Blog

Image

Apa Itu Gym Ball? Berikut 7 Manfaatnya untuk Tubuh!

December 18th, 2020

sfidnfits.com - Bagi Anda yang sering berolahraga ke tempat gym atau studio yoga, pasti tak asing lagi dengan istilah gym ball. Alat olahraga terbaik ini mudah digunakan. Bola olahraga ini tersedia dalam berbagai ukuran. Bola gym ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. 

Bola latihan ini dikenal pula dengan istilah Swiss ball, physio ball, stability ball. Awalnya, bola ini dikembangkan pada tahun 1963 oleh Aquilino Cosani sebagai alat bantu terapi fisik di seluruh Eropa. Pada tahun 1980-an, sejumlah ahli terapi fisik Amerika mulai tertarik dengan alat olahraga ini. Hal itu kemudian membuat bola olahraga ini terkenal di seluruh negara. 

Bagi kamu yang ingin memulai latihan dengan gym ball, berikut beberapa manfaat dan cara menggunakannya. 


7 Manfaat Gym Ball untuk Tubuh




1. Memperbaiki postur tubuh


Gym ball dapat membantu Anda membangun keseimbangan, baik secara fisik maupun mental. Pada saat menggunakan gym ball sebagai alat latihan, Anda harus melakukan pengendalian diri yang diiringi dengan konsentrasi. Hal tersebut membuat postur tubuh menjadi lebih baik, terutama bagian tulang belakang. 


2. Meningkatkan kekuatan otot abdominal 


Olahraga dengan bola fitness ini dapat membakar lemak dan melatih otot perut. Umumnya, gym ball digunakan sebagai alat bantu latihan core abs, seperti ball cycling, core rotation, dan core climber. Dengan latihan yang intensif, Anda akan mendapatkan otot perut yang bagus. 


3. Menurunkan berat badan 


Berdasarkan beberapa studi, latihan dengan gym ball dapat membantu Anda menurunkan berat badan karena bola fitness tersebut meningkatkan pembakaran kalori. Latihan dengan gym ball merupakan salah satu olahraga yang dilakukan dengan mengontrol berat tubuh. Beberapa latihan yang bisa Anda praktikkan dengan bola stabilitas ini adalah plank dan push-up. 



4. Meningkatkan fleksibilitas tubuh


Gym ball adalah alat olahraga yang bisa membantu Anda melatih kelenturan tubuh. Untuk hasil yang maksimal, Anda harus berolahraga menggunakan gym ball dengan rutin. 


5. Meningkatkan aliran darah ke rahim 


Bagi para wanita, terutama ibu hamil, menggunakan gym ball sangatlah bermanfaat. Gym ball dapat meningkatkan aliran darah ke rahim sehingga nutrisi dan sirkulasi pernapasan janin lebih baik. 


6. Mengurangi stres


Gerakan gym ball akan membuat Anda bergerak aktif dan meningkatkan fokus. Namun, tak hanya itu, berdasarkan beberapa studi, gerakan fitness ini juga dinilai ampuh untuk mengurangi stres dan mengatasi depresi. 

Itulah beberapa manfaat gym ball yang harus Anda ketahui. Pastikan pula Anda memilih gerakan-gerakan gym ball yang tepat untuk hasil yang lebih maksimal. 


7. Memperbesar diameter panggul 


Bola olahraga ini juga dapat membantu para ibu hamil yang akan menjalani proses persalinan. Pasalnya, alat olahraga ini dapat membantu Anda memperbesar diameter panggul dan membuat tubuh lebih tegak. Hal itu tentunya akan membuat prosese persalinan optimal.