Blog

Info
Image

5 Gunung di Indonesia yang Cocok Untuk Para Pemula

October 3rd, 2019

sfidnfits.com - Indonesia sudah terkenal di kancah dunia dengan pesona alamnya yang indah. Salah satunya adalah karena gunung-gunung yang membentah indah dari Sabang sampai Merauke. Gunung-gunung di Indonesia jumlahnya sangat banyak sekali, beberapa gunung berapi aktif ataupun tidak aktif ini mampu membuat kagum para wisatawan.

Cara menikmati keindahan gunung salah satunya adalah dengan mendaki gunung hingga ke puncak. Namun, berbagai persiapan tentunya perlu dilakukan sebelum mendaki, baik itu persiapan fisik mapun teknis. Untuk Anda yang baru ingin mendaki gunung atau pendaki pemula, disarankan untuk memilih jalur pendakian setapak yang sudah tersedia agar lebih mudah dan bisa beradaptasi dengan alam sekitar. Nah, berikut ini adalah 5 gunung yang bisa dijadikan pilihan untuk Anda daki.

 

1. Gunung Papandayan


Gunung Papandayan berada di wilayah Garut, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian hingga 2.265 mdpl (meter di atas permukan laut) yang artinya tidak terlalu tinggi dan bisa dijadikan favorit untuk para pendaki pemula. Akses transportasi untuk sampai di titik pendakian juga sangat banyak sehingga bisa di tempuh dengan mudah.

Gunung ini memiliki banyak anak kawah seperti Kawah Baru, Kawah Nangklak, Kawah Manuk, dan Kawah Mas. Sama seperti gunung pada umumnya, di gunung ini juga terdapat hamparan tanaman edelweis yang luas dan indah. Daerah hamparan tanaman tersebut dikenal dengan sebutan Tegal Alun. Peraturannya pun hampir sama, yaitu dilarang memetik dan membawa pulang bunga Edelweis, kecuali fotonya saja.

Selain itu, terdapat juga area hutan mati di Gunung Papandayan. Hutan mati ini memiliki keindahan tersendiri dan sangat instagramable karena pemandangannya yang eksotis. Estimasi waktu untuk mendaki gunung ini adalah sekitar 4-5 jam dengan jalur yang menanjak dan landai.

 

2. Gunung Andong


Gunung Andong memiliki ketinggian 1.762 mdpl dan berada tepat di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasi gunung inipun tidak terlalu jauh dari Yogyakarta. Di puncaknya, Gunung ini mampu menyajikan keindahan pemandangan yang cantik. Jalur pendakiannya pun mudah di lalui dengan sejumlah papan arah. Estimasi waktu yang ditempuh dari titik pendakian ke puncak kurang lebih 2 jam saja. Anda bisa melakukan pendakian satu hari dengan tanpa perlu kemping di sana.

Namun jika Anda langsung pulang, Anda akan melewatkan pemandangan sunrise atau matahari terbit yang indah di atas puncak gunung Andong. Untuk itu, disarankan agar Anda menginap dengan cara kemping di puncak saja. Selain itu, Anda juga bisa melihat jejeran Gunung Sindoro-Sumbing, Merbabu, dan Merapi dari puncak gunung Andong. Disarankan juga untuk tidak mendaki pada hari libur, karena banyaknya pendaki pada hari libur.

 

3. Gunung Prau


Gunung Prau terkenal dengan puncaknya yang disebut-sebut sebagai puncak gunung terluas di Indonesia. Maka tidak heran jika gunung yang terletak di kawasan Dieng, Jawa Tengah ini menjadi objek para pecinta alam untuk berkemping ria sambil menunggu sunrise yang indah. Para pendaki juga bisa melihat deretan puncak gunung Sindoro-Sumbing, Gunung Merapi dan Merbabu dari puncak Gunung Prau saat cuaca sedang cerah.

Jalur pendakian tersingkat bisa dilalui dari titik pendakian Desa Patak Banteng, Dieng. Setelah itu, dalam estimasi waktu kurang lebih tiga jam pendakian, Anda akan tiba pada puncak Gunung Prau yang memiliki ketinggian 2.565 mdpl.




4. Gunung Batur


Di Bali tidak hanya ada gunung Agung saja, terdapat juga Gunung Batur yang mudah untuk di daki oleh Anda. Gunung ini berada tepat di daerah Kintamani, Bali. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah dan Danau Kintamani. Dengan ketinggian sekitar 1.717 mdpl, Gunung Batur memiliki salah satu kaldera terindah di Dunia, yaitu Danau Batur.

Estimasi waktu untuk mencapai puncak gunung ini adalah 2 hingga 3 jam. Anda akan menemukan titik tertinggi keindahan puncak Gunung Batur saat sunrise. Anda juga tidak perlu repot-repot menyewa seorang pemandu selama proses pendakian, karena saat ini sudah ada beberapa paket tur pendakian reguler yang bisa Anda nikmati dengan mudah.


5. Gunung Ijen


Gunung Ijen menjadi gunung lainnya yang cocok untuk Anda daki. Terletak di atas ketinggian 2.443 mdpl pada wilayah Kabupaten Banyuwangi, keindahan kawah ini bisa Anda nikmati dengan sangat leluasa. Anda juga bisa bertegur sapa dengan para penambang tradisional blerang yang berlalu-lalang di Gunung Ijen.

Jika Anda berniat untuk ke gunung ini, disarankan untuk melakukan pendakian sejak dini hari agar Anda bisa melihat keindahan api biru yang hanya terdapat di Kawah Gunung Ijen. Untuk pendakiannya, Anda bisa memulai dari pos Paltuding, dan estimasi waktu dari pos menuju puncak adalah sekitar 2,5 jam saja. Namun Anda tetap harus waspada saat mendaki, mengingat jalurnya yang berpasir dan cukup curam di beberapa titik.

Itulah beberapa gunung yang cocok untuk para pendaki pemula. Jangan terlalu berkecil hati, karena pemandangan di atas gunung masih tersebut bisa dan layak untuk Anda nikmati. Jika Anda sudah cukup berpengalaman mendaki ke lima gunung tersebut, Anda bisa meningkatkan level pendakian dengan mendaki gunung yang lebih tinggi lagi.