Blog

Info
Image

7 Taman Kota Paling Populer di Indonesia

September 25th, 2019

sfidnfits.com – Di tengah hiruk pikuk kehidupan kota, terdapat lahan terbuka yang disediakan khusus oleh pemerintah setempat untuk dinikmati warganya. Lahan terbuka tersebut disebut Taman Kota. Taman Kota adalah taman yang berada di lingkungan perkotaan dalam skala yang luas dan dapat mengantisipasi dampak-dampak yang ditimbulkan oleh perkembangan kota dan dapat dinikmati oleh seluruh warga kota. Hingga kini, Indonesia telah memiliki sejumlah taman kota yang menawarkan keindahan dan keunikannya masing-masing. Berikut ini 7 Taman Kota paling populer yang ada di Indonesia.

1. Taman Kota BSD, Tangerang


Taman Kota BSD adalah salah satu tempat paling populer di Tangerang. Pasalnya, taman kota yang diresmikan pada tahun 2006 ini menyajikan lahan terbuka hijau yang asri. Alhasil, taman ini selalu ramai dikunjungi oleh warga sekitar guna berolahraga atau sekedar menghirup udara segar. Terlebih lagi, taman ini identik dengan jembatannya yang seringkali dijadikan sebagai latar belakang berfoto. Jika ingin berkunjung, kamu bisa memilih untuk mengunjungi Taman Kota 1 atau Taman Kota 2, yang keduanya sama-sama menyajikan suasana asri di tengah kota.


2. Taman Hutan Raya Juanda, Bandung


Taman Hutan Ir. H. Djuanda merupakan kawasan konservasi yang terpadu antara alam sekunder dengan hutan tanaman. Taman yang terletak di kota Bandung ini memiliki luas sekitar 600 hektar yang wilayahnya dipenuhi oleh 2500 tanaman. Taman kota ini pun dihuni oleh sejumlah fauna liar seperti burung jalak, musang, hingga tupai. Selain menikmati keindahan taman kota, kamu juga bisa melakukan sejumlah kegiatan lain, mulai dari bersepeda hingga berkemah. Jika ingin belajar tentang sejarah pun, kamu bisa coba mengunjungi Museum Ir. H. Juanda, Gua Jepang, dan Gua Belanda yang masih dalam wilayah taman kota ini.


3. Taman Bungkul, Surabaya


Taman yang terletak di tengah kota Surabaya ini merupakan taman kota yang pernah mendapat penghargaan dari PBB sebagai The 2013 Asian Townscape Sector Award atau Taman Kota Terbaik se-Asia. Bukan tanpa alasan, Taman Bungkul dihiasi oleh deretan bunga, pepohonan, sarana olahraga, dan sejumlah fasilitas lain yang ditata sedemikian rupa guna dinikmati warga Surabaya. Kebersihan taman kota ini pun selalu dijaga. Tak heran, taman ini menjadi salah satu taman kota paling populer di Indonesia.


4. Taman Kota Batu, Malang


Kota Batu, Malang, sebenarnya memiliki cukup banyak taman kota. Salah satu yang paling populer yaitu Taman Kota Batu atau biasa disebut sebagai Alun-Alun Kota Wisata Batu. Taman kota ini memiliki konsep yang terbilang cukup unik, sebab selain dihiasi oleh tanaman dan pepohonan, taman ini juga diisi oleh sejumlah wahana bermain seperti bianglala. Hal ini tentu menjadi alasan mengapa taman kota ini selalu ramai oleh pengunjung.


5. Taman Kota Pecangakan, Bali


Bali juga ternyata memiliki taman kota yang tak kalah populernya dengan wisata-wisata lain. Taman yang terletak di Jembrana, Bali, ini bahkan termasuk salah satu taman terindah di Indonesia. Pasalnya, taman ini memiliki patung Dewa Ruci yang menggambarkan sejumlah tokoh Mahabharata dan kisah dibaliknya. Air mancur yang mengelilingi patung ini pun menambah nilai keindahan dan keunikannya sehingga menjadi sasaran fotografi bagi traveler.  


6. Taman Alam Lumbini, Karo


Taman Alam Lumbini adalah taman kota yang berada di Desa Tongkoh, Kecamatan Brastagi, Kabupaten Karo, Medan, Sumatera Utara. Taman alam ini telah menjadi salah satu destinasi wisata yang terkenal di kalangan wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara. Pasalnya, selain dipenuhi oleh pepohonan dan tanaman bunga, taman ini juga dihiasi oleh kemegahan replika Pagoda Shwedagon yang ada di Myanmar. Jadi, jika berkunjung ke Karo, Medan, jangan lupa kunjungi Taman Alam Lumbini, ya.


7. Taman Kota Giri Menang, Lombok


Lombok memang salah satu daerah di Indonesia yang terkenal akan destinasi wisatanya. Selain wisata alam, Lombok juga ternyata memiliki taman kota bernama Giri Menang atau biasa disebut juga sebagai Taman Kota Gerung yang terletak di Lombok Barat. Taman seluas 1,5 hektar ini berbentuk persegi panjang yang di dalamnya terdapat Tugu Giri Menang yang memesona begitu malam tiba. Terlebih lagi, di pintu-pintu masuk, kamu dapat melihat begitu banyak ukiran khas Lombok yang tak kalah memesona. Kamu juga bisa melakukan berbagai macam kegiatan di taman kota ini, mulai dari bermain basket, bermain voli, berwisata kuliner, hingga berjalan santai mengelilingi taman.


Itu dia beberapa taman kota paling populer di Indonesia. Jika kamu tinggal di perkotaan dan cukup penat akan aktivitas harian, kamu bisa sesekali mengunjungi taman kota untuk sekedar menghidup udara segar atau berjalan santai mengelilingi taman. Bagi #fitsers yang ingin melepas penat dengan mengunjungi taman kota, jangan lupa kenakan FITS Phantom yang akan membuat kaki nyaman selama beraktivitas.