Blog

Image

8 Perlengkapan Yoga yang Wajib Dimiliki Pemula

August 1st, 2022

sfidnfits.com – Ketika kali pertama melakukan yoga, kamu mungkin masih bingung peralatan apa saja yang harus kamu beli untuk menunjang latihan yogamu nanti.

Pasalnya, seperti yang kita semua tahu bahwa industri yoga terus mengalami perkembangan dari segi pakaian dan peralatan baru.

Hal inilah yang membuatmu bingung, apa saja yang harus dibeli dan berapa banyak yang harus dikeluarkan sebelum menginjakkan kaki di studio atau kelas yoga?

Nah, sebenarnya kamu tidak memerlukan banyak peralatan untuk memulai yoga. Hanya dengan beberapa saja kamu dapat memulai yoga dan inilah peralatan yoga yang kamu butuhkan jika kamu baru memulai yoga.


8 Perlengkapan Yoga yang Wajib Dimiliki Pemula


1. Pakaian


Pakaian adalah perlengkapan yoga yang wajib kamu miliki. Setidaknya kamu harus menggunakan pakaian yoga yang dapat membuatmu bergerak bebas selama melakukan pose. Untuk pakaian, ada beberapa jenis yang perlu kamu miliki, yaitu;

· Celana panjang atau pendek: Pilih celana panjang atau pendek yang dapat memberikan kebebasan saat kamu melakukan peregangan. Jika kamu lebih suka celana pendek, pastikan celananya pas atau dilengkapi dengan lapisan kompresi untuk menghindari bagian intim yang terlihat.

· Sport bra: Yoga adalah aktivitas berdampak rendah, kamu dapat memilih sport bra yang ringan atau yang memiliki dukungan sedang.

· Atasan: Pilih atasan yang pas dengan bentuk badan untuk menghindari baju yang tersingkap saat berpose.

· Headband: Headband dibutuhkan untuk mencegah rambut menutupi wajah selama kamu bergerak.

· Yoga socks atau yoga gloves: Jika kamu lebih nyaman menggunakan kaos kaki, sepasang yoga socks akan sangat dibutuhkan dan ini dirancang untuk memberikan traksi. Juga, jika kamu bepergian tanpa matras, sepasang kaus kaki yoga dan sarung tangan yoga sangat penting untuk berlatih di lantai kosong.

 

2. Matras yoga


Entah kamu berlatih yoga di studio atau di rumah, matras yoga adalah sebuah kebutuhan yang pasti akan kamu gunakan terus menerus.

Matras yoga yang bagus memberikan traksi yang lebih baik pada pose downward-facing dog sehingga kamu tidak akan terpeleset dari posenya.

Penggunaan matras yoga juga akan memberikan lapisan bantalan antara tubuh dan lantai. Baik kamu seorang pemula atau praktisi ahli, ketebalan dan bahan dari matras yoga adalah hal yang harus diperhatikan saat membelinya.

 

3. Mat carrier


Kamu akan membutuhkan mat carrier untuk membawa matras yoga dari rumah ke studio, atau sebaliknya. Kabar baiknya, ini termasuk murah dan kamu dapat membelinya untuk kepraktisanmu.

 

4. Handuk yoga


Jika kamu berpartisipasi dalam yoga panas, yoga kekuatan, atau sesi yoga apa pun yang menyebabkanmu berkeringat, kamu perlu handuk yoga untuk menutupi matras yogamu.

Aksesori yoga ini akan membantu menyerap keringat agar kamu tidak terpeleset dan berisiko cedera selama latihan. Pastikan untuk mendapatkan handuk yoga yang dirancang untuk latihan yoga daripada handuk mandi atau handuk pantai biasa.

Sebagian besar handuk yoga dibuat dengan serat mikro untuk meningkatkan traksi dan dirancang untuk mencegah penumpukan. Jika kamu menyemprot matras dengan sedikit air sebelum kelas, hal itu akan membantu handuk menempel pada matras.

 



5. Yoga block


Yoga block adalah aksesori yang bagus untuk siapa saja yang tidak memiliki fleksibilitas tingkat lanjut karena dapat membantumu dengan mudah melakukan berbagai pose.

Kamu juga dapat menggunakannya untuk memperdalam postur saat fleksibilitasmu meningkat. Pilih yoga block yang memiliki lebar setidaknya 4 inci untuk stabilitas paling tinggi.

Dan, karena beberapa pose memerlukan dua atau tiga balok, ada baiknya untuk membelinya dalam satu set.

 

6. Yoga strap


Yoga strap atau yoga belt dilengkapi dengan gesper yang dapat disesuaikan untuk membantumu memperluas jangkauan dan meningkatkan fleksibilitas dan keselarasan selama pose.

Misalnya, yoga strap adalah aksesori yang bagus untuk memperdalam pose seated forward fold jika kamu tidak dapat menjangkau kakimu. Kamu dapat membungkus tali di sekitar kaki dan menggunakannya untuk menarik dirimu lebih dalam ke peregangan.

Yoga strap juga berguna untuk membuka bahu jika kamu tidak bisa menyatukan kedua tangan di belakang punggung. Dan, yoga strap dapat digunakan untuk stabilitas dan keseimbangan dalam postur tertentu, seperti boat pose.

 

7. Yoga wheel


Yoga wheel dapat membantu memberikan dukungan untuk pemula, dan kamu juga dapat menggunakan roda untuk menantang diri sendiri saat kamu mengalami peningkatkan dalam latihan dan ingin terus meningkatkan kemampuanmu.

Yoga wheel biasanya memiliki ukuran lebar sekitar 4 inci dan diameter 12 inci. Sebagai pemula, kamu mungkin menggunakan roda untuk menopang punggung, leher, dan kepala selama fish pose.

Saat kamu semakin maju, kamu dapat menggunakan yoga wheel untuk membuat keseimbangan dalam crow pose atau melakukan plank pose yang lebih menantang. Bahkan, kamu dapat menggunakan yoga wheel untuk latihan inovatif, seperti rolling lunge atau rolling bridge.

 

8. Bantal meditasi


Tambahan lain yang bagus untuk perlengkapan yogamu adalah bantal meditasi atau Zafu. Bantal ini datang dalam berbagai bentuk, seperti setengah bulan, bulat, dan persegi panjang.

Ukuran dan bentuknya itu terserah padamu ingin memilih yang mana karena yang terpenting adalah kenyamanan dalam meditasi. Bantal meditasi adalah bantal yang sangat mendukung yang sering diisi dengan buckwheat sehingga bentuknya tetap terjaga dengan baik.

Itu dia tadi sederet perlengkapan yoga yang harus pemula miliki. Sekarang kamu dapat membelinya. Untuk kepraktisan, kamu juga dapat mendapatkan semua perlengkapan di atas dari SFIDN FITS

 

Referensi:

Majisports, (2019). 4 Must-Have Yoga Accessories for Beginners.

Verywellfit, (2021). Yoga Equipment Guide for Beginners.

Nike, (2022). 10 Essentials for Starting a Yoga Practice.