Blog

Image

5 Penyebab Kulit Sensitif dan Penanganan Pertama untuk Mengatasinya

June 28th, 2021

sfidnfits.com - Kulit sensitif adalah kondisi di mana kulit lebih rentan terhadap reaksi yang diakibatkan oleh beberapa faktor, seperti udara, kimia, dan beberapa produk perawatan yang tidak cocok. Mereka yang memiliki kulit sensitif lebih sering mengalami gatal, rasa terbakar, perih dan muncul kemerahan pada kulit. Umumnya, masalah kulit sensitif ini bisa disembuhkan dengan konsultasi dan menjalani serangkaian perawatan yang oleh dokter kulit.

Namun, sebelum datang langsung ke dokter kulit, kenali terlebih dahulu penyebab kulit sensitif dan penanganan pertama untuk mengatasinya. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini.


5 Penyebab Kulit Sensitif dan Penanganan Pertama untuk Mengatasinya


1. Kulit kering


Penyebab pertama kulit menjadi sensitif adalah karena kondisi kulit itu sendiri yang kering. Kulit cenderung menjadi lebih sensitif karena kehilangan kelembaban pelindung dan lemak yang menjaga kulit dari kekeringan. Kulit kering lebih mungkin muncul di area tangan, wajah, dan lengan. Dari kondisi inilah akhirnya menimbulkan rasa gatal, kasar saat disentuh, mudah berdarah saat digaruk dan warnanya tampak lebih pucat.

Oleh karena itu, penanganan pertama jika Anda sudah merasakan kulit Anda kering adalah dengan menjaga kelembaban kulit itu sendiri. Oleskan lotion pada tubuh secara rutin, yakni 2 kali sehari setelah mandi. Untuk bagian wajah yang kering, Anda bisa menggunakan pelembab dan moisturizer.

 

2. Dermatitis kontak


Dermatitis kontak adalah peradangan yang terjadi ketika Anda melakukan kontak langsung dengan zat-zat yang membuat kulit menjadi iritasi dan menimbulkan rasa gatal, muncul ruam merah, bersisik dan bahkan muncul nanah. Reaksi pada kulit ini muncul karena sistem kekebalan dalam tubuh Anda bekerja untuk melindungi diri Anda sendiri. Biasanya dermatitis kontak bisa hilang dan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu saja.

Namun, untuk penanganan pertamanya, Anda bisa menggunakan krim hidrokortison yang dapat membantu mengurangi peradangan dan menghilangkan gatal. Jangan pernah menggaruknya jika gatal karena itu akan memperparah dan membuat kulit menjadi lecet.

 



3. Rosacea


Rosacea adalah kondisi kulit yang menyebabkan kemerahan dan pembengkakan di area wajah dan leher. Ini bisa dimulai dari munculnya kemerahan pada pipi dan terkadang menyebar ke leher dan telinga. Penyebab rosacea biasanya dikarenakan oleh faktor keturunan dan lebih banyak menyerang orang dengan kulit putih. Rosacea dapat menimbulkan rasa sensitif yang ekstrim pada kulit.

Penanganan jangan pendeknya bisa dimulai dari menggunakan pelembab tanpa wewangian untuk mengurangi iritasi. Untuk mengurangi rasa gatalnya, Anda bisa menggunakan obat brimonidine gel topikal (mirvaso) yang dapat bekerja dengan menyempitkan pembuluh darah. Sedangkan jika tidak kunjung membaik, sebaiknya Anda periksakan kondisi kulit Anda pada dokter.

 

4. Eksim


Eksim, atau dermatitis atopik adalah suatu kondisi yang umumnya menyebabkan munculnya bercak-bercak kering dan gatal pada kulit. Meskipun gejalanya bervariasi pada setiap orang, kondisi ini bisa membuat Anda sensitif terhadap beberapa produk tertentu, seperti sabun, deterjen dan kosmetik.

Langkah pertama untuk mengatasinya, Anda bisa membeli krim pereda gatal yang terjual bebas di apotik. Jika iritasi terjadi pada wajah, maka cobalah menggunakan pelembab, seperti cerave moisturizing lotion yang mengandung ceramide. Ceramide dapat membantu membentuk lapisan pelindung di atas kulit Anda. Jika tidak ada hasilnya, maka Anda bisa coba untuk menemui dokter spesialis kulit untuk meredakannya.

 

5. Fotodermatosis


Fotodermatosis adalah reaksi abnormal terhadap sinar matahari di dalam kulit itu sendiri. Pada orang dengan kondisi ini, sinar UV di bawah sinar matahari dapat memicu sistem kekebalan sensitif orang tersebut dan menyebabkan reaksi pada kulit.

Reaksi terhadap sinar matahari pada seseorang dengan fotodermatosis dapat menyebabkan ruam, lepuh, atau bercak bersisik muncul pada kulit yang terbuka. Reaksinya semakin buruk saat terlalu lama berada di bawah sinar matahari. Fotodermatosis bisa sulit dikenali, tapi Anda tetap bisa mengenali gejalanya, seperti :

· Ruam hanya muncul di bagian tubuh yang terkena sinar matahari

· Garis yang jelas membedakan antara kulit yang tertutup dengan kulit yang tidak tertutup

· Kondisi kulit memburuk di musim semi dan musim panas

· Kulit yang ditutupi oleh rambut tidak berdampak saat dibawah sinar matahari

· Kulit yang tertutup bayangan, seperti kelopak mata atau di bawah dagu, terhindar dari iritasi

Yang harus dilakukan jika sudah tahu mengalami fotodermatosis adalah mendatangi dokter kulit dan sampaikan keluhan serta apa yang Anda alami untuk bisa membuat kulit menjadi terlindungi saat beraktifitas di bawah terik matahari.

Itulah tadi sederet penyebab kulit sensitif dan penanganan pertama untuk mengatasinya. Jika tidak kunjung membaik, maka jangan didiamkan saja. Anda perlu konsultasi dengan dokter agar ke depannya kulit sensitif bisa diatasi dengan baik tanpa memperparah keadaannya.


Referensi :

https://www.medicalnewstoday.com/articles/sensitive-skin

https://www.healthline.com/health/skin-disorders/sensitive-skin#see-your-doctor

https://www.verywellhealth.com/what-is-sensitive-skin-5085561