Blog

Info
Image

7 Hutan Wisata Terbaik di Indonesia

August 29th, 2019

sfidnfits.com – Indonesia merupakan negara tropis yang dikaruniai kekayaan dan keindahan alam. Beragam destinasi wisata akhirnya dapat ditemui dengan mudah, baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. Salah satu yang kian memikat yakni hutan wisata. Hutan wisata merupakan kawasan hutan yang dibina dan dipelihara secara khusus guna kepentingan pariwisata. Bagi mereka yang mencari ketenangan dan kesejukan, hutan wisata lah jawabannya. Berikut ini 7 hutan wisata dengan pemandangan alam terbaik di Indonesia. 

1. Hutan Pinus Gunung Pancar, Bogor 


Hutan Pinus Gunung Pancar berada tidak jauh dari Taman Budaya Sentul, tepatnya di Karang Tengah, kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Hutan wisata ini menawarkan beberapa kegiatan, seperti berkemah, bersepeda, hingga berendam di air panas guna melepas penat akibat rutinitas yang padat. Warga sekitar pun membuka penginapan bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu di sini. Sebab, pemandangan yang disajikan di tempat ini merupakan surga bagi para pemburu foto. Tak heran jika banyak pasangan yang melakukan sesi foto pre-wedding di sini.


2. Hutan Pinus Mangunan, Yogyakarta


Hutan Pinus Mangunan merupakan area terbuka yang dikelola oleh Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan. Hutan wisata ini terletak di Bantul, Yogyakarta dan lokasinya berdekatan dengan perkebunan Mangunan. Karena itulah, hutan seluas 500 hektar ini penuh dengan pepohonan yang menjulang tinggi sehingga memberikan efek sejuk dan asri. Hutan Pinus Mangunan juga memiliki panggung terbuka lengkap dengan kursi-kursi yang terbuat dari kayu. Wisatawan banyak mengabadikan momen di spot ini dengan berfoto ria atau sekedar duduk santai menikmati indahnya alam.


3. Hutan Pinus Kragilan, Magelang


Magelang juga mempunyai hutan pinus yang tak kalah cantiknya, yaitu Hutan Pinus Kragilan. Hutan Pinus Kragilan banyak digunakan wisatawan untuk berfoto ria karena spotnya dianggap instagram-able. Tak berhenti disitu, hutan ini juga menawarkan berbagai fasilitas yang dapat menunjang aktivitas foto tersebut, mulai dari ayunan, hammock, hingga gardu pandang. Pengunjung pun bisa sekedar bersantai dan bersepeda sambil menikmati keindahan hutan wisata ini.


4. Hutan Pinus Kalilo, Purworejo


Hutan Pinus Kalilo mulai dibuka untuk umum pada awal 2017 lalu. Hutan yang biasa dimanfaatkan getah pohonnya ini sebenarnya milik Perhutani. Namun, berkat inisiatif karang taruna setempat, hutan ini akhirnya dikembangankan menjadi objek wisata. Sama seperti hutan wisata pinus lainnya, pengunjung yang datang ke sini mencari ketenangan pasca rutinitas sehari-hari sekaligus menikmati pemandangan alam yang tersaji. Hutan wisata ini juga menyediakan tempat foto, seperti rumah pohon, gardu pandang, dan pinggiran jurang sehingga pengunjung dapat melihat hamparan perbukitan hijau dari ketinggian.


5. Hutan Pinus Limpakuwus, Banyumas


Wisata hutan pinus ini terletak di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah atau sekitar 5 km ke arah timur dari Baturraden. Wisata seluas 10 hektar ini dikelola dan dikembangkan oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan Perhutani Banyumas Timur dengan tujuan agar warga setempat mendapat penghasilan tambahan. Tanah yang subur, udara yang sejuk, pepohonan yang rimbun, dan pemandangan yang memukau merupakan alasan banyak pasangan melakukan foto pre-wedding di sini. Bagi pengunjung yang gemar bertualang pun tersedia ATV yang bisa disewa.


6. Hutan Pinus Semeru, Malang


Tak berlebihan jika Kabupaten Malang memiliki tagline wisata The Heart of East Java. Pasalnya, destinasi wisata yang berlokasi di Kabupaten Malang terus berkembang dan berhasil memikat wisatawan. Salah satunya Hutan Pinus Semeru yang berada tepat di lereng Gunung Semeru. Pepohonan yang menjulang tinggi dan udara yang segar akan menyambut siapapun yang datang. Payung berwarna-warni dan hammock yang tergantung di antara pinus pun menjadikan tempat ini semakin instagram-able. Tak heran wisatawan yang datang kesini terus bertambah setiap tahunnya.


7. Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk, Jakarta


Hutan mangrove yang berlokasi di Penjaringan, Jakarta Utara ini merupakan lokasi yang tepat untuk bersantai dari penatnya suasana ibukota. Fungsi dari hutan bakau atau mangrove ini sebenarnya untuk mencegah abrasi. Namun, akhirnya dikembangkan menjadi destinasi wisata bagi warga Jakarta. Wisatawan yang datang dapat menyusuri rawa-rawa menggunakan perahu yang disewakan. Wisatawan pun dapat mengabadikan momen di sepanjang jalanan hutan yang diselimuti tanaman bakau hingga di depan pondok-pondok penginapan.


Itu dia beberapa hutan wisata di Indonesia yang menawarkan pemandangan dan ketenangan. Bagi #fitsers yang ingin melepas penat dan menyegarkan pikiran, cobalah untuk berkunjung dan jangan lupa siapkan FITS Foldable Bag yang akan memuat semua perlengkapanmu dan praktis untuk kamu bawa.