physioroom. The Benefits of Using Swiss Balls.

Greatest. 20 Super-Effective Stability Ball Exercises.

Verywellfit, (2021). How to Find the Right Size Exercise Ball for You.