Blog

Info
Image

8 Tips Sederhana dalam Memilih Kursi Pesawat

December 12th, 2019

sfidnfits.com - Tidak sedikit para backpacker maupun traveller yang bertanya tentang kursi pesawat terbaik. Masalah utamanya bukan pada kelas ekonomi ataupun bisnis. Namun, letak tempat kursi lah yang akan menguntungkan pemilihnya. Berikut ini akan kami berikan 8 tips mudah dalam memilih kursi pesawat berdasarkan kebutuhan penumpung. Harap di ingat dan di catat betul ke 8 tips ini, jika Anda beruntung bahkan Anda bisa meminta tempat duduk itu kepada petugas check in di bandara.

 

1. Jangan Pilih Kursi di Daerah Ramai Kabin


Hal pertama yang harus diingat adalah untuk tidak memilih kursi di dekat koridor maupun dekat toilet, jika Anda memilih kursi disana, bersiaplah untuk merasakan ketidak nyamanannya. Kursi yang dekat dengan koridor akan dipenuhi dengan penumpang yang sering bolak-balik ke toilet. Terlebih lagi dekat toilet, mereka yang antre akan berdiri di dekat Anda, bahkan tidak jarang ada yang memakan tempat area kursi Anda hingga menjadi sempit.

 

2. Kursi Anti Turbulens


Jika Anda sering mabuk karean turbulens atau guncangan pesawat, Anda bisa meminta pada petugas check in untuk memilih kursi pada bagian tengah pesawat. Melansir survey yang dibuat Skyscanner, kursi bagian tengah pesawat merupakan kursi yang paling stabil ketika terjadi turbulens.

 

3. Kursi Paling Luas


Kursi yang paling luas disini artinya paling leluasa untuk memanjangkan kaki Anda. Posisinya terletak di dekat pintu keluar dan barisan pertama pada kursi pesawat. Kursi yang berada dekat dengan pintu keluar ini memiliki jarak yang lumayan jauh dengan kursi bagian depan. Bahkan kursi pada bagian pertama tidak ada kursi lagi pada bagian depannya. Sehingga, Anda bisa selonjorkan kaki Anda dengan nyaman. Walau biasanya kursi ini selalu dipesan oleh penumpang premium, namun jika belum ada yang memasang, maka tidak ada salahnya jika Anda meminta pada petugas check-in.

 

4. Sandaran Kursi Paling Buruk


Kalau Anda menginginkan penerbangan yang nyaman, disarankan untuk tidak memilih kursi yang tidak bisa disandarkan secara penuh. Kursi tersebut berada pada barisan kursi depan jalur keluar karena tidak bisa disandarkan penuh ke belakang karena disana terdapat jalur evakuasi. Sama halnya dengan kursi barisan belakang yang tidak bisa disandarkan secarah penuh karena terhalang kabin pesawat.




5. Kursi Terbaik untuk Menghindari Kebisingan Suara Anak Kecil


?Salah satu mimpi terburuk para pelancong adalah jika duduk di samping anak kecil yang berisik. Dalam hal ini, terdapat dua kelompok yaitu mereka yang naik pesawat dengan anak-anak dan tidak dengan anak-anak. Beberapa penerbangan pesawat Australia telah melarang pria dewasa untuk duduk di samping anak kecil yang terbang seorang diri. Untuk maskapai penerbangan Malaysia, mereka melarang anak kecil untuk pergi ke lantai atas jumbo jet Air Bus. Sementara itu, maskapai yang lainnya banyak yang menyiapkan meja bayi pada kursi barisan depan pesawat. Untuk itu, sebaiknya Anda tanyakan pada pihak maskapai tentang kebijakan kursi anak kecil.

 

6. Keselamatan


Jika Anda khawatir dengan keselamatan Anda, maka pilihlah kursi bagian belakang pesawat. Sebuah studi yang dilakukan The Discovery Channel mencoba menjatuhkan satu buah boieng 727 guna mencari tempat duduk paling aman saat kecelakaan pesawat terjadi. Hasilnya, kursi bagian belakang adalah kursi yang paling aman.

 

7. Kursi Dekat Jendela yang Nyaman


Jika Anda ingin tidur nyenyak dipesawat dengan cara menyenderkan kepala ke dinding pesawat, disarankan untuk memilih bagian sisi kiri pesawat, karena jendela pesawat tidak pas dengan kursi duduk, sehingga masih ada sedikit tempat untuk menyandarkan kepala. Dilain sisi, jika Anda ingin melihat pemandangan awan yang indah, maka pilihlah kursi pada bagian kanan pesawat. Pada sisi tersebut, kursi Anda akan berada tepat dengan jendela, sehingga Anda bisa lebih puas dalam melihat angkasa, atau mungkin mengambil foto dari atas langit.

 

8. Lakukanlah Riset!


Jangan pernah malu untuk menanyakan informasi tentang kursi pesawat pada pihak maskapai. Anda juga bisa mencari tahu tempat duduk pesawat pada situs seatguru dan seatexpert yang memang sudah memiliki denah kabin kursi pesawat.

 

Itulah ke 8 tips sederhana dalam memilih kursi pesawat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jangan lupakan juga semua peralatan travelling Anda. Gunakanlah tas yang mampu menampung banyak kebutuhan traveling Anda dan dilengkapi dengan kompartemen yang banyak serta luas, seperti tas FITS Foldable Bag. Selain dilengkapi dengan kompartemen yang luas dan banyak, tas ini juga bisa dilipat menjadi sangat kecil sehingga tidak akan memakan tempat di lemari Anda. Jadi, sudah siapkah Anda melakukan liburan akhir tahun ini?